x

Dituding Rasis, Bintang Liverpool Bebas dari Hukuman FA

Kamis, 22 Februari 2018 20:22 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Isman Fadil
Firmino yang marah tengah dilerai oleh wasit.

Penyerang Liverpool Roberto Firmino terlibat keributan dengan bek Everton, Mason Holgate usai dirinya dilanggar keras pada babak ketiga Piala FA (06/01/18). Dalam kejadian tersebut beredar kabar bahwa Firmino mengucapkan kata-kata bernada rasis yang menyinggung pemain Inggris berdarah Jamaika tersebut.

Namun setelah melakukan penyidikan lebih dari satu bulan, Federasi Sepakbola Inggris (FA) mengeluarkan keputusan bahwa penyerang Liverpool tersebut bebas dari segala dakwaan yang dilaporkan oleh Holgate.

"Menyusul investigasi mengenai tudingan diskriminatif terhadap Roberto Firmino oleh pemain Everton Mason Holgate, FA dapat mengonfirmasi tidak akan mengambil tindakan disiplin apa pun terhadap Firmino,"  Demikian pernyataan FA dalam rilis resminya.

Baca Juga

"Setelah mempertimbangkan semua bukti yang ada, kami menganggap bukti yang ada tidak cukup untuk mengajukan tuntutan kepada Firmino," lanjut pernyataan tersebut.

Bukti yang dimaksud FA sendiri seperti rekaman pertandingan dan melibatkan alih bahasa baik Inggris maupun Brasil yang merupakan negara asal Firmino. Selain itu FA juga mewawancarai 12 pemain dan offiicial kedua tim, namun tidak satupun yang mengaku mendengar kata-kata rasis keluar dari mulut pencetak total 22 gol untuk Liverpool sejauh musim berjalan ini.

Roberto Firmino terlibat insiden dengan Holgate.

Meski begitu, FA juga memuji laporan yang diajukan Holgate dan menyebutnya tanpa niat dan tedensi untuk membuat laporan palsu apapun.

"Kami puas karena tuduhan dibuat dengan niat baik dari Holgate dan tidak ada dugaan bahwa ini adalah tuduhan palsu atau jahat yang disengaja."

LiverpoolEvertonPiala FARoberto FirminoAsosiasi Sepakbola Inggris (FA)Liga Inggris

Berita Terkini