x

5 Pemain Berdarah Ambon yang Pernah Tampil di Piala Dunia

Rabu, 11 April 2018 06:46 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Trofi Piala Dunia.

Daerah Ambon di Maluku memang sejak lama sudah dikenal sebagai daerah penghasil bibit-bibit sepakbola berkualitas di Tanah Air.

Banyak pemain klub nasional hingga berlabel Timnas yang merupakan keturunan dari Ibu Kota Provinsi Maluku tersebut. Mulai dari nama Imran Nahumaruri, Ramdani Lestaluhu, Alfin Tuasalamony, sampai yang terbaru ada nama Rezaldi Hehanusa.

Namun di antara nama tersebut, ternyata ada beberapa pemain berdarah Maluku yang juga bisa menembus kancah internasional. Bukan bersama Timnas Indonesia di level Asia, namun beberapa pemain tersebut mampu tampil di kompetisi terbesar sepakbola, Piala Dunia.

Siapa saja mereka, berikut INDOSPORT merangkumnya.

Baca Juga

1. Giovanni van Bronckhorst

Giovanni van Bronchorst (kanan).

Giovanni van Bronchorst bisa dibilang sebagai pesepakbola keturunan Ambon yang paling sukses di kancah sepakbola internasional.

Bermain bersama Timnas Belanda, pria yang memiliki darah Ambon dari garis keturunan Ibunya yang bermarga Sapulete itu dipercaya menjadi kapten dalam gelaran Piala Dunia 2010 silam.

Saat itu, mantan pemain Barcelona tersebut mampu membawa De Oranje melaju hingga ke partai final sebelum akhirnya dikalahkan Spanyol.

Bahkan dalam gelaran tersebut, pria yang kini menukangi klub Liga Belanda Feyenoord Rotterdam itu adalah sosok yang menjadi kunci Belanda bisa melaju ke final.

Saat itu, Gio - sapaan akrabnya - berhasil melesatkan sebuah gol spektakuler dari jarak jauh ke gawang Uruguay pada partai semifinal dan membuat Belanda unggul 3-2.

Perihal garis keturunan Ambon yang melekat padanya, Gio juga secara terang-terangan mengakuinya. Bahkan dirinya sempat mengunjungi Indonesia dan juga memiliki keinginan membangun sekolah sepakbola di tanah leluhurnya, Ambon, Maluku.

"Akan sangat menyenangkan bisa balik ke Maluku untuk membangun sepakbola di sana," ungkapnya saat berkunjung ke Indonesia 2011 silam.


2. Nigel de Jong

Nigel de Jong.

Pada Piala Dunia 2010, di Timnas Belanda bukan hanya ada nama Giovanni van Bronchorst yang memiliki darah Ambon.
Ada juga nama Nigel De Jong, gelandang bertahan yang menjadi pilihan utama timnas Belanda di Piala Dunia 2010 itu.

Sama seperti Gio, De Jong juga memiliki garis keturunan Ambon dari sang ibu. Bahkan ayah De Jong juga berasal dari Suriname, negara yang banyak terdapat penduduk keturunan Indonesia.

De Jong sendiri bisa memiliki kewarganegaraan Belanda lantaran dirinya lahir di Amsterdam, 30 November 1984. Belanda Belanda sendiri merupakan negara yang menganut sistem kewarganegaraan Asas Ius Soli (Law of The Soli), atau sistem kewarganegaraan yang berdasarkan tempat kelahiran


3. Izaak Pattiwael

Skuat Hindia Belanda tampil di Piala Dunia 1938.

Jika sebelumnya ada dua nama pemain keturunan Ambon yang bermain di Piala Dunia dengan panji Timnas Belanda. Jauh sebelumnya sudah ada pesepakbola berdarah Ambon yang sudah pernah merasakan Piala Dunia.

Dia Adalah Izaak Pattiwael. Pria yang memiliki sapaan akrap Tjaak itu merupakan salah satu pemain yang memperkuat Timnas Hindia Belanda (cikal bakal Indonesia) dalam Piala Dunia 1938 di Prancis.

Tjaak menjadi bagian Timnas yang diakui FIFA sebagai negara Asia pertama di piala Dunia itu lantaran dirinya tampil gemilang bersama klubnya VV Jong Ambon Batavia.


4. Hans Taihitu

Timnas Hindia Belanda saat Piala Dunia 1938 silam.

Sama seperti Izaak Pattiwael, Hans Taihitu juga merupakan pemain berdarah Ambon yang memperkuat Timnas Hindia Belanda di Piala Dunia 1938. 

Pemain yang memiliki posisi sebagai penyerang itu juga memperkuat VV Jong Ambon Batavia.

Bersama Timnas Hindia Belanda, Hans tercatat memiliki caps dua pertandingan. Yaitu ketika dikalahkan 6-0 oleh Hongaria di Piala Dunia 1938, juga saat dikalahkan Belanda 2-6 pada tahun yang sama.


5. Frans G. Hu Kon

Tim Nasional Hindia Belanda di Piala Dunia 1938.

Selain dua nama diatas ada satu lagi pemain berdarah Ambon yang menjadi bagian Timnas Hindia Belanda di Piala Dunia 1938, yaitu Frans Hukom.

Berbeda dengan dua kompatriotnya yang memperkuat VV Jong Ambon, pemain kelahiran tahun 1917 itu memperkuat klub asala Bandung, Sparta Bandung.

Frans berposisi sebagai pemain belakang. Dirinya juga ikut tampil saat Hindia Belanda dilumat Hongaria 6-0. Termasuk juga dalam laga uji coba menghadapi Timnas belanda sesudahnya, dan menghadapi klub lokal Belanda, HBS Deen Haag, dan HFC Harleem dalam persiapan jelang Piala Dunia 1938.

BelandaPiala DuniaNigel de JongGiovanni van BronckhorstBola Internasional

Berita Terkini