x

3 Laga Panas Klub Indonesia Menghadapi Malaysia di Piala AFC

Senin, 9 April 2018 15:21 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Abdurrahman Ranala
Logo Piala AFC.

Tengah pekan ini, Persija akan menjamu juara Piala AFC 2015 asal Malaysia, Johor Darul Takzim (JDT) dalam pertandingan ke-5 Grup H Piala AFC 2018, Selasa, (10/04/18).

Buat Persija, laga ini merupakan laga wajib menang. Selain karena bermain di kandang sendiri dan sangat menentukan untuk memastikan diri lolos ke babak berikutnya, pertandingan ini juga menjadi kesempatan Macan Kemayoran untuk membalas kekalahan atas JDT di pertandingan sebelumnya yang berlangsung di Malaysia.

Baca Juga

Menghadapi wakil dari Malaysia, gengsi tinggi jelas akan tersaji di laga ini. Mengingat hubungan antara sepakbola Indonesia dengan Malaysia baik di level negara atau klub sering berlangsung dalam tensi yang tinggi.

Dalam beberapa tahun kebelakang misalnya, sering terjadi pertarungan sengit antara klub dari dua negara serumpun itu di pertandingan fase grup Piala AFC. Dan beberapa diantaranya menyajikan laga dengan tensi tinggi yang sulit untuk dilupakan para penikmat sepakbola kedua klub dan negara.

Untuk mengingatkan, sekaligus menyambut laga Persija vs JDT, berikut INDOSPORT merangkum beberapa laga yang paling panas antara klub Indonesia dengan Malaysia di Piala  AFC.


1. PSMS Medan 3-1 Johor FC

Elie Aiboy kala berseragam Timnas Indonesia.

Sejarah pertemuan antara klub Indonesia menghadapi Malaysia di Piala AFC berawal pada 17 Maret 2009, saat itu tersaji laga antara klub asal Medan PSMS dengan Johor FC (klub yang kini berganti nama menjadi Johor Darul Takzim).

Dalam laga yang berlangsung di Stadion Gelora Sriwijaya Palembang itu, wakil Malaysia berhasil unggul terlebih dahulu lewat gol Azuwad Arip di menit ke-21. Namun di babak kedua Ayam Kinantan berhasil membalikkan keadaan lewat tiga gol yang mereka cetak.

Elie Aiboy menjadi sosok kunci kemenangan PSMS kala itu. Pemain kelahiran Jayapura itu berhasil mencetak dua gol, sementara satu gol lagi dicetak playmaker asal Brasil Leonardo Zada.

Keperkasaan PSMS atas Johor dalam Piala AFC tahun itu bukan hanya terjadi di pertandingan tersebut, namun juga ketika bertandang ke Negeri Jiran. Di kandang Johor, Ayam Kinantan juga berhasil menekuk lawannya itu dengan kemenangan satu gol tanpa balas.


2. Kelantan 3-0 Arema

Mohammed Ghaddar

Jika sebelumnya wakil Indonesia berhasil memenangkan dua laga fase grup saat berhadapan dengan klub Malaysia, di Piala AFC 2012 giliran wakil Negeri Jiran yang menunjukkan kualitasnya.

Adalah Kelantan FA yang kala itu berhasil menaklukan klub asal malang, Arema. Di pertemuan pertama, 4 April 2012, Kelantan menang dengan skor 3-0 di kandang mereka sendiri. Sementara di pertandingan yang berlangsung di Malang, Arema kembali harus menyerah dengan skor 1-3 untuk Kelantan.

Kemenangan back to back Kelantan kali itu tidak lepas dari penampilan gemilang penyerangnya asal Lebanon, Mohammed Ghaddar. Mencetak hattrick di laga pertama, Ghaddar juga mencetak dua gol kala Kelantan menang di Malang.


3. Arema 1-0 Selangor

Gustavo Lopez

Dipermalukan wakil malaysia di Piala AFC 2012, Arema Malang yang kembali bermain di ajang yang sama pada tahun 2014 langsung membalas tuntas kepada klub Malaysia lainnya, Selangor FA.

Bertanding di partai kelima fase grup, Arema yang bertindak sebagai tuan rumah berhasil meraih kemenagan 1-0 pada 16 April 2014. Kemenangan itu menjadi sangat penting bagi Arema karena menjadi penentu mereka lolos ke fase gugur Piala AFC 2014, buat Selangor, kekalahan tersebut membuat mereka harus angkat koper sejak dini.

Skor 1-0 itu dipastikan lewat titik putih oleh Gustavo Lopez setelah pemain Selangor dengan sengaja menghentikan bola dengan tangan tepat di garis gawang.

Lewat titik putih tersebut, Gustavo yang juga pernah bermain di Liga Malaysia, dengan mudah mengecoh penjaga gawang ke arah yang berlawanan dan memastikan satu-satunya gol kemenangan Arema kala itu.

Sayangnya di fase 16 besar, Arema akhirnya harus kalah menghadapi klub asal Hongkong Kitchee SC.

Persija JakartaPSMS MedanAremaPiala AFCSelangor FABola InternasionalJohor Darul Ta'zimKelantan FA

Berita Terkini