x

PSM Makassar 2-0 PSIS Semarang: 3 Poin Sempurna

Minggu, 25 Maret 2018 17:45 WIB
Editor: Isman Fadil

PSM Makassar berhasil mengalahkan PSIS Semarang 2-0 di laga perdana Liga 1 di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Minggu (25/03/18) sore WIB. Di laga ini,  pelatih PSM Makassar memainkan formasi 4-3-3. Sementara PSIS Semarang menggunakan formasi 4-4-2.

Namun, PSM Makassar masih terlalu tangguh untuk Laskar Mahesa Jenar. Dua gol PSM dicetak oleh Wiljan Pluim pada menit ke-29 dan Rizky Pellu pada menit ke-55.

Baca Juga

1. Babak Pertama

Rachmat Latief dan Muhammad Fauzan di sesi latihan PSM Makassar

Sejak kick off dimulai, kedua tim memperagakan permainan cukup cepat dan keras. Pertahanan rapat PSIS tak bisa ditembus Pasukan Ramang hingga 20 menit jalannya pertandingan di babak pertama.

Meskipun demikian, Wiljan Pluim berhasil membuktikan ketajamannya. Pada menit ke- 29, sundulan Pluim, yang lepas dari perangkap offside merobek gawang PSIS.

Gol Pluim ini berawal dari lemparan ke dalam yang dilakukan Zulkifli Syukur di sisi kiri pertahanan PSIS. Bola yang dilempar Zulkifli terlepas dari penguasaan Guy Junior, namun mengalir ke M. Arfan. Gelandang muda itu  langsung melesatkan crosing ke dalam mulut gawang PSIS.

Pluim yang dijaga ketat, akhirnya mampu lolos setelah membalikkan badan dan langsung menyundul bola dan tidak bisa diselamatikan kiper PSIS, Jandia Eka Putra. 1-0 PSM memimpin.

PSIS bukannya tanpa perlawanan di laga ini. Tim Mahesa Jenar beberapa kali memanfaatkan serangan balik cepat yang mengancam wilayah pertahanan PSM usai kebobolan. 

Di menit-menit akhir babak pertama, kedua tim saling melakukan serangan. Hanya saja, tak ada lagi gol yang tercipta baik dari kubu tuan rumah maupun tamu.


2. Babak Kedua

Selebrasi Rizky Pellu usai berhasil mencetak gol kedua PSM Makassar.

Di babak kedua, PSIS Semarang memasukan penyerang asal Brasil, Bruno Silva untuk menambah daya gedor serangan. Namun tetap saja, PSM Makassar masih mengendalikan jalannya pertandingan.

Pada menit ke-55, PSM mampu menambah keunggulan melalui Rizky Pellu. Berawal dari umpan melengkung Wiljam Pluim, Pellu dengan tenang menceploskan bola ke gawang Jandia. 2-0 PSM memimpin atas PSIS Semarang.

Tertinggal dua gol PSIS mulai meningkatkan serangan mereka. Anak asuh Vicenzo Alberto Annese ini mendapatkan peluang untuk memperkecil kedudukan pada menit 74, namun penampilan apik Rivky Mokodompit di bawah mistar gawang PSM.

Di 10 menit jelang berakhirnya pertandingan, PSIS Semarang masih mencari gol untuk memperkecil ketertinggalan. Sayang, usaha mereka gagal hingga wasit meniupkan pertandingan berakhir. PSM Makassar pun berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 2-0.


3. Susunan Pemain

Striker PSIS Semarang Bruno Silva.

Berikut Susunan Pemain Kedua Tim:

PSM Makassar (4-3-3): Rivky Mokodompit; Zulkifli Syukur (C), Abd Rahman, Steven Paulle, Fauzan Jamal; M Arfan, Marc Anthony Klok, Rizky Pellu; Wiljan Pluim, M Rahmat, Guy Junior

Cadangan: Syaiful, Hendra Wijaya, Reva Adi Utama, Ardan, Rasyid Bakri, Zulham Zamrun, Arsyad Yusgiantoro

Pelatih: Robert Rene Alberts

PSIS Semarang (4-4-2): Jandia Eka Putra (GK); Frendy Saputra, Gilang Ginarsa, Haudi Abdullah (C), Petar Planic; Bayu Nugroho, Hafit Ibrahim, Ibrahim Posle Conteh, Muhamad Yunus; Hari Nur Yulianto, Komarudin

cadangan: Aji Bayu Putra; Fauzan Fajri, Safrudin, Akhlidin, Aldaeir Makatindu, Bruno Silva, Gustur Cahyo Putro

Pelatih: Vincenzo Alberto Annese

Rizky PelluPSM MakassarPSIS SemarangLiga IndonesiaLiga 1Willem Jan Pluim

Berita Terkini