x

6 Bukti Wasit 'Berat Sebelah' di Laga Man United vs Liverpool

Minggu, 11 Maret 2018 02:15 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
Wasit laga Manchester United vs Liverpool, Craig Powson.

Liverpool harus mengakui keunggulan tuan rumah MAnchester United yang berhasil meraih kemenagan dengan skor 2-1, Sabtu (10/03/18) di Stadion Old Trafford.

Kalah dan semakin tertinggal dengan Setan Merah di tabel klasemen, hasil buruk Liverpool kali ini ditengarai akibat ulah wasit yang berat sebelah kepada tuan rumah.

Baca Juga

Craig Pawson wasit yang memimpin pertandingan setidaknya melakukan enam keputusan kontroversial yang semuanya menguntungkan pihak tuan rumah.

Hal tersebut membuat wasit 39 tahun itu dikecam para suporter Liverpool termasuk juga beberapa mantan pemain The Reds yang kini menjadi pundit. 


1. Selebrasi Marcus Rashford

Selebrasi Rashford

Manchester United berhasil mencetak gol lewat pemain mudanya Marcus Rashford pada menit ke-14, namun bukan perkara gol tersebut yang menjadi kontoversi.

Aksi Rashford yang berlari ke arah penonton ketika melakukan selebrasi ternyata merupakan sebuah pelanggaran di Liga Primer Inggris. Tapi kali ini tidak.

Jika berkaca pada rekan Rashford di Man United, Juan Mata yang mendapatkan kartu kuning usai melakukan selebrasi gol ke arah penonton ketika pertandingan menghadapi Arsenal (19/11/16).


2. Hajar Milner

Marcus Rashford diacungi kartu kuning pada laga melawan Man United vs Liverpool.

Menguasai bola di sisi kanan pertahanan Manchester United, James Milner tiba-tiba mendapatkan terjangan keras dari Rashford.

Dengan telapak kaki terbuka, Rashford menerjang keras tulang kering wakil kapten Liverpool itu. Alih-alih kartu merah, pemain yang mencetak dua gol dlam laga itu hanya dihadiahi wasit Craig Pawson sebuah kartu kuning.

Jika saja wasit memberi kartu kuning atas pelanggaran tersebut, dan sebelumnya selebrasi Rashford juga mendapat kartu kuning, penggawa Timnas Inggris itu harusnya dikeluarkan dari pertandingan.


3. Tarikan Ashley Young

Ashley Young mencoba menjatuhakan Mohamed Salah di area kotak penalti Man United.

Di babak kedua, Liverpool yang tertinggal dua gol berjuang sekuat tenaga untuk bisa mencetak gol. Lewat terobosan umpan lambung, Mohamed Salah yang ada di kotak penalti mencoba menyambut datangnya bola.

Namun sebelum bisa menguasai bola sepenuhnya, pemain timnas Mesir itu mendapatkan tarikan dari pemain Man United ashley Young dari belakang.

Young menarik lengan top skor Liverpool itu dan membuat lawannya itu terjatuh. Namun bukannya penalti yang didapat, wasit hanya diam tak bergeming membiarkan pertandingan terus dilanjutkan.

Padahal jika dilihat dari tayangan ulang, jelas terlihat apa yang dilakukan Young itu adalah sebuah pelanggaran.


4. Antonio Valencia Handsball

Bola mengenai tangan Antonio Valencia.

Di tengah kefrustasian pasukan Jurgen Klopp untuk mencetak gol, mereka membuka peluang lewat bek kiri yang maju hingga ke depan Andrew Robertson.

Robertson yang menggiring bola hingga masuk ke bagian kanan kotak penalti Man United melepaskan sebuah umpan ketengah kotak penalti.

Namun sebelum sampai ke pemain Liverpool yang dituju, bola jutru mengenai tangan bek kanan Setan Merah, Antonio Valencia.

Tangan kanan pemain asal Ekoador itu membuat bola berubah arah dan kemudian berhenti di dekat pemain Man United.

Kejadian yang sebenarnya jelas terlihat dengan mata telanjang itu juga tidak direspon oleh wasit Craig Pawson.Tak ada penalti yang didapat Liverpool atas kejadian itu.


5. Jegalan Fellaini

Fellaini menjatuhkan Sadio Mane di area kotak penalti Man United.

Seakan tidak cukup dengan dua keputusan kontroversial, Parson kembali mengambil keputusan yang bisa diperdebatkan ketika Liverpool yang saat itu sudah bisa memperkecil ketertinggalan mencoba menambah gol lewat Sadio Mane.

Mane yang sudah masuk kotak penalti persis di depan gawang, tiba-tiba dihantam oleh Fellaini yang datang dari kirinya. Dengan kaki kiri, pemain asal belgia itu mengambil bola sehingga membuat Mane terjatuh keras.

Lagi-lagi wasit tak bergeming, tidak ada penalti yang diharapkan para suporter Liverpool untuk dihadiahi kepada tim pujaan mereka.

Namun untuk kejadian tersebut, legenda Liverpool Jamie Carragher setuju dengan keputusan yang diambil Pawson.

"Jika Anda berada di posisi Feillani apa lagi yang akan Anda lakukan? ," tukasnya ketika menjadi komentator dalam siaran langsung Skysports.


6. Tendangan Kung Fu Valencia

Antonio Valencia mengangkat kaki terlalu tinggi sehingga mengenai dada Sadio Mane.

Diakhir-akhir pertandingan sebuah kejadian yang menyakitkan menghampiri penyerang Liverpool Sadio Mane. Mane yang coba mengontrol bola yang datang justru mendapatkan terjangan keras dibagian dadanya.

Terjangan itu datang dari pemain Man United Antonio Valencia, yang mengangkat kakinya terlalu tinggi, hingga telapak kakinya menghantam dada pemain asal Senegal itu.

Dan kejadian yang seharusnya berujung dengan kartu merah itu hanya membuat wasit memberikan kartu kuning ke Valencia.

Kita bandingkan misalnya ketika Sadio mane melakukan hal yang hampir serupa ke penjaga gawang Man City Ederson. Saat itu Mane tanpa ampun dihadiahi wasit kartu merah. Namun hukumannya berbeda saat pemain MU yang melakukannya.

Ya, pada akhirnya wasit juga manusia yang tidak lepas dari sebuah kesalahan. Dan buat Liverpool, kekalahan tetaplah kekalahan, tidak ada yang bisa diubah dari pertandingan yang sudah diketahui hasil akhirnya itu.

Manchester UnitedLiverpoolAntonio ValenciaJuan MataMarouane FellainiLiga Primer InggrisAshley YoungMarcus RashfordLiga Inggris

Berita Terkini