x

3 Sosok Pelatih Asing yang Berpeluang Gantikan Iwan Setiawan di Borneo FC

Selasa, 27 Maret 2018 14:50 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Lanjar Wiratri

Pelatih Borneo FC Iwan Setiawan telah resmi dipecat oleh pihak manajemen. Aksi kontroversial yang ia lakukan di hadapan para pendukung Borneo FC menjadi salah satu penyebabnya. Padahal, Borneo FC baru saja memasuki pekan pertama Liga 1 2018, namun manajemen Borneo FC tanpa ampun mengambil keputusan berani untuk mendepak mantan pelatih Persebaya itu. 

Aksi kontroversial Iwan berawal dari protes suporter yang dilakukan usai Pesut Etam ditahan imbang Sriwijaya FC 0-0 di laga perdana mereka di Liga 1.

Para suporter pun bersorak meminta agar Iwan segera dicopot dari tampuk jabatannya. Hal itu merupakan buntut kekecewaan mereka atas hasil laga perdana Borneo FC.

Baca Juga

Usai pemecatan tersebut, setidaknya sederet nama pelatih anyar kawakan Indonesia pun muncul ke permukaan untuk menempati kursi jabatan pelatih klub tersebut. Bos Borneo FC, Nabil Husein sendiri telah memberikan sedikit bocoran soal siapa sosok pengganti Iwan. 

Nabil mengungkapkan bahwa sosok pelatih tersebut merupakan pria asing yang telah memiliki anak dan istri. Berikut INDOSPORT mencoba menghimpun 3 nama pelatih asing yang punya kans besar menduduki kursi kepelatihan Borneo FC pasca pemecatan Iwan Setiawan.


1. Dejan Antonic

Dejan Antonic

Dipecat oleh Persib Bandung pada musim 2016 lalu, Dejan punya catatan pernah memegang klub asing asal China. 

Selama di Persib sendiri, Dejan banyak melakukan eksperimen dalam memainkan banyak pemain muda. Namun hal tersebut yang justru menjadi salah satu akar masalah pemecatannya dari sana. 

Namun kini, Dejan sendiri tercatat belum ditunjuk klub manapun untuk kembali berkiprah sebagai pelatih. Borneo FC bisa menjadi pelabuhan anyar bagi Dejan jika masih ingin berkiprah sebagai pelatih klub.


2. Alfred Riedl

Alfred Riedl Panggil 47 Pemain Seleksi Timnas

Mantan pelatih yang pernah menukangi PSM Makassar tersebut punya catatan cukup gemilang kala mengarsiteki Timnas Indonesia. Terakhir, Riedl sukses membawa Skuat Garuda melaju ke babak final Piala AFC 2016 silam.

sebelumnya, pelatih Austria itu memiliki pengalaman menukangi klub Indonesia, yakni PSM Makassar pada 2015 lalu. Namun Riedl memutuskan untuk mengundurkan diri dari sana. Alasan kesehatan menjadi penyebab mundurnya Riedl sebagai pelatih Juku Eja.

Jika Alfred turun menukangi Borneo FC, bukan tidak mungkin akan ada perbaikan yang cukup signifikan bagi klub tersebut di awal musim ini, pasca pemecatan Iwan Setiawan. 


3. Jaino Matos

Jaino Matos pelatih asal Brasil.

Pelatih sepakbola Brasil tersebut punya catatan pernah menukangi Persiba Balikpapan. Musim lalu, ia sendiri memutuskan untuk berkiprah sebagai pelatih klub asal Kep. Riau, 757 Kepri Jaya FC. 

Bersama dengan Persiba, ia hanya mampu membawa klub tersebut pada peringkat ke-13 dengan raihan 35 poin, hingga akhirnya digantikan oleh Timo Scheunemann. Matos menjadi kandidat yang berpeluang besar membesut Borneo Fc mengingat ia memiliki pengalaman menjadi staf klub tersebut pada 2016 silam.

Alfred RiedlDejan AntonicBorneo FCIwan SetiawanPaulo CamargoLiga IndonesiaNabil Husein AminLiga 1

Berita Terkini