x

Pemain Baru Timnas U-23 Ini Rasakan Hal Berbeda saat Dilatih Luis Milla

Senin, 19 Maret 2018 14:08 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Lanjar Wiratri
Dalam latihan ini, pemain diinstruksikan untuk bisa memanfaatkan peluang di depan gawang lawan lewat peluang sepak pojok.

Timnas Indonesia U-23 akan menjalani FIFA match day melawan Singapura, Rabu (21/03/18) mendatang di National Stadium, Singapura. Dalam kesempatan itu, pelatih skuat Garuda Muda, Luis Milla membawa 24 pemain termasuk satu gelandang muda yang baru promosi dari Timnas Indonesia U-19 yakni Syahrian Abimanyu.

Baca Juga

Abimanyu akhirnya dipanggil naik 'kelas' setelah penampilan apiknya bersama Sriwijaya FC di Piala Presiden 2018 dan Piala Gubernur Kaltim tahun ini. 


1. Tak Perlu Banyak Adaptasi

Syahrian Abimanyu (kedua dari kanan) membayangi pergerakan Hargianto. Herry Ibrahim

Meski merupakan muka baru di Timnas U-23, pemuda 18 tahun itu mengaku tidak perlu ekstra beradaptasi. Namun, Abimanyu mengatakan ia merasakan perbedaan soal tempo permainan dibanding saat berlatih dengan Timnas U-19.

"Saya pikir tidak ada masalah. Filosofinya sama (di Timnas U-19 dan Sriwijaya FC) jadi tidak terlalu kagok. Adaptasinya juga enak. Cuma di sini (Timnas U-23) pemain-pemainnya lebih pengalaman, lebih cepat mainnya dan temponya lebih naik," ucapnya.


2. Siap Bersaing di Lini Tengah Timnas Indonesia

Andy Setyo melakukan sundulan ke gawang.

Lebih lanjut, Abimanyu juga tak memikirkan persaingan di lini tengah karena hadir sejumlah nama familiar seperti Muhammad Hargianto, Evan Dimas, Zulfiandi, Hanif Sjahbandi dan lainnya. Baginya, ia sudah cukup senang mendapat pengalaman berlatih bersama seniornya. Andai mendapat kesempatan bermain, eks Persija Jakarta U-19 itu berjanji akan mengerahkan seluruh kemampuan terbaiknya. 

"Saya tidak memikirkan hal itu (soal persaingan). Yang penting latihan semaksimal mungkin. Saya juga senang dengan panggilan ini, tapi yang terpenting bisa memberikan yang terbaik untuk tim," tegasnya.

Untuk laga melawan Singapura dua hari mendatang, Abimanyu mengatakan ia masih buta akan kekuatan tuan rumah. Ia memprediksi laga akan berjalan ketat karena Singapura kemungkinan besar menurunkan pemain senior, sehingga pemain Timnas U-23 lebih memilih konsentrasi dan menunggu instruksi Luis Milla.


3. Masih Buta Kekuatan Timnas Singapura

Pelatih Luis Milla memberi arahan kepada para pemainnya.

"Semoga bisa menang, Insya Allah. Sejauh ini saya pribadi belum tahu apa-apa soal permainan Singapura. Mungkin nanti bakal diinstruksikan sama coach Milla," tutupnya. 

Selain Abimanyu, ada beberapa pemain lain yang juga akan menjalani debut dengan Timnas U-23 asuhan Luis Milla jika diturunkan melawan Singapura. Mereka adalah Irfan Jaya, Zulfiandi, hingga Rachmat Irianto.

Saat ini, Timnas Indonesia U-23 telah tiba di Singapura dan tiga pemain lainnya yakni Evan Dimas, Ilham Udin Armayn dan Ezra Walian akan langsung bergabung setelah absen di latihan dua hari belakangan. 

Timnas IndonesiaLuis MillaLiga IndonesiaSyahrian Abimanyu

Berita Terkini