x

Aksi Koreo Jakmania Gegerkan Media Ternama Inggris

Minggu, 15 April 2018 09:21 WIB
Editor: Isman Fadil
Koreografi Jakmania sebelum laga dimulai.

Koregrafi ala Eropa dari suporter Persija Jakarta mengundang memang tak ada habisnya untuk dibahas. Berkat koreo tersebut, Persija pun bermain bak kesetanan melawan Johor Darul Takzim (JDT) dalam laga Grup H Piala AFC, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa (10/04/18).

Pemandangan koreo itu berasal dari salah satu sudut Stadion Gelora Bung Karno, tepatnya dari tribun utara. Saat kick off babak pertama dimulai, The Jakmania menyajikan sebuah koreografi megah yang mengundang decak kagum. 

Baca Juga

1. Now You See Me

The Jakmania penyandang disabilitas Ivo Syahdan.

Koreografi 3D yang menampilkan Macan (maskot dan julukan Persija) tersebut diberi nama "Now You See Me". Selain Macan berukuran besar, disekelilingnya tampak percikan api. 

Koreo 3D tersebut menggambarkan bahwa Persija telah menunjukkan kekuatan mereka yang sesungguhnya. Apalagi Persija sudah lama tertidur di kancah Asia. 


2. Disorot Media Inggris

Jakmania tidak pernah berhenti memberi semangat Persija Jakarta saat melawan Tampines Rovers.

Rupanya aksi Jakmania itu mendapat sorotan dari salah satu media ternama Inggris, Copa90. Dalam akun resmi Facebook-nya, Copa90 menyebut aksi koreografi 3D Jakmania itu dianggap aksi 'gila' koreo suporter pekan ini.

"TIFO (Suporter) gila dari Jakarta akhir pekan lalu," tulis Copa90.

Copa90 merupakan media digital yang mengkhususkan pada bahasan seputar sepakbola. Spesifiknya, mereka membahas kultur sepakbola di dalam dan luar lapangan. Saat ini Copa90 memiliki lebih dari 1,5 juta pelanggan saluran Youtube dan sekitar 3 juta likes di Facebook.


3. Di Balik Layar

Jakmania dan fans JDT, Boys Of Straits

Koreografi megah nan indah tersebut, tak mudah untuk dilakukan. Proses persiapan dilakukan cukup lama dan melibatkan banyak tenaga. Dan yang menjadi sorotan dalam menyiapkan koreo itu adalah Curva Nord Persija. Dan proses persiapan sampai eksekusi koreo 3D tersebut diunggah melalui akun @cn.persija.


4. Disetujui AFC

AFC

Koreografi dan alat musik bagi suporter sepakbola memang diperbolehkan. Menurut aturan AFC, koreografi dan alat musik dipusatkan di tribun belakang gawang, seperti yang dilakukan oleh The Jakmania. Hal itu juga diamini oleh Panpel Persija Arief Perdana Kusuma. 

"Ya antusias Jakmania cukup besar. Mereka besok ada koreo dimana nantinya ada gambar macan. Bisa dipastikan sudah diizinkan oleh AFC lah," ujarnya singkat.

Persija JakartaAFCThe JakmaniaAFC CupBola InternasionalPiala AFC 2018

Berita Terkini