x

Perseru Serui 0-1 PSM Makassar: Ferdinand Sinaga Menangkan PSM

Sabtu, 31 Maret 2018 15:47 WIB
Penulis: Reno Firhad Rinaldi | Editor: Prio Hari Kristanto
Hasil pertandingan Perseru Serui vs PSM Makassar.

Pekan ke-2 kompetisi Liga 1 2018 mempertemukan antara tuan rumah Perseru Serui dengan tamunya PSM Makassar dalam laga yang digelar di Stadion Marora, Serui, Sabtu (31/03/18).

Kedua tim saling memainkan pemain terbaiknya untuk bertekad meraih kemenangan pada laga ini. Trio M.Rahmat, Wiljan Pluim dan Guy Junior diandalkan di lini depan PSM. Sementara itu, trio Perseru pun tak kalah mematikan dari seorang Lucas Mandowen, Yohanis Nabar dan Silvio Esbocar.

Baca Juga

1. Babak I

Skuat PSM Makassar.

Lima belas menit laga berjalan, Perseru Serui yang tak ingin malu dihadapan publiknya sendiri nampak lebih ngotot dalam mengembangkan permainan. Mereka pun gencar menekan PSM setidaknya pada 15 menit awal.

Tim Cendrawasih Jingga pun mencatatkan dua peluang di 20 menit awal. Tercatat masing-masing sundulan dari Silvio Escobar dan Boman Aime hampir membobol gawang PSM yang dikawal oleh Rivky Mokodompit.

Sebaliknya, PSM nampak seperti tergesa-gesa dalam melancarkan permainan. Mereka lebih sering kehilangan bola di lini tengah dan mudah dicuri oleh para pemain Perseru.

Pada pertengahan babak pertama, terjadi protes dari pemain dan pelatih PSM lantaran wasit dianggap selalu mengambil keputusan untuk menguntungkan Perseru. Beberapa kejadian yang seharusnya tidak menjadi pelanggaran justru wasit meniup peluit tanda adanya pelanggaran. Meski begitu, skuat PSM tetap melanjutkan pertandingan.

Sempat terjadi duel panas antara penyerang dan pemain bertahan Perseru dan PSM. Laga yang cenderung keras pun membuat Sivlio Escobar harus mengalami perawatan setelah mengalami benturan dengan Steven Paulle.

PSM mendapat peluang di akhir-akhir babak pertama. Melalui tendangan keras dari jarak jauh, Wiljan Pluim sempat mengancam gawang Perseru. Namun tendangannya masih bisa diantisipasi oleh penjaga gawang Hendra Mole.

Perseru lebih agresif di babak pertama laga. Sementara PSM bermain bertahan dan kesulitan untuk membangun serangan mereka. PSM hanya mampu memanfaatkan serangan-serangan balik yang beberapa kali hampir membahayakan gawang Perseru. Hingga babak pertama usai, skor 0-0 masih belum rubah menandakan sama kuatnya kedua tim.


2. Babak II

Ferdinand Sinaga resmi gabung Kelantan FA.

Memasuki babak kedua, PSM, yang kurang menggigit di babak pertama, pun mencoba membangun serangan dari kaki ke kaki. Dua peluang emas didapat oleh penyerang mereka, Guy Junior. Namun sayang, Junior gagal memanfaatkan peluangnya menjadi gol.

Tim Juku Eja pun mencoba perubahan dalam komposisi bermain. Rasyid Bakri dimasukkan untuk menggantikan peran dari Asnawi Mangkualam yang kurang efektif di lini tengah PSM.

Perseru yang bernafsu untuk meraih kemenangan beberapa kali berhasil membahayakan gawang PSM. Namun, kegemilangan Rivky Mokodompit dibawah mistar gawang mampu menyelamatkan PSM dari kebobolan.

Petaka bagi Perseru datang ketika Ferdinand Sinaga masuk untuk menggantikan Guy Junior. Tak butuh waktu lama setelah ia masuk ke lapangan, Ferdinand langsung mampu menjebol gawang Perseru di menit ke-90.

Gol semata wayang Ferdinand pun menjadikan PSM mencuri 3 poin di kandang Perseru. Atas hasil ini, PSM merangsak naik ke posisi puncak klasemen sementara Liga 1 2018.
 


3. Susunan Pemain

PSM Makassar vs Perseru Serui.

SUSUNAN PEMAIN

PSM Makassar:

Rivky Mokodompit; Zulkifli Syukur, Steven Paulle, Abdul Rahman, Fauzan Jamal; Asnawi Mangkualam, Rizky Pellu, Marc Klok; M.Rahmat, Guy Junior, Wiljan Pluim.

Cadangan: Syaiful, Hendra Wijaya, Reva Adi Utama, Zulham Zamrun, Hasim Kipuw, Rasyid Bakri, Ferdinand Sinaga

Perseru:

Hendra; Boman Aime, D.Monim, Ayomi, Bonai (C); M.Suruan, Meosido, Djamel Leeflang; Lucas Mandowen, Silvio Escobar, Yohanis Nabar.

Cadangan: Reimas, Indra, Yamashita, Steven, Saves, Rumbino, Jaelani

Perseru SeruiFerdinand SinagaPSM MakassarLiga Indonesia

Berita Terkini