x

Mengenang Starting XI La Masia Terbaik yang 'Didepak' Barcelona

Kamis, 19 April 2018 16:45 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
La Masia.

Akademi Barcelona atau biasa dikenal La Masia merupakan sebuah sekolah khusus yang dimiliki oleh La Blaugrana. Sebab Barcelona kerap kali mengorbitkan pemain didikannya sendiri ke skuat utama.

Lihat saja nama-nama yang sukses menembus tim inti Barcelona, seperti Gerard Pique, Carles Puyol, Xavi Hernandez, Victor Valdes, Andres Iniesta, hingga Lionel Messi.

Baca Juga

1. Valverde Tak Pakai La Masia

Ernesto Valverde.

Namun untuk pertama kalinya sejak 16 tahun terakhir, Barcelona yang dibesut oleh Ernesto Valverde membuat keputusan yang keliru. Sebab dirinya tak memasukkan satu nama pemain lulusan akademi La Masia di susunan pemain inti kala melawan Celta Vigo (18/04/18) dini hari.

Atas hal tersebut pelatih Ernesto Valverde mendapat sebuah kritikan dari berbagai pihak. Sebab dirinya telah melanggar tradisi yang telah dibangun sejak dulu kala.


2. La Masia Pernah Satu Starting XI

Xavi Hernandez kala diberi instruksi oleh Tito Vilanova.

Pada 6 April 2002 lalu, Barcelona pernah menurunkan 11 pemain asli La Masia. Kala itu Barcelona melawan Sevilla di final Copa del Rey. Bahkan Luis Enrique dan Rivaldo masih bermain bersama.

Berikut starting XI Pemain Asli Pertama Barcelona: Bonano, Reiziger, Christanval, Abelardo, Coco, Rochemback, Cocu, Luis Enrique, Rivaldo, Overmars, Saviola.

Selain itu pada era kepelatihan Tito Vilanova, Barcelona juga mengulang kembali kenangan 2002 lalu. Sebab Tito menurunkan 11 pemain asli didikan La Masia.

Berikut susunan pemainnya: Valdes, Montoya, Pique, Puyol, Jordi Alba, Xavi, Busquets, Fabregas, Pedro, Messi, Iniesta.


3. Pemain La Masia yang 'Dibuang'

Ilustrasi akhir masa jayanya akademi La Masia.

Meskipun begitu, banyaknya jebolan La Masia yang bermain bagus di Barcelona, juga menarik perhatian banyak klub besar lainnya untuk memboyongnya keluar dari Camp Nou. Tercatat, terdapat 19 pemain jebolan La Masia yang sempat masuk dalam skuat senior Barcelona, namun kini telah bermain di klub lain.

Mereka adalah Pepe Reina (Napoli), Olier (Levante), dan Masip (Valladolid) untuk posisi kiper. Sedangkan untuk bek ada Bellerin (Arsenal), Marc Bartra (Real Betis), Grimalo (Benfica), Fontas (Celta Vigo), Sergi Gomez (Celta Vigo), hingga Muniesa (Girona).

Untuk lini tengah sendiri ada Cristian Tello (Real Betis), Deulofeu (Watford), Cesc Fabregas (Chelsea), Thiago (Bayern Munchen), dan Rafinha (Inter Milan).

Dan di pos penyerang ada nama Nolito (Sevilla), Sanabria (Real Betis), Pedro (Chelsea), Munir (Alaves), hingga Adama (Middelsbrough).


4. Starting XI La Masia 'Buangan' Barcelona

La Masia.

Jika dilihat dari nama-nama diatas, tentunya bisa diambil menjadi 11 susunan pemain terbaik 'buangan' Barcelona. Sehingga hal itu menjadi sebuah kritikan tersendiri untuk manajemen klub terhadap para jebolan akademi miliknya sendiri, mengingat selama ini Barcelona selalu menyindir sang rival, Real Madrid, yang jarang memainkan pemain akademinya.

Starting XI pemain La Masia yang 'dibuang' Barcelona.
SpanyolBarcelonaLaLiga SpanyolLa MasiaLiga SpanyolBola Internasional

Berita Terkini