x

9 Orang Jadi Top Skor Liga 1 2018, 3 di Antaranya Pesepakbola Indonesia

Selasa, 10 April 2018 16:25 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung

Sebanyak 18 klub peserta Gojek Liga 1 2018 telah melakoni laga lanjutan pekan ketiga selama empat hari lalu.

Sembilan pertandingan itu sendiri berlangsung sejak Jumat (06/04/18) hingga Senin (09/04/18) kemarin.

Dari pertandingan itu, sebanyak tujuh klub berhasil meraih kemenangan dan berhak mendapat tambahan tiga poin.

Ketujuh klub itu adalah PSMS Medan, Persela Lamongan, Persipura Jayapura, Madura United, Barito Putera, Persib Bandung, dan Borneo FC.

Bila ditotal secara keseluruhan, selama perhelatan pekan ketiga Liga 1 2018, sudah tercipta 26 gol. Melihat catatan tersebut, kira-kira siapa sosok yang menjadi top skorer Liga 1 2018 hingga pekan ketiga?

Baca Juga

1. Dominasi Pemain Asing

Ezechiel NDouassel sudah mencetak dua gol di Liga 1 2018.

Hingga pekan ketiga Liga 1 2018, tidak pemain yang bisa dikatakan mencetak gol paling banyak. Pasalnya, ada 10 orang yang kini berstatus top skorer karena sama-sama mengemas dua gol.

Kesembilan pemain itu antara lain Douglas Packer (Barito Putera), Nikola Komazec (Bhayangkara FC), Lerby Eliandry (Borneo FC), Bayu Gatra (Madura United FC), Fernando Rodriguez (Mitra Kukar).

Selanjutnya juga ada nama Shohei Matsunaga (Persela Lamongan), Ezechiel N'Douassel (Persib Bandung), Marko Simic (Persija Jakarta,) dan Suhandi (PSMS Medan).

Dari nama-nama yang telah disebutkan di atas, terlihat bahwa koleksi gol terbanyak masih didominasi pemain asing. Hanya Lerby, Bayu dan Suhandi saja yang asli pesepakbola Indonesia.


2. Dominasi Sektor Assists

Ismed Sofyan, kapten Persija Jakarta.

Berbeda dari sektor pencetak gol yang didominasi pemain asing, untuk catatan jumlah assists terbanya, pesepakbola Indonesia lebih punya catatan mentereng.

Hingga pekan ketiga Liga 1 2018, tercatat sudah ada enam orang yang masing-masing sudah mengemas 2 assists.

Mereka adalah Gavin Kwan (Barito Putera), Ambrizal Umanailo (Borneo FC), Dedei Hartono (Mitra Kukar), Diego Assis (Persela Lamongan), Ismed Sofyan (Persija Jakarta), dan Abdul Aziz (PSMS Medan).

Dari daftar itu, hanya Diego saja yang bukanlah pesepakbola Indonesia, lantaran dirinya masih berstatus warga negara Brasil.


3. Persipura Berjaya

Para pemain Persipura Jayapura melakukan doa bersama sebelum pertandingan.

Meski tidak ada nama pemainnya di daftar pengoleksi gol atau assist terbanyak, Persipura Jayapura tetap bisa berbangga diri.

Bukan tanpa sebab, lantaran tim berjuluk Mutiara Hitam itu menjadi salah satu tim yang hingga kini belum pernah menderita kekalahan.

Hasilnya, mereka kini bertengger di posisi puncak klasemen sementara Liga 1 2018 dengan koleksi 7 poin, menggeser PSM Makassar yang sempat menempatinya selama dua pekan.

Perolehan poin Persipura memang sama dengan Borneo FC, hanya saja mereka diunggulkan dari sektor selisih gol.

Persib BandungPersija JakartaPersipura JayapuraBorneo FCLiga IndonesiaLerby EliandryLiga 1Ezechiel N'DouasselMarko Simic

Berita Terkini