x

Dari Boyolali Hingga Papua, 5 Kota Ini Bakal Punya Stadion Baru Bertaraf Eropa

Kamis, 19 April 2018 13:03 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
Dari Boyolali hingga Papua Bakal Punya Stadion Baru Bertaraf Eropa.

Indonesia merupakan salah satu negara berkembang yang sedang melakukan berbagai pembangunan, terutama dalam olahraga dalam bentuk stadion yang bertaraf Internasional atau Eropa.

Meski tidak banyak, beberapa daerah besar di Indonesia sudah ada yang memiliki stadion bertaraf Eropa. Seperti Gelora Bung Karno (GBK) di Jakarta, Gelora Bung Tomo (GBT) di Surabaya, Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) di Bandung, Stadion Jakabaring di Palembang, Stadion Palaran di Samarinda dan Stadion Aji Imbut di Tenggarong.

Oleh karena itu, beberapa daerah di Indonesia tertarik untuk menghadirkan stadion bertaraf Eropa di wilayahnya masing-masing. Seperti 5 daerah di bawah ini yang rencananya akan memiliki stadion Eropa.

Baca Juga

1. Boyolali

Stadion Sonolayu-Boyolali.

Dalam hitungan tahun, sebuah kabupaten di Jawa Tengah, Boyolali akan memiliki sebuah stadion baru di kawasan Paras, Kecamatan Cepogo. Bahkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) mempersiapkan dana sebesar Rp35 miliar untuk pembangunan stadion itu.

Kapasitas stadion yang akan menjadi stadion kebanggaan warga Boyolali ini nantinya akan menampung sekitar 60 ribu penonton. Tidak perlu menunggu lama, menurut pengakuan manajer Persebi Boyolali, Kukuh Hadiatmo, stadion baru akan selesai dua tahun ke depan.

“Sampai dua tahun ke depan proses pembangunan direncanakan selesai. Anggaran sekitar Rp 35 miliar,” terang manajer Persebi Boyolali, Kukuh Hadiatmo kepada Jawa Pos Radar Solo (23/03/18).


2. Mimika

Stadion Mimika, Papua

Saat perhelatan Pekan Olahraga Nasional XX pada tahun 2020 mendatang, Mimika siap membangun stadion bertaraf Eropa sebagai dukungan mereka untuk PON.

Stadion yang diberi nama Mimika Sport Complex (MSC) pun disebut hampir siap digunakan untuk ajang olahraga nasional 2 tahun ke depan. Dana yang dihabiskan pemerintah untuk pembangunan stadion ini mencapai 33 juta dolar AS yang didanai oleh PT Freeport Indonesia.

"Jadi kita ingin memajukan masyarakat Papua, terutama yang ada di sekitar tambang, tapi secara umum untuk seluruh Papua. Agar masyarakat kita bisa berkompetisi dengan masyarakat di luar sana," ucap Vice President Corporate Communication PT Freeport, Riza Pratama.


3. Tangerang

Stadion Benteng Taruna milik Persita Tangerang sudah memasuki tahap akhir pembangunan.

Pemerintah Kabupaten Tangerang juga ikut membangun stadion bertaraf internasional yang dikonfirmasi akan beroperasi Desember 2018 mendatang. Stadion yang nantinya akan mampu menampung sebanyak 30 ribu orang ini dibangun dengan dana APBD sebesar Rp100 miliar.

"Desember 2018 sudah bisa full operasi," ucap Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar, (10/03/17) tahun lalu. 

Menurut Ahmed Zaki, pembangunan stadion beserta fasilitas pelengkap saat ini sedang dalam proses pembangunan sesuai dengan jadwal. Penyelesaian stadion ini akan dilakukan secepatnya, dengan tujuan untuk Pekan Olahraga Provinsi Banten pada November mendatang.


4. Luwu Timur

Stadion di Luwu Timur

Salah satu kabupaten di provinsi Sulawesi Selatan, Luwu Timur juga akan mendapatkan stadion bertaraf Eropa dari pemerintah kabupaten mereka untuk program pengembangan sepakbola.

Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Barchri Syam memiliki rencana ke depannya agar setiap kecamanan di Luwu Timur memiliki lapangan sepakbola yang layak dipakai, seperti salah satunya adalah Lapangan Karelai.

"Lapangan ini telah didesain sedemikian rupa, lebih modern dan sesuai standar internasional. Dan saya harap, setiap kecamatan di Luwu Timur punya lapangan seperti Karelai ini," ucap Irwan, dilansir dari palopos.fajar.co.id (25/10/17).

Pembangunan Lapangan Karelai ini dikerjakan dengan memakai kontraktor swasta dengan besaran kontrak hampir Rp900 juta dari APBD 2017.


5. Jakarta

Kondisi Pembangunan Stadion BMW

Ibu kota Indonesia, Jakarta juga akan memiliki stadion baru yang menurut Pemprov akan diperuntukkan markas baru Persija Jakarta. Stadion anyar Persija ini nantinya disebut-sebut bakal mirip dengan markas klub raksasa Manchester United, yakni Old Trafford.

"Kami tetap memiliki keyakinan bahwa sertifikat sudah dimiliki oleh Pemprov. Sudah diantar oleh Pak Jokowi sendiri. Jadi Presiden sendiri yang menyerahkan kepada kami,” ujar Sandiaga Uno di Balai Kota beberapa waktu lalu.

Stadion BMWPapuaDKI JakartaLiga IndonesiaStadion Tangerang

Berita Terkini