x

Jak Angel Syar'i, Setia Mendukung Persija Tapi Tetap Taqwa

Sabtu, 14 April 2018 19:48 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Juni Adi
Jak Angel, Febri Alyati saat menyaksikan laga Persija Jakarta. (ilustrasi)

Pendukung Persija tentu sudah tidak asing dengan Jak Angel yang notabene sebutan khusus untuk penggemar wanita. Namun jika dihadapan dengan sebutan Jak Angel Syar'i tentu saja banyak yang bertanya seperti apa sosok mereka. Pada umumnya Jak Angel Syar'i sama halnya dengan penggemar wanita lainnya. 

Baca Juga

1. Menjaga Sikap

Logo The Jakmania syar'i.

Mereka datang ke stadion untuk mendukung dan melihat idolanya bertanding secara langsung, hanya saja mereka punya beberapa batasan karena sudah memilih hijrah atau berhijab.

"Sebenarnya sama saja dengan Jak Angel lainnya, tapi kita hanya karena sudah memutuskan berhijab. Jadi ketika di stadion agak menahan diri tidak yang jingkrak-jingkrak atau lompat-lompatan seperti penonton pada umumnya. Kita merayakannya seperti biasa, artinya sedikit membatasi diri," ujar salah satu anggota yang enggan disebutkan namanya.


2. Sudah Berjalan Setahun

Salah seorang Jak Angel berjilbab tersenyum saat mengantri masuk stadion.

Jak Angel Syar'i saat ini sudah beranggotakan 21 orang yang tersebar dari berbagai daerah bahkan ada di luar negeri. Mereka sepakat untuk bersama membentuk wadah atau perkumpulan ini semenjak setahun yang lalu. 

Menariknya lagi, salah satu anggota bahkan berasal dari Kuningan, Jawa Barat yang notabene basis pendukung rival Persija yakni Persib Bandung.


3. Latar Belakang Anggota

Alufi Zakiyah, Jak Angel Bekasi (ilustrasi).

Dari 21 anggota tersebut, mereka berasal dari beragam latar belakang mulai dari karyawan hingga ibu rumah tangga. Mereka mengatakan sepakat membentuk Jak Angel Syar'i tapi tetap menjalani hobi mereka di sepakbola dan mencintai Persija Jakarta layaknya Jakmania pada umumnya.

"Kita sekarang ada 21 orang, banyak ada yang karyawan bahkan ada yang ibu rumah tangga. Kita berasal dari beberapa daerah, dan ada yang di Singapura. Bahkan ini, ada yang datang langsung dari Kuningan, Jawa Barat buat nonton hari ini," tutupnya.

Persija JakartaThe JakmaniaLiga IndonesiaSports Fans

Berita Terkini