x

Genap 18 Tahun, Wonderkid Ini Dibandrol Rp1,75 Triliun

Jumat, 6 April 2018 03:46 WIB
Penulis: Fery Andriawan | Editor: Juni Adi
Ferran Torres.

Setelah adanya ‘Neymar Effect’, inflasi harga para pesepakbola menjadi gila-gilaan. Statistik rata-rata setiap pertandingan tidak lagi menjadi acuan sebuah harga pemain. Akan tetapi, popularitas dan daya jual mereka, baik di dalam maupun di luar lapangan adalah syarat utama.

Baca Juga

Saat ini, klub-klub besar Eropa harus mau merogoh kocek mencapai puluhan juta euro hanya untuk mendapatkan pemain biasa yang kualitasnya bahkan belum tentu bagus.  Terbukti, ketika Barcelona membeli Ousmane Dembele.

Pemain asal Prancis itu masih kesulitan mencapai penampilan terbaiknya padahal ia diboyong dengan harga mencapai 135 juta euro atau sekitar 2,3 triliun rupiah. Baru-baru ini, langkah besar juga diambil oleh klub asal Spanyol yang memberikan klausul besar untuk ‘bocah ingusan’ yang umurnya bahkan belum genap 18 tahun.


1. Perkenalkan, Ferran Torres

Ferran Torres

Ferran Torres Garcia adalah nama lengkap dari pesepakbola yang tengah menjadi perbincangan di Spanyol. Betapa tidak, pemain yang baru berusia 18 tahun di bulan Februari lalu ini mendapatkan kontrak professional pertamanya bersama dengan Valencia.

Los Che, julukan Valencia, tidak hanya sekedar memberikan kontrak tetapi juga harga besar bagi klub manapun yang mau menebusnya, yakni sebesar 100 juta euro atau sekitar 1,75 triliun rupiah. Dengan predikat itu, ia adalah pesepakbola kelahiran 2000-an pertama yang memiliki klausul termahal.


2. Penampilan yang Biasa Saja

Pemain muda Valencia Mestalla, Ferran Torres.

Ferran Torres memang menjadi aset yang berharga di Spanyol. Keputusan Valencia untuk memberikan klausul besar terjadi karena wonderkidnya tersebut diincar oleh Real Madrid dan Liverpool. Lantas, bagaimana penampilannya di lapangan?

Torres merupakan pemain yang hanya bisa bermain di satu posisi, yakni sayap kanan. Musim ini, ia telah bermain tujuh kali dengan tim utama Valencia dengan mencetak satu assist. Dengan penampilan yang tidak terlalu ‘wah’ mengapa banyak klub yang menginginkan jasanya?


3. Bakat Luar Biasa

Pemain muda Valencia Mestalla, Ferran Torres.

Penampilan Ferran Torres memang belum maksimal dan cenderung biasa saja. Namun, kenapa Valencia takut kehilangan jasanya? Belajar dari pengalaman masa lalu, klub berlambang kelelawar itu terbiasa menjual talenta hebatnya dengan harga yang normal. Kali ini, mereka tidak mau membuat kesalahan yang sama.

Tercatat, ada beberapa nama talenta hebat yang pernah ia jual dengan harga murah, seperti Isco Alarcon, Jordi Alba, David Silva, David Villa. Di musim lalu saja, mereka menjual Paco Alcacer dan Andre Gomes dengan harga yang tidak mahal, yakni 60 juta euro.

Bursa TransferLaLiga SpanyolValencia

Berita Terkini