x

5 Hikmah dan Pelajaran dari Pembantaian Real Madrid atas Juventus

Rabu, 4 April 2018 15:50 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Abdurrahman Ranala
Gianlugi Buffon, kiper Juventus.

Dalam laga perempat final Liga Champions 2017/18 kemarin, Juventus meraih hasil yang terbilang cukup memalukan usai dibantai tanpa balas oleh Real Madrid 0-3. Tentu saja dengan kekalahan itu menjadi pekerjaan rumah besar bagi skuat asuhan Massimiliano Allegri untuk meraih tiket semifinal. 

Pasalnya, untuk lolos ke babak tersebut, Juventus setidaknya membutuhkan kemenangan 4-0, atau setidaknya selisih 4 gol dalam laga tersebut. Namun, mereka harus tetap melaju, berharap keajaiban mampu mengubah nasib mereka usai kekalahan telak di tangan Los Blancos tersebut. 

Baca Juga

Setidaknya, dari kekalahan ini, ada sederet hal yang patut dijadikan hikmah sekaligus pelajaran, tak hanya untuk Juventus, namun juga klub-klub lain yang akan segera berhadapan dengan skuat asuhan Zinedine Zidane tersebut.

Berikut INDOSPORT menyajikan 5 hikmah dan pelajaran yang dapat dipetik dari pembantaian yang dilakukan oleh Real Madrid atas Juventus di leg pertama perempatfinal Liga Champions musim ini:


1. 1. Ronaldo yang Ajaib

Selebrasi Ronaldo setelah bobol gawang Buffon di menit awal.

Cristiano Ronaldo masih menjadi perbincangan banyak pihak usai menghasilkan cetakan gol indah lewat tendangan saltonya ke gawang Gianluigi Buffon. Kiper Italia itu perlu banyak belajar dari tiap gol yang berhasil diciptakan oleh Ronaldo.

Pemain Portugal tersebut tak membutuhkan waktu sampai 5 menit untuk dapat menghasilkan angka bagi Real Madrid. Buffon nampak menjadi target bulan-bulanan dari serangan cerdas Ronaldo di laga dini hari tadi. 


2. 2. Pembuktian Isco

Isco mencoba hentikan Alex Sandro.

Isco membuktikan dirinya bahwa ia mampu menjadi pemain yang turut diperhitungkan oleh lawan Real Madrid. Terlebih lagi usai dirinya berhasil mencetak hattrick kala membela Timnas Spanyol beberapa waktu lalu.

Sempat pula dikabarkan dirinya mengeluh pada Madrid karena tak diturunkan dalam skuat utama kala berhadapan dengan Las  Palmas. Namun ternyata Zidane punya alasan tersendiri bagi Isco terkait hal tersebut.

Dengan istirahatnya Isco dalam laga melawan Las Palmas, Isco rupanya mampu tampil gemilang saat membantai Juventus. Ia mungkin tak merasa dicintai di Santiago Bernabeu, namun ia tahu bagaimana membuat para penggemar Los Blancos terpana kagum.


3. 3. Dybala yang Mengecewakan

Pemain megabintang Juventus, Paulo Dybala saat mendapat kartu merah.

Paulo Dybala mungkin menjadi salah satu bintang Juventus yang memperoleh perhatian besar dari berbagai pihak sebagai salah satu pahlawan di klub hitam putih tersebut. 

Pemain yang sempat dianggap sebagai 'The Next Messi' itu memang tak tampil buruk dalam laga kemarin. Namun penampilan yang diberikannya tak begitu mengigit.

Ia menjadi parodi buruk dari Lionel Messi dan usai semua tekanan yang diberikan oleh Real Madrid dalam laga tersebut, Dybala tak memberikan perlawanan yang begitu berarti untuk membawa Juventus meraih kemenangan.


4. 4. Buffon Nampak Tua

Gianlugi Buffon, kiper Juventus.

Kiper Timnas Italia itu benar-benar nampak begitu tua dalam laga melawan Real Madrid. Terlebih lagi ketika dirinya dihadapkan pada sosok Cristiano Ronaldo yang ajaib itu. 

Buffon bahkan dibuat tak berkutik kala Ronaldo berhasil membuka gol perdana di laga tersebut. Lalu dua gol selanjutnya, semakin membuat Buffon nampak bagai kiper uzur yang membutuhkan waktu rehat.


5. 5. Jangan Berjudi, Allegri!

Massimiliano Allegri

Allegri harus menelan kekalahan telak timnya di tangan Real Madrid, menjadi bukti kegagalan dari perjudian strateginya. Dalam laga tersebut, Allegri sendiri mengeluarkan taktik yang tak biasa bagi Juventus.

Pasalnya, Allegri memasangkan formasi 4-4-2, dengan posisi Alex Sandro dan Douglas Costa sebagai sayap skuat mereka. Berharap Real Madrid juga mengeluarkan taktik serupa, Allegri justru salah besar.

Real Madrid turun dengan taktik 4-3-1-2 yang memiliki formasi berlian. Tentu saja hal tersebut memberikan kekuatan ekstra bagi Real Madrid untuk mengulang kemenangan kembali atas Juventus seperti partai final Liga Champions 2016/17 lalu. 

Real MadridCristiano RonaldoLiga ChampionsJuventusGianluigi BuffonMassimiliano AllegriIscoPaulo Dybala

Berita Terkini