x

Coba Berakting Jadi Korban, Aksi 5 Megabintang Sepakbola Dunia saat Diving

Jumat, 16 Maret 2018 13:38 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Lanjar Wiratri
Kiri-kanan: Cristiano Ronaldo, Harry Kane, dan Messi

Laga Arsenal melawan AC Milan menjadi sorotan usai penyerang Danny Welbeck melakukan diving demi memperoleh penalti yang berujung gol penyama kedudukan bagi timnya.

Welbeck melakukan diving usai hanya tersenggol sedikit oleh pemain belakang AC Milan, Ricardo Rodriguez. Sempat ada protes dari pemain Milan, namun wasit yang memimpin laga tetap pada keputusannya memberi penalti bagi Arsenal.

Aksi diving memang seperti pedang bermata dua bagi setiap tim yang bertanding. Disatu sisi tidak sedikit pemain yang berusaha melakukan 'akting jatuh' untu memperoleh keutungan termasuk penalti, di sisi yang lain aksi diving sering dianggap sebagai hal yang memalukan dalam sepakbola

Meski begitu, sampai sekarang masih banyak para pesepakbola yang tidak malu untuk melakukan aksi yang mencederai nilai-nilai sportifitas tersebut. Bukan hanya Welbeck, namun juga oleh pesepakbola yang sudah berlabel bintang seperti pun tercatat prnah melakukan aksi diving yang cukup dikenang. Berikut INDOSPORT sajikan ulasannya.

Baca Juga

1. Luis Suarez

Luis Suarez tertunduk lesu setelah kehilangan kesempatan emasnya.

Menyebut nama penyerang asal Uruguay ini, yang tergambar selain kemampuanya mencetak gol adalah aksi-aksinya yang sering kali memancing kontroversi di atas lapangan.

Selain menggigit beberapa pemain saat pertandingan, aksi diving striker Barcelona itu juga piawai melakukan aksi diving. Salah satu aksi diving Suarez yang paling diingat terjadi saat Barcelona menghadapi PSG di babak 16 besar Liga Champions 2016/2017.

Suarez yang berada di sisi depan mendapatkan bola lambung terobosan dari rekannya di lini belakang, namun sebelum menguasai bola, mantan pemain Liverpool tersebut mendapatkan halauan dari bek PSG, Marquinhos. Sentuhan yang sebenarnya pelan itu ternyata direspon Suarez dengan menjatuhkan dirinya dengan keras ke atas rumput.

Beruntung baginya, wasit tertipu dan menghadiahi penalti bagi Barcelona. Dalam pertandingan itu, Barcelona akhirnya menang dengan skor 6-1.


2. Cristiano Ronaldo

Bentrokan yang terjadi antara Cristiano Ronaldo dan Dani Alves.

Berlabel sebagai pemain megabintang, Cristiano Ronaldo, juga menjadi sosok yang dikenal sering melakukan diving. Misalnya saja ketika menghadapi Celta Vigo di Liga Spanyol, (07/12/17).

Mendapat umpan silang dari sisi kiri, Ronaldo yang sudah selangkah lebih maju dari pemain belakang Celta Vigo justru menghempaskan dirinya ke lapangan meski hanya sedikit disentuh.

Lewat tayangan ulang, terlihat sekali gestur berlebihan yang dilakukan kapten Portugal itu. Namun wasit yang memimpin pertandingan justru menghadiahi penalti bagi Real Madrid.

Bukan hanya itu, pemain Celta Vigo yang dianggap menjatuhkan Ronaldo mendapatkan kartu kuning. Bahkan pemain yang melakukan protes setelahnya juga diganjar kartu kuning oleh wasit.


3. Neymar

Neymar saat masih berseragam Barcelona.

Selain Suarez, pemain bintang yang pernah melakukan diving kala berseragam Barcelona saat menghadapi PSG adalah Neymar.

Itu dilakukan Neymar saat pertandingan Liga Champions yang mempertemukan kedua tim tahun lalu. Saat mencoba menerobos pertahanan PSG dari sisi kiri, Neymar yang melihat pemain PSG telah terjatuh terlebih dahulu jutru menghampirinya.

Membenturkan kaki dengan pemain PSG tersebut, Neymar kemudian menghempaskan diri ke tanah dan membuat wasit meniup peluit dan menghadiahkan penalti.

Selain aksi tersebut, pemain termahal dunia memang acap kali tertangkap melakukan aksi diving, baik itu yang berhasil mengelabui wasit atau pun yang tidak.


4. Lionel Messi

Lionel Messi saat memenangkan Ballon d'Or 2015.

Peraih lima gelar Balon d'Or, Lionel Messi, juga tidak terlewat sebagai sosok pemain yang sering melakukan diving. Namun megabintang Barcelona itu tak terlalu lihai melakukan diving karena wasit keburu menyadari aksinya.

Pemain asal Argentina tersebut bebeapa kali justru mendapatkan kartu kuning ketika mencoba diving. Misalnya saja ketika pertandingan Copa America 2016 antara Argentina menghadapi Chile.

Messi yang coba menerobos rapatnya pertahanan Chile dengan mengiring bola justru menjatuhkan diri saat posisinya sudah sulit untuk menguasai bola yang melaju deras.

Alih-alih penalti, kapten Argentina tersebut justru dihadiahi kartu kuning.


5. Harry Kane

Ekspresi kekecewaan Harry Kane

Berstatus sebagai penyerang terbaik Inggris, pemain Tottenham Harry Kane juga beberapa kali tertangkap melakukan diving.

Yang terakhir misalnya ketika Tottenham Hotspur menghadapi Liverpool pada (04/02/18). Dalam pertandingan yang berakhir imbang 2-2 tersebut, Kane melakukan diving di menit-menit akhir pertandingan.

Mendapat bola liar di kotak penalti, Kane sempat mencoba mengecoh penjaga gawang Liverpool Loris Karius. Namun bola yang melaju deras membuat Kane tampak kesulitan mengejarnya lagi. 

Dengan cerdik, penyerang Timnas Inggris tersebut justru menyentuhkan kakinya ke tangan Karius. Kane menuntut penalti pada wasit hingga akhirnya hakim garis memberikan hadiah penalti untuk Kane.

Kane menjadi eksekutor untuk penalti tersebut yang berbuah gol dan membuat The Lilywhites menahan imbang Liverpool 2-2.

Real MadridCristiano RonaldoNeymarBarcelonaLionel MessiLuis SuarezDanny WelbeckHarry KaneBola Internasional

Berita Terkini