x

Alasan Persija Dilarang Gunakan Pakansari Jadi Home Base

Kamis, 5 April 2018 15:19 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Lanjar Wiratri
Selebrasi Marko Simic dan rekannya atas gol kedua. Herry Ibrahim

Langkah Persija Jakarta untuk mendapat izin menggunakan Stadion Pakansari sebagai home base mereka masih cukup sulit. Terlebih Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor masih enggan memberikan izin kepada tim berjuluk Macan Kemayoran ini.

Baca Juga

Setidaknya ada beberapa pertimbangan Pemkab Bogor untuk memberikan lampu hijau kepada tim besutan Stefano Cugurra Teco.


1. Alasan Persija Dilarang Pakai Pakansari

Stadion Pakansari Cibinong - Bogor

Ada beberapa alasan yang membuat Pemkab Bogor memberikan beberapa syarat bagi Persija jika ingin menggunakan Stadion Pakansari sebagai markas mereka. Kepala Bidang Sarana dan Prasarana (Kabidsarpras) Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Bogor, Rudy Achadiat menegaskan jika venue stadion yang ada di kawasan Jawa Barat harus steril dari aktivitas apa pun kecuali test event Asian Games.

 "Pertama, hasil kesepakatan, dalam berita acara kesepakatan, selama renovasi untuk Asian Games, lapangan (stadion) yang ada di Jawa Barat, tidak boleh digunakan. Kecuali test event Asian Games," ucap Rudy.


2. Stadion Pakansari Padat Agenda

Selebrasi Marko Simic dan rekannya atas gol pertama Persija. Herry Ibrahim

Selain itu Rudy menjabarkan bahwa padatnya agenda yang akan berlangsung di Stadion Pakansari menjadi alasan lain sulitnya memberikan izin kepada Persija. Tak hanya itu, Rudy juga mengatakan bahwa dua tim lokal Bogor juga akan menggunakan Stadion Pakansari sebagai homebase.

"Kita juga ada PORDA (Pekan Olahraga Daerah) di Oktober 2018. Setelah itu, infonya ada Piala Asia U-19 pada Oktober. November ada Peparda (Pekan Paralympic Daerah). Terus keempat, Persikabo dan Bogor FC ingin berkandang di Pakansari. Alasannya itu," tegas dia.

"Satu poin lagi, rawan terjadinya kerusuhan. Kita menunggu dari Kementerian PU dan INASGOC," tutupnya.


3. Izin Persija Gunakan Pakansari Sudah Ditolak dua Kali

Selebrasi para pemain Persija Jakarta atas gol kedua yang dicetak Marko Simic. Herry Ibrahim

Bahkan Pemkab Bogor setidaknya sudah menolak permohonan Persija sebanyak dua kali untuk menggunakan Stadion Pakansari. Setidaknya hal ini dilontarkan oleh Kepala Bidang Sarana dan Prasarana (Kabidsarpras) Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Bogor, Rudy Achadiat.

"Untuk Persija sudah dua kali berkirim surat. Pertama Januari 2018, kita tolak ya. Kemudian di Februari mengajukan lagi, kita tolak lagi. Nah yang ketiga mengajukan lagi nih," ucap Rudy. Namun Rudy menegaskan bahwa izin penggunaan Stadion Pakansari tidak hanya izin dari Pemerintah daerah Kabupaten Bogor semata.

Sebab status Stadion Pakansari yang juga menjadi venue Asian Games 2018 menjadi wewenang Kementerian Pekerjaan Umun (Kemen PU) dan INASGOC selaku panitia Asian Games 2018.
 

Persija JakartaStadion PakansariLiga IndonesiaLiga 1

Berita Terkini