x

3 Kekalahan Menyakitkan Inggris dari Belanda di Pentas Internasional

Selasa, 20 Maret 2018 14:10 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
Timnas Belanda vs Inggris.

Senin tanggal 19 Maret sampai dengan 27 Maret mendatang dalam kalender FIFA akan diselenggarakan FIFA matchday. FIFA matchday adalah pekan di mana liga-liga top di Eropa diliburkan untuk memberikan kesempatan bagi para pemain membela negaranya masing-masing. Baik untuk pertandingan resmi seperti kualifikasi atau pertandingan persahabatan.

Salah satu partai persahabatan yang akan tersaji dan patut mendapat sorotan adalah laga antara tuan rumah Belanda melawan The Three Lions Inggris. Kedua tim akan bentrok pada Sabtu (24/03/18) dini hari WIB. 

Baca Juga

Meski persaingan kedua tim tak terlalu mengakar layaknya persaingan Inggris dengan Argentina. Atau persaingan Belanda dengan Jerman, namun pertandingan diprediksi akan berjalan seru. 

Kedua tim sudah 21 kali bertemu di pentas internasional. Dari 21 pertandingan, 9 pertandingan diantaranya berakhir dengan skor imbang. Belanda sendiri sudah 6 kali mengalahkan Inggris. Dan sebaliknya Inggris sudah 6 kali mengalahkan Belanda. 

Para pendukung Belanda.

Berikut ini INDOSPORT merangkum 3 kekalahan menyakitkan Inggris di tangan Belanda. 


1. Inggris 0-2 Belanda

Logo Timnas Inggris.

Pertandingan persahabatan yang digelar pada tahun 2001 itu merupakan persiapan Timnas Inggris menuju Piala Dunia 2002 yang digelar di Korea-Jepang. Dan sebagai lawan adalah Timnas Belanda yang kala itu dilatih Luis van Gaal. 

Inggris saat itu lebih diunggulkan untuk menang karena beberapa faktor. Faktor pertama adalah, Inggris saat itu dilatih oleh Sven Goran Eriksson yang datang setelah membawa Lazio berprestasi. 

Faktor kedua adalah Inggris bermain di hadapan puluhan ribu pendukung di Stadion White Hart Lane. Dan faktor ketiga adalah Belanda tidak lolos ke putaran final Piala Dunia 2002. 

Namun yang terjadi malah sebaliknya, David Beckham dkk tak berdaya menghadapi Belanda. Gol dari Mark van Bommel pada menit ke-38 dan gol Ruud van Nistelrooy satu menit berselang, membuat The Three Lions terkapar tak berdaya di kandang sendiri. 


2. Belanda 2-0 Inggris

Logo Timnas Belanda.

Pertandingan tersebut berlangsung pada 13 Oktober 1993 dalam kualifikasi Piala Dunia 1994. Yang membuat kekalahan itu menyakitkan bagi Inggris adalah, Inggris akhirnya gagal melaju ke Piala Dunia 1994. 

Inggris hanya menjadi peringkat ke-3 di Grup 2 kualifik Piala Dunia 1994 zona Eropa. Inggris terpaut dua poin dari Belanda di peringkat ke-2, dan tiga poin dari pemuncak klasemen, Norwegia. 

Inggris membutuhkan kemenangan agar dapat lolos ke Amerika Serikat. Jalan Inggris bisa menjadi mudah asal bisa menaklukkan Belanda. Pasalnya di pertandingan terakhir, hanya menghadapi tim lemah San Marino. 

Namun yang terjadi sebaliknya, David Seaman, Alan Shearer, dan Paul Ince tak mampu mengalahkan Marc Overmars, Dennis Bergkamp, Frank Rijkaard, dan Ronald Koeman. 

Satu gol dari Ronald Koeman dan satu gol Dennis Bergkamp membuat langkah Inggris menjadi terjal. Dan akhirnya The Three Lions gagal melangkah ke Piala Dunia 1994, Amerika Serikat. 


3. Inggris 1-3 Belanda

Logo Euro 1988.

Kekalahan menyakitkan Inggris berikutnya dari tangan Belanda adalah di perhelatan Euro 1988. Inggris yang tergabung di Grup 2 bersama Uni Soviet, Belanda, dan Republik Irlandia, tampil tak berdaya dan menjadi juru kunci. 

Dari tiga pertandingan yang dijalani, Inggris menderita kekalahan. Satu kekalahan diterima dari tangan Belanda dengan skor 1-3. 

Inggris tertinggal 0-1 di akhir babak pertama karena gol Marco van Basten. Asa Inggris sempat membumbung tinggi saat Bryan Robson berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 di menit ke-53. 

Tapi dua gol tambahan dari Marco van Basten dalam tempo lima menit membuat harapan Inggris pupus. Inggris harus angkat koper lebih cepat karena di pertandingan pertama sudah dikalahkan Irlandia dengan skor 0-1. 

BelandaInggrisPiala DuniaRuud van NistelrooyKualifikasi EuroEuroBola InternasionalPiala Dunia 1994

Berita Terkini