x

Bawa Liverpool ke Tiga Besar Liga Primer Inggris, Klopp Terinspirasi oleh 3 Karakter Fiksi

Selasa, 3 April 2018 19:01 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Abdurrahman Ranala
Jurgen Klopp menunjukan wajah cerah menang atas Leicester City dengan skor 2-1.

Manajer Liverpool yang karismatik, Jurgen Klopp, telah mengakui bahwa dalam perjalanan kariernya sebagai pelatih ia telah dipengaruhi oleh beberapa karakter underdog terbesar dalam sejarah. Dilansir dari Goal, ia terinspirasi oleh beberapa karakter fiksi besar, termasuk Robin Hood, Rocky Balboa dan James Bond.

Baca Juga

Pelatih asal Jerman itu telah mengantarkan The Reds ke posisi tiga pada klasemen Liga Primer Inggris musim ini, dua poin di belakang posisi kedua Manchester United, namun 18 poin tertinggal jauh dari Manchester City.

Di Liga Champions, Liverpool lolos ke babak perempatfinal dan akan menghadapi Manchester CIty. Kiprah Liverpool mungkin cukup mengejutkan musim ini. Ternyata di balik penampilan apik Liverpool, sang pelatih Jurgen Klopp terinspirasi dari kisah-kisah underdog terkenal seperti Rocky dan Robin Hood. 

Rocky yang diperankan oleh Sylvester Stallone berulang kali membuktikan diri dan memenangkan beberapa kejuaraan tinju meski ia tak diunggulkan. Sementara Robin Hood mencuri dari orang kaya untuk diberikan kepada orang miskin. Klopp pun berbicara tentang dua karakter penting dalam kariernya itu.


1. Rocky Balboa

Jurgen Klopp dan Ilkay Gundogan.

Berbicara kepada Graham Hunter pada podcast jurnalis Skotlandia, Klopp mengingat sebuah pembicaraan tim di Borussia Dortmund, ia mengatakan: "Saya terinspirasi oleh Rocky Balboa, salah satu pertemuan terbaik saya, saya pikir, adalah dengan Dortmund, sebelum kami melawan Bayern Munchen,” katanya dari Goal.

“Saya berbicara tentang Rocky Four, Ivan Drago, yang memiliki segalanya, semua teknologi, dan kami memiliki Rocky Balboa di Siberia dengan semua alat kuno dan hal-hal seperti itu, pertandingan yang stabil dan setelah tiga atau empat menit saya benar-benar tersulut.”

"Aku merasa kosong dan berhenti. 'Siapa yang tahu Rocky?' Hanya dua pemain yang muncul. Sisanya terlalu muda! Oke, kita harus mulai lagi ...” ujarnya.


2. Robin Hood

Jurgen Klopp. pelatih Liverpool.

Jurgen Klopp terinspirasi dari Robin Hood sejak masa mudanya, ketika ia banyak membaca buku tentang cerita karakter tersebut. Ia mengisahkan pada waktu itu, Boris Becker memenangkan Wimbledon di usia muda, adalah sesuatu yang istimewa.

“Tapi itu tidak akan mungkin untuk saya, saya suka sepakbola tapi saya tahu saya tidak akan pernah bisa menjadi Lothar Matthaus, tidak ada kesempatan, tapi saya tetap menyukainya."

“Saya ingin melakukannya sebaik mungkin, target saya sebagai seorang manajer harus menjadi manajer terbaik yang saya bisa, bukan manajer terbaik di dunia, saya tidak tahu bagaimana cara kerjanya,” ujar Klopp mengisahkan.


3. James Bond

Moyes-Klopp.

Dan Klopp telah mengungkapkan bahwa James Bond yang menginspirasi dia, bahkan mengklaim bahwa dia berharap  akan meniru agen rahasia dalam situasi yang ekstrem.

"James Bond adalah seorang pria yang fantastis, semua orang menyukainya. Dia memiliki aturannya sendiri dalam hidup,” ujar Klopp.

Bagi Klopp semua karakter itu hanya fiksi yang digambarkan siap mengorbankan dirinya. Dia sangat menyukai konsep mengorbankan dirinya sebelum lainnya. Klopp pun juga mengamalkannya di dalam keluarganya sebagai ayah.

“Begitulah cara saya memahami peran ayah dalam keluarga, saya akan melakukannya, dalam situasi ekstrem, saya harap. Ini romantis, begitulah seharusnya."

Manchester UnitedLiverpoolJurgen KloppLiga Primer InggrisJames BondLiga Inggris

Berita Terkini