x

Terungkap! Ini Dia Rahasia Makanan Para Pemain Liga Primer Inggris

Rabu, 11 April 2018 05:09 WIB
Penulis: Fery Andriawan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Makanan pesepakbola.

Menjadi seorang atlet sepakbola tidaklah mudah sebab banyak sekali pakem yang harus dipahami, termasuk juga makanan yang boleh dikonsumsi oleh mereka. Kepala nutrisi Arsenal, James Collins pernah mengungkapkan hal tersebut lewat Telegraph.

Baca Juga

Menurutnya, seorang pesepakbola harus bisa mengatur pola makan mereka sendiri. Hal-hal apa saja yang boleh dikonsumsi dalam jumlah besar. Hal itupun berlaku ke minuman apa saja yang mereka biasa masukkan ke dalam tubuh. Biasanya, pemain akan memakan bubur quinoa sebelum pertandingan dan sashimi setelah laga berakhir.


1. Tak Hanya Makan Ayam

Olahan Makanan.

“Makan siang dan makan malam seorang pesepakbola seharusnya mendapatkan asupan yang seimbang, yakni protein dan karbohidrat. Kami (tim ahli gizi) akan menawarkan pilihan protein, seperti daging putih plus sayur-sayuran, daging sapi, salmon ataupun ikan kembung,” kata James Collins.

Lebih lanjut, ia juga menambahkan jika tidak melulu memberikan nasi sebagai sumber karbohidrat. Hal tersebut dilakukan agar para pemain tidak merasa bosan dengan asupan yang sama. Oleh karena itu, mereka juga biasa menyisipkan bayam dan farro (makanan khas Italia).


2. Makan Pagi Paling Vital

Bubur Quinoa

“Sarapan pagi menjadi hal yang sangat penting sebab para pemain akan melalui hari yang berat, entah itu pertandingan atau hanya sekedar berlatih. Bubur Quinoa tetap menjadi favorit karena mempunyai kandungan protein yang cukup besar plus mangan, fosfor yang bagus untuk tulang,” tambah James.

Selain itu, pada sarapan pagi, seorang pesepakbola biasanya akan mengkonsumsi telur yang diolah sedemikian rupa dengan roti.


3. Jangan Lupa Snack!

Pancake.

“Biasanya, seorang pesepakbola sangat kesulitan untuk mencukupi kebutuhan proteinnya. Mereka juga membutuhkan karbohidrat tambahan dikarenakan diet. Hal tersebut biasanya akan berpengaruh terhadap pemulihan energi mereka yang berkurang padahal intensitas latihan semakin bertambah,” sambung James.

Karena alasan-alasan di atas, seorang atlet akan membutuhkan tambahan yang biasa didapatkan melalui snack atau makanan ringan, seperti panekuk yang tidak mengandung banyak gula.


4. Minuman yang Dikonsumsi

Minuman di Lapangan

“Pemain membutuhkan minuman yang mana mengandung karbohidrat untuk mengisi ulang tenaga dan elektrolit dalam tubuh yang hilang karena dehidrasi. Saya biasanya melakukan tes terhadap setiap pemain untuk mengetahui minuman apa yang cocok untuk dikonsumsi,” lanjut James.

Selain melakukan tes terhadap pemain, pemilihan minuman yang cocok juga bisa tergantung dari temperatur atau suhu cuaca dimana pertandingan tengah berlangsung.

ArsenalLiga Primer InggrisBerita Transfer

Berita Terkini