x

8 Klub Rival Sekota yang Menggunakan Stadion Bersama

Senin, 12 Maret 2018 16:58 WIB
Editor: Yohanes Ishak

Setiap klub sepakbola, khususnya di benua Eropa yang telah mempunyai pendapatan cukup besar tentunya memiliki stadion kebanggaan masing-masing.

Uniknya, ternyata cukup banyak klub-klub Eropa ada yang memakai satu stadion secara bersamaan dan kebanyakan stadion yang dipakai secara bersama tersebut ditempati oleh klub-klub yang mempunyai kota yang sama dan tentunya juga menjadi rival sekota.

Hal ini membuat jadwal pertandingan kedua tim akan disesuaikan supaya tidak saling bentrok. Berikut ini INDOSPORT merangkum sejumlah klub rival sekota yang menggunakan stadion yang sama.

Baca Juga

1. Maine Road

Stadion Maine Road.

Dalam beberapa musim terakhir, pertandingan bertajuk derby yang mulai menarik perhatian di Liga Primer Inggris bukan lagi Derby London antara Arsenal melawan Chelsea, Chelsea menghadapi Tottenham Hotspur, atau juga Tottenham Hotspur yang melawan Arsenal saja.

Tetapi juga Derby Manchester antara Man United melawan Man City. Pada masa kini, keduanya sudah mempunyai stadion kebanggaan masing-masing, yaitu Old Trafford untuk United dan Etihad Stadium untuk City.

Tentunya tidak banyak yang tahu, jika keduanya ternyata pernah sama-sama memakai stadion yang sama, yakni di Maine Road dari tahun 1945 hingga 1949 dan tahun 1956-1957.

Sebenarnya, stadion tersebut milik Man City yang sudah mereka pakai sejak tahun 1923 sampai tahun 2003 sebelum akhirnya mereka ke Etihad Stadium.

Nah di saat itu, Man United ternyata sempat mengungsi ke Stadion Man City yang saat itu juga diganti namanya menjadi Stadium City of Manchester.

Alasan Man United mengungsi adalah karena stadion kebanggaan mereka, Old Trafford hancur lebur akibat terkena bom nazi dari Jerman.

Hal inilah saat memasuki tahap renovasi, maka skuat The Red Devils menumpang di stadion kepunyaan sang rival sekota. Sekedar informasi, stadion ini terakhir digunakan Man City di tahun 2003 dan sudah ditutup sejak tahun 2004 lalu.


2. San Siro

Stadion San Siro.

Sudah bukan rahasia umum lagi bagi pencinta sepakbola sejati sudah mengetahui, jika Stadion San Siro digunakan oleh dua klub besar di Eropa tepatnya Negara, Italia, termasuk dunia, yakni AC Milan dan Inter Milan.

Menurut beberapa laporan yang beredar, stadion ini pertama kali dipunyai oleh AC Milan yang lebih dulu terbentuk pada tahun 1899 silam. Setelah melewati waktu sekitar 9 tahun, tumbuh perselisihan internal yang membuat Kota Milan menciptakan klub baru bernama Internazionale atau kini dikenal dengan nama Inter Milan.

Awalnya, Inter Milan masih belum mempunyai nama resmi untuk penggunaan stadion yang sama. Hingga akhirnya, ketika mereka mempunyai seorang legenda bernama Giuseppe Meazza, maka Inter bertindak sebagai tuan rumah nama Stadion San Siro berubah dengan menjadi nama sang legenda.


3. Allianz Arena

Tampilan Stadion Allianz Arena dari jarak jauh.

Sepertinya tidak banyak yang tahu, jika stadion kebanggaan klub raksasa Bundesliga Jerman, Bayern Munchen, yakni Allianz Arena ternyata bukanlah milik mereka sendiri.

Ya, Allianz Arena juga dipakai oleh klub sepakbola yang juga berasal dari Kota Munchen, yaitu TSV 1860 Munchen.

Penggunaan stadion bersama ini sudah terjadi dalam waktu yang sangat lama, namun tentunya mempunyai nasib yang sangat berbeda.

Jika Stadion San Siro pada setiap pertandingannya tetap dibanjiri oleh fans AC Milan atau Inter Milan, maka Allianz Arena hanya diramaikan oleh pendukung Bayern Munchen saja.

Sedangkan jika TSV Munchen yang bertanding, fans mereka yang datang tidak terlalu banyak seperti yang dimiliki oleh Bayern Munchen.

Beberapa bulan yang lalu, beredar kabar jika Bayern ingin mempermanenkan Allianz Arena sebagai stadion resmi milik mereka sendiri.

Jika keingina klub berjuluk Die Roten ini dikabulkan, maka terpaksa TSV 1860 Munchen harus angkat kaki dan mencari stadion baru sebagai laga kandang mereka.


4. Stadio Olimpico

Stadio Olimpico.

Jika Anda mengira stadion ini pertama kali digunakan oleh klub Ibu Kota Italia, AS Roma maka jawaban kalian salah.

Stadion ini pertama kali digunakan oleh klub rival sekota AS Roma, yakni Lazio yang dibentuk pada tahun 1900 silam.

Sementara AS Roma baru dibentuk pada tahun 1927 dan mereka juga memiliki Stadio Olimpico sebagai laga kandang mereka.

Meski demikian, beberapa waktu yang lalu sempat muncul juga kabar yang mengatakan jika AS Roma berencana ingin mempunyai stadion sendiri.

Bola Internasional

Berita Terkini