x

5 Fakta Stadion Energa Gdansk, Pentas Baru Egy Maulana di Eropa

Sabtu, 10 Maret 2018 13:48 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
Stadion Energa Gdansk.

Berita menggembirakan kembali hadir di jagat sepakbola Indonesia. Salah satu bintang masa depan Timnas Indonesia, Egy Maulana Vikri, dipastikan akan membela salah satu klub di Benua Eropa. 

Klub yang akan dibela Egy adalah salah satu klub Polandia, Lechia Gdansk. Lechia Gdansk sendiri adalah salah satu klub peserta Ekstraklasa atau kasta tertinggi di Liga Polandia. 

Baca Juga

Ucapan selamat dan dukungan pun mulai berdatangan kepada Egy. Salah satu diantaranya adalah dari Menpora Imam Nahrawi. 

"Selamat kepada Egy Maulana Vikri, jebolan SKO Ragunan yang akan bergabung dengan Lechia Gdansk. Doa terbaik dari tanah air untuk sukses Egy di sana," ungkap Menpora lewat Instagram pribadinya. 

Stadion PGE Arena/

Dengan bergabung bersama Lechia Gdansk, dipastikan Egy akan memperlihatkan skillnya di salah satu stadion termegah di Polandia, Stadion Energa Gdansk markas Lechia. Tempat itu akan menjadi saksi perjalanan karier Egy di benua Eropa. 

Berikut ini INDOSPORT merangkum 5 fakta Stadion Arena Gdansk. 


1. Salah Satu Stadion Termegah di Polandia

Stadion Energa Gdansk.

Stadion Energa Gdansk atau yang dikenal juga dengan nama PGE Arena Gdansk, merupakan salah satu stadion termegah di Polandia. Desain stadion berkapasitas 42.000 penonton ini sangat megah, terutama di bagian luar stadion. 

Panel-panel berwarna emas di luar stadion menambah kesan megah stadion ini. 


2. Salah Satu Tuan Rumah Euro 2012

Stadion Energa Gdansk.

Stadion Energa Gdansk mulai dibangun pada tahun 2009 dan diproyeksikan menjadi salah satu venue Euro 2012. Pembangungan stadion ini selesai pada tahun Juli 2011 dan mulai dibuka pada bulan Agustus 2011. 

Saat Euro 2012, Stadion Energa Gdansk menggelar partai-partai seru penyisihan Grup C antara Spanyol versus Italia, Spanyol versus Republik Irlandia, dan Kroasia versus Spanyol. 

Satu pertandingan lagi yang digelar di stadion ini adalah perempatfinal antara Jerman versus Yunani. Pertandingan itu sendiri dimenangkan Jerman dengan skor 4-2. 


3. Jadi Arena Konser Artis Dunia

Justin Timberlake aktris Amerika Serikat.

Selain digunakan untuk pertandingan sepakbola, Stadion Energa Gdansk juga kerap digunakan sebagai panggung konser penyanyi dan band papan atas dunia. Tercatat dari tahun 2012 sudah beberapa kali konser musik digelar di stadion ini. 

Diantaranya adalah Jennifer Lopez pada tahun 2012, Bon Jovi pada tahun 2013, dan Justin Timberlake pada tahun 2014. Dan yang terbaru adalah pada tahun 2017 lalu saat band legendari Guns N'Roses menggelar konser dan dipenuhi 42 ribu penonton. 


4. Warna Kursi Diprotes Suporter

Stadion Energa Gdansk.

Pada desain awal Stadion Energa Gdansk, sang desainer memilih perpaduan warna kuning dan orange sebagai warna kursi. Namun hal itu mendapat protes dari suporter Lechia Gdansk. Karena warna kuning lebih identik dengan rival Lechia Gdansk, Arka Gdynia. 

Akhirnya setelah protes dilakukan, konsep warna baru diberikan oleh sang arsitek yang memilih variasi warna hijau. Pemilihan warna tersebut diterima oleh suporter Lechia Gdansk karena warna hijau adalah warna kebesaran dan identitas Lechia Gdanks. 


5. Dilarang Membawa Pisang ke Stadion Ini

Kulit buah pisang di tengah lapangan sepakbola.

Stadion Energa Gdansk mungkin menjadi salah satu dari sedikit stadion di dunia yang memberlakukan aturan ini. Pisang menjadi salah satu barang yang dilarang untuk dibawa masuk ke dalam stadion. 

Peraturan ini dibuat oleh Manajer Keamanan Lechia Gdansk untuk mencegah kembali terjadinya tindakan rasisme. Sebelumnya, dua pemain kulit hitam Lechia Gdansk mendapat perlakuan rasisme dimana mereka dilempar dengan pisang.

PolandiaStadionBola InternasionalEgy Maulana VikriLechia Gdansk

Berita Terkini