x

Deretan Gol Indah Ricardo Kaka di 4 Tim Berbeda

Senin, 18 Desember 2017 17:13 WIB
Penulis: Rafif Rahedian | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Ricardo Kaka putuskan pensiun dari dunia sepakbola.

Mantan gelandang serang Timnas Brasil, Ricardo Izecson dos Santos Leite atau biasa akrab di telinga kita dengan nama Kaka, secara resmi menyudahi kariernya sebagai pesepakbola. Pemain yang sempat berseragam Real Madrid tersebut kini memutuskan untuk pensiun.

Dalam kariernya sebagai seorang pesepakbola, Kaka sering dianggap sebagai ‘manusia terakhir’ yang mampu meraih gelar Ballon d’Or oleh para pencinta sepakbola. Kini, penghargaan tersebut didominasi oleh dua penguasa La Liga, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Ricardo Kaka resmi gantung sepatu.
Baca Juga

Kariernya melonjak saat menjadi pemain AC Milan. Terbukti, beberapa gelar prestisius pernah ia raih secara individual maupun tim, seperti masing-masing satu gelar Liga Champions, Serie A Italia, Supercoppa Italia, Piala Dunia Antarklub, Piala Super UEFA, hingga gelar Ballon d’Or dan UEFA Best Player di tahun 2007.

Namun, kali ini bukan seberapa banyak penghargaan yang mampu diraih Kaka selama kariernya yang akan dibahas. Namun, INDOSPORT akan membahas beberapa gol terbaik Kaka di sejumlah kompetisi.


1. Real Madrid vs Atletico Madrid (2009)

Ricardo Kaka saat berseragam Real Madrid.

Kehebatan Kaka memang tak perlu diragukan lagi. Pasalnya, klub yang doyan menimbun pemain Bintang seperti Real Madrid, menginginkan jasa seorang Kaka. Dirinya pun masuk ke dalam skuat Los Galacticos pada 2009 lalu.

Bukan seorang Kaka jika dirinya tak membuat kejutan saat membela Real Madrid. Meski tak tampil menawan bersama raksasa Spanyol tersebut, Kaka juga turut menyumbangkan gol-gol indahnya bersama tim yang bermarkas di Santiago Bernabeu tersebut.

Kaka menciptakan gol cantik dari luar kotak penalti saat mengantarkan Los Blancos memenangi pertandingan bertajuk Derby Madrid. Sepakan kaki kanannya sukses menghujam deras jala gawang Atletico Madrid.

Berkat gol pembuka yang disarangkan Kaka tersebut, membuat Real Madrid lebih nyaman bermain hingga akhir laga. Alhasil, Los Galacticos berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 3-2.


2. AC Milan vs Manchester United (2007)

Mantan pemain AC Milan, Ricardo Kaka.

Penggemar Manchester United tentunya masih ingat betul bagaimana Kaka menghancurkan mimpi tim kesayangannya untuk lanjut ke babak final Liga Champions musim 2006/07 lalu. Salah satu yang diingat dalam pertandingan tersebut adalah gol yang disarangkan Kaka ke gawang Edwin van der Sar.

Dirinya berhasil merepotkan lini pertahanan Setan Merah melalui keahliannya mengolah si kulit bundar. Bahkan, Kaka berhasil membuat bek Manchester United kacau saat dirinya masuk ke lini pertahanan The Reds Devils.

Kaka membuat Gabriel Heinze dan Patrice Evra tak lagi sinkron dalam menjaga pertahanan Manchester United. Bagaimana tidak, kedua bek tersebut harus bertabrakkan kala menjaga pergerakkan pemain Milan tersebut.

Bahkan, Kaka sendiri menyebut kalau golnya ke gawang Manchester United ini merupakan salah satu gol terbaiknya. “Gol terbaik saya adalah yang saya cetak ke gawang Manchester United di Old Trafford. Saya tidak memikirkan resiko ketika berhadapan dengan dua defender yang tengah menjepit saya,” ujarnya beberapa waktu lalu.


3. Brasil Vs Argentina (2006)

Ricardo Kaka saat memperkuat Timnas Brasil.

Tak hanya berperan penting di klubnya, Kaka juga memiliki andil besar bersama tim nasional Brasil pada jamannya. Dirinya kerap kali menjadi bagian utama skuat Tim Samba meski saat bertanding di laga persahabatan.

Hal itu terbukti ketika dirinya ikut berpartisipasi dalam pertandingan uji coba kontra Argentina pada 2006 lalu. Tak hanya bermain, Kaka juga mampu mencetak gol yang membuat pecinta sepakbola terkejut.

Melalui serangan balik cepat, Kaka langsung lari sekuat tenaga dan menjauh dari kejaran Lionel Messi. Hebatnya, kecepatan Kaka tak mampu dikejar oleh pemain selevel Messi. Alhasil, Kaka pun berhasil menciptakan gol lewat aksi solo run pada laga tersebut.


4. Atlanta United vs Orlando City (2017)

Ricardo Kaka, playmaker Orlando City.

Sama seperti kebanyakan pemain profesional lainnya, Kaka juga menikmati kompetisi di Amerika Serikat. Setelah tak mampu bersaing di gemuknya lini tengah Rela Madrid, dirinya pun memilih bergabung bersama Orlando City pada 2014 lalu.

Bersama Orlando City, Kaka juga turut ambil bagian di setiap pertandingan. Tak jarang dirinya juga meyumbangkan bebeberapa gol yang cukup menyita perhatian pencinta sepakbola di seluruh penjuru dunia.

Salah satu gol terbaiknya tersaji pada laga kontra Atlanta United. Kala itu, berhasil mencetak gol dari luar kotak penalti melalui kaki kanannya. Dirinya mendapatkan posisi yang tepat sebelum menendang bola.

Tanpa berpikir untuk menahan bola, Kaka memilih langsung mengirimkan si kulit bundar ke gawang lawan. Alhasil, bola sukses bersarantg di pojok kanan atas, dan membuat kiper lawan tak mampu menggapainya.

Real MadridBrasilAC MilanRicardo KakaOrlando CityBola Internasional

Berita Terkini