x

Ada Tribun Liverpool, Ini Data dan Fakta Stadion Mandala Kandang Persipura

Sabtu, 17 Maret 2018 12:58 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
Stadion Mandala Jayapura.

Perhelatan Liga 1 2018 akan segera dimulai. Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (PT LIB), Berlinton Siahaan, menyatakan kick off Liga 1 musim 2018 akan mulai bergulir pada 23 Maret 2018.

“Kami sudah putuskan kick off liga 1akan dilaksanakan pada 23 Maret 2018 itu hari Jumat,” ujar Berlinton.

Seperti Liga 1 musim lalu, Liga 1 2018 masih akan diikuti oleh 18 tim. Sebelum Liga 1 2018 dimulai, menarik untuk membedah lebih jauh mengenai tim-tim yang akan berlaga.Termasuk soal stadion-stadion dari 18 tim yang akan berlaga. 

Baca Juga

Kali ini yang menjadi pembahasan adalah Stadion Mandala, kandang Persipura Jayapura. Persipura memang sudah lama bermarkas di Stadion Mandala. Dan di Liga 1 2018, Stadion Mandala yang berkapasitas 30.000 penonton masih akan menjadi markas Mutiara Hitam. 

Persipura Jayapura

Berikut ini INDOSPORT sajikan data dan fakta Stadion Mandala yang akan menjadi markas Persipura di Liga 2018. 


1. Ada Tribun Liverpool

Peter Butler sedang menyaksikan latihan Persipura U-19 di Stadion Mandala.

Hingga kini, tak diketahui dari mana asalnya nama tribun Liverpool di Stadion Mandala. Tribun Liverpool adalah tribun timur dari Stadion Mandala yang selalu dipenuh Persipura Mania kala Mutiara Hitam bertanding. 

Salah satu sumber menyebutkan awalnya tribun Liverpool terdiri dari deretan bangku kayu. Kemudian atas bantuan gereja, bangku kayu diganti dengan kursi plastik berwarna merah, warna kebesaran Liverpool. 

Sumber lain mengatakan bahwa nama Persipura yang mulai dikenal saat tahun 1970-an berbarengan dengan masa kejayaan Liverpool di benua Eropa dan Liga Inggris. 


2. Tribun Rumput

Stadion Mandala.

Selain tribun Liverpool, ada satu tribun unik lain yang ada di Stadion Mandala. Tribun itu adalah tribun rumput. 

Tribun rumput tersebut terletak di samping kanan tribun barat atau VIP. Meski tribun tersebut tak menjadi bagian dari bangunan utama stadion, dan kurang ideal untuk menyaksikan pertandingan, tribun itu tetap ramai. 

Yang membuat tribun rumput tersebut tetap ramai adalah harga tiket yang paling murah dibandingkan dengan tribun yang lain. Selain itu, karena tempatnya luas, penonton lebih leluasa. 


3. Saksi Pembantaian Yangon United

Yangon United.

Persipura Jayapura menjadi juara Grup E di Piala AFC 2014. Persipura akhirnya bertemu wakil Myanmar Yangon United yang menjadi runner up Grup G di babak 16 besar. 

Gol dari Boakay Eddie Foday dan Yustinus pase membawa Persipura unggul 2-0 sebelum disamakan Yangon. Namun Persipura akhirnya tak terbendung dan menambah 7 gol lagi ke gawang Yangon. 

Skor akhir, Persipura Jayapura 9-2 Yangon United. Hasil akhir yang menjadi rekor gol terbanyak di satu pertandingan fase gugur Piala AFC.


4. Dibangun di Masa Penjajahan Belanda

Stadion Mandala, Jayapura, Papua.

Stadion Mandala sendiri berdiri sejak jaman Belanda meskipun tak diketahui secara pasti tepatnya. Saat itu Stadion Mandala disebut Lapangan Sepakbola Dok V dan sangat jarang dipakai untuk pertandingan dan kompetisi. 

Saat itu kompetisi sepakbola Liga Hollandia Bond lebih banyak menggunakan Lapangan Bergendal atau Lapangan Argapura milik klub PSK Kajoe Pulau dan Lapangan Hollandia Binnen sekarang Lapangan Trikora.

LiverpoolPersipura JayapuraStadionLiga IndonesiaStadion MandalaLiga 1Yangon United

Berita Terkini