x

Timnas Indonesia atau Australia? Ini Pilihan Bintang Muda Tanah Air di West Ham United

Minggu, 1 April 2018 17:03 WIB
Editor: Lanjar Wiratri

Bintang muda Indonesia, yakni Nathan Muskitta selangkah lagi akan bergabung dengan klub Liga Primer Inggris, West Ham United. Semenjak kecil tinggal di Australia, Nathan bahkan sempat masuk dalam bagian Project 22, yakni program pemain muda yang diseleksi untuk membela Timnas Australia untuk Piala Dunia 2022.

Baca Juga

Meski tinggal di Negeri Kangguru semenjak usia dini, Nathan sempat dipanggil untuk mengikuti seleksi Timnas Indonesia U-19 saat masih ditangani Indra Sjafri. Pemuda 19 tahun itu memang masih memiliki dua kewarganegaraan, yakni Australia dan Indonesia.


1. Pilih Timnas Indonesia Ketimbang Australia

Nathan Muskitta saat di West Ham United

Ayahanda Nathan, Iwan Muskitta, menegaskan jika putranya memilih untuk membela Timnas Indonesia ketimbang Australia. Darah Indonesia yang mengalir deras di tubuh Nathan, membuatnya berhasrat untuk berkostum Merah Putih suatu saat.

“Nathan sangat ingin membela Timnas Indonesia, jika dua-duanya memanggil (Indonesia dan Australia), dia akan memilih Timnas Indonesia,” ujar Iwan kepada INDOSPORT.


2. Tak Patah Semangat

Nathan Muskitta.

Harus mengadu nasib dan berjuang menembus klub Liga Primer Inggris memang bukanlah hal yang mudah untuk Nathan Muskitta. Nathan kini hanya tinggal menanti kontrak dari The Hammers, namun Iwan mengungkap kemungkinan putranya akan terlebih dahulu dipinjamkan ke klub lain sebelum mampu menembus skuat utama West Ham United.

“Tentu sebagai orang tua, saya sempat khawatir di usianya yang masih muda Nathan harus sangat bekerja keras. Setiap pemain yang berada di Inggris perlu proses adaptasi yang cukup lama, tidak mudah memang,” ungkap Iwan.

“Tapi saya melihat Nathan sebagai pribadi yang tidak menyerah, saat ia gagal bergabung dengan Leicester karena visa, dia tidak menyerah walau saya sempat kecewa juga,” tambah Iwan.


3. Berlabuh di West Ham United

Nathan Muskitta.

Kegagalan bergabung dengan Leicester membuat Nathan harus memulai lagi perjuangannya untuk bergabung dengan klub Inggris. Ia mulai ikut seleksi dari klub-klub kecil Inggris, hingga akhirnya Nathan direkomendasikan untuk mengikuti seleksi di West Ham United.

“Iya Nathan harus memulai dari bawah lagi, ia mulai dari klub kecil dan sempat ke klub Southend United hingga mereka merekomendasikan Nathan untuk ke West Ham United,” ujar Iwan.

 Nathan sudah bergabung dengan West Ham United semenjak Oktober 2017 lalu. Kini ia tengah menanti kelanjutan di bursa transfer mendatang, apakah akan dipinjamkan ke klub lain atau tembus ke tim senior klub yang kini ditangani David Moyes tersebut.

 

West Ham UnitedTimnas IndonesiaLiga IndonesiaNathan MuskittaNathan Ariel Muskitta

Berita Terkini