x

Kemenangan Besar Persija Atas JDT Jadi Sorotan Bos Besar AFC, Ada Apa?

Sabtu, 14 April 2018 10:33 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Isman Fadil

Laga Persija Jakarta dalam menjamu klub asal Malaysia Johor Darul Ta'zim dalam laga lanjutan fase grup H Piala AFC 2018 masih terus mendapatkan sorotan positif. Tak hanya dari dalam, namun juga luar negeri. 

Hal tersebut tak lepas dari kemenangan besar yang berhasil diraih oleh Persija di kandang mereka Stadion Utama Gelora Bung Karno, lewat gol quattrick yang dihasilkan oleh bintang legiun asing mereka, Marko Simic.

Tak hanya itu, Jakmania kembali memecahkan rekor di panggung sepakbola Asia terkait jumlah penonton laga yang begitu banyak. Pencapaian itu mendapatkan sorotan tersendiri dari Sekretaris Jendral AFC, Dato Windsor John.

Baca Juga

1. Selamat dan Terimakasih

Kiri-kanan: Edy Rahmayadi, Sekjen AFC Dato Windsor John dan Joko Driyono.

Dato Windsor John mengungkapkan kegembiraannya lewat ucapan selamat yang ditujukan Persija, terutama pada laga kandang yang telah mereka lalui pada Selasa (10/04/18) kemarin. 

Tak hanya itu, John sendiri turut mengucapkan terimakasih kepada semua klub yang turut berpartisipasi dalam ajang turnamen tersebut dalam usaha untuk meningkatkan kembali daya tarik dari AFC.

“Saya mengucapkan selamat kepada Persija Jakarta dan saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada semua klub dan Asosiasi Anggota kami atas komitmen mereka untuk meningkatkan Piala AFC,” katanya, dikutip dari unggahan Instagram resmi PSSI.


2. Jakmania Disorot Media Asing

Koreo The Jakmania di SUGBK.

Jakmania kembali mencuri sorotan media asing. Salah satu media asing ternama yang mengangkat suporter Indonesia adalah, Fox Sports Asia. Jurnalis Fox Sports Asia, John Duerden, yang melakukan perjalanan ke Indonesia mengaku terkesima dengan aksi para suporter di Tanah Air. 

Dia pun mencontohkan aksi suporter Bali United saat menghadapi PSMS Medan di pekan pertama Liga 1. John Duerden pun membayangkan seperti apa nantinya perayaan suporter jika Indonesia berhasil lolos ke Piala Dunia untuk pertama kalinya sejak tahun 1938.

"Anda harus bertanya-tanya apa yang akan terjadi di Indonesia jika tim nasional pernah berhasil mencapai Piala Dunia. Perayaan mungkin akan terlihat dari luar angkasa. Jutaan turis datang ke Indonesia tanpa pernah tahu bahwa mereka berada di tempat yang mencintai sepakbola," tulis John Duerden.


3. Rekor Jakmania

Para suporter Jakmania.

Pada Piala AFC tahun ini, Persija terus memecahkan rekor jumlah penonton terbanyak di Stadion Gelora Bung Karno (GBK). Pada laga Persija melawan Tampines Rovers ada sekitar 46.000 pasang mata yang menyaksikan langsung ke stadion.

Bahkan rekor itu pecah saat klub berjuluk Macan Kemayoran bertemu Johor Darul Takzim asal Malaysia yang disaksikan lebih dari 60.000 penonton di GBK pada Selasa kemarin.

Persija JakartaAFCBola InternasionalJohor Darul Ta'zimPiala AFC 2018

Berita Terkini