x

4 Fakta Mengejutkan Dibalik Kepindahan Coutinho ke Barcelona

Minggu, 7 Januari 2018 20:25 WIB
Penulis: Juni Adi | Editor: Ardini Maharani Dwi Setyarini
Philippe Coutinho resmi gabung Barcelona.

Penantian panjang Barcelona untuk mendapatkan pemain incarannya, Philippe Coutinho akhirnya terwujud. 

Pada Minggu (07/01/18), tim berjuluk Blaugrana itu meresmikan kepindahan sang gelandang dengan nilai transfer mencapai 142 juta pounds atau setara Rp2,5 triliun.

Nama Coutinho sebenarnya sudah sering dikait-kaitkan dengan kepindahannya ke Camp Nou, sejak musim panas lalu. Namun, penawaran yang kurang memuaskan, membuat Liverpool menolaknya.

Baca Juga

Barcelona bahkan sempat menerima tiga kali penolakan dari Liverpool soal harga transfer pemain asal Brasil tersebut.

Peresmian kepindahan pemain berusia 25 tahun itu hanya tinggal menunggu tes medis, dan penandatanganan kontrak berjangka lima setengah tahun, atau hingga tahun 2023. 

Selain itu, dirinya juga akan dipagari dengan klausul pelepasan, mencapai 355 juta pounds setara Rp6,46 triliun.

Kepindahan Coutinho ke Barcelona rupanya memunculkan beberapa fakta mengejutkan, yang sayang untuk dilewatkan. Berikut INDOSPORT coba mengungkapnya:


1. Pemain Termahal Kedua di Dunia

Philippe Coutinho resmi ke Barcelona.

Seperti diketahui, Barcelona baru saja meresmikan dan menuntaskan saga transfer pemain incarannya, Philippe Coutinho dari Liverpool pada Minggu (07/01/18).

Media-media ternama Inggris mengabarkan, kalau pihak Blaugrana harus merogoh kocek mencapai 142 juta pounds atau setara Rp2,5 triliun untuk menariknya keluar dari Stadion Anfield.

Baca Juga

Nilai transfer tersebut rupanya membuat penyerang Timnas Brasil ini menjadi pemain termahal kedua di dunia, setelah Neymar.

Neymar sendiri saat ini masih memuncaki daftar pemain termahal di dunia, setelah memecahkan rekor transfer ketika pindah dari Barcelona ke Paris Saint-Germaint pada Juli 2017 lalu, dengan nilai 222 juta euro atau setara Rp3,5 triliun.


2. Pembelian Termahal Barcelona

Philippe Coutinho resmi ke Barcelona.

Barcelona resmi mendapatkan Philippe Coutinho dari Liverpool pada bursa transfer musim dingin ini. Kesepakatan tersebut terbilang cukup alot, mengingat Barcelona sebenarnya sudah dari sejak Juli 2017 lalu, ingin mendatangkan The Little Magician.

Barcelona sendiri dikabarkan harus merogoh kocek mencapai 160 juta euro (Rp2,58 triliun) untuk mendatangkan penyerang Timnas Brasil ini. Nilai transfer tersebut menjadi rekor pembelian tertinggi Blaugrana.

Baca Juga

Sebelumnya, rekor pembelian termahal sempat dipegang oleh Ousmane Dembele, saat dibeli dari Borussia Dortmund dengan nilai 105 juta euro (setara Rp 1,66 triliun).

Tak hanya memecahkan rekor pembelian klub, tapi juga rekor seluruh klub di La Liga. Artinya, harga Coutinho di atas harga beli Cristiano Ronaldo dan Gareth Bale, saat keduanya didatangkan dari Manchester United dan Tottenham Hotspur.


3. Pembelian Ketiga dari Liverpool

Selebrasi Philippe Coutinho.

Liverpool dan Barcelona akhirnya menyepakati transfer bintang asal Brasil, Philippe Coutinho, pada Minggu (07/01/18). The Little Magician menjadi pemain ketiga The Reds yang hijrah dari Anfield ke Camp Nou.

Javier Mascherarano menjadi penggawa Liverpool pertama dalam sejarah klub yang pindah ke Barcelona, pada Agustus 2010, dengan banderol  20 juta euro atau setara Rp339 miliar.

Baca Juga

Setelah itu, striker haus gol yang performanya sedang mananjak bersama The Reds, Luis Suarez, jadi pemain kedua yang menyeberang dari Liverpool ke Barcelona. Kesepatakan tersebut terjadi usai Piala Dunia 2014, dengan nilai 81,72 juta euro atau setara Rp1,3  triliun.


4. Pemain Ke-30 Brasil di Barcelona

Coutinho dan Neymar kala membela Timnas Brasil.

Rasanya sudah tak asing bagi Barcelona dengan merekrut beberapa pesepakbola asal Negeri Samba. Tercatat, sudah ada 29 pemain berpaspor Brasil yang pernah memperkuat El Barca. Jumlah itu merupakan yang terbanyak di antara pemain dari negara selain Spanyol.

Dominasi Brasil di Barcelona, dimulai dari Lucio Da Silva yang merupakan pemain pertama asal Negeri Samba yang memakai jersey Barcelona, pada tahun 1948. Saat itu, Da Silva kurang sukses di Camp Nou karena hanya bermain dalam tiga pertandingan dengan catatan satu gol.

Baca Juga

Talenta-talenta Brasil yang merupakan seperti bakat alam, terus bermunculan untuk direkrut Barcelona. Pada era 1990-an, nama-nama besar seperti Sonny Anderson, Romario, Ronaldo, dan Rivaldo menjadi idola baru pemain Brasil di Camp Nou.

Sukses mereka berlanjut ke era 2000-an awal lewat Sylvinho, Juliano Belletti, dan Ronaldinho. Teranyar, adalah Neymar yang meraih sukses bersama tim asal Catalan itu. Dirinya berhasil meraih berbagai trofi, diantaranya La Liga Spanyol (2), Liga Champions (1), Copa del Rey (3), Piala Super Spanyol (1), Piala Dunia antarklub (1), Piala Super Eropa (1).

Bursa TransferLiverpoolBarcelonaLaLiga SpanyolPhilippe CoutinhoLiga Spanyol

Berita Terkini