x

Selain Arema, Berikut 3 Klub Liga 1 yang Disanksi Komdis PSSI

Jumat, 20 April 2018 14:24 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Logo PSSI.

Seperti diketahui, Arema FC telah menerima sanksi berat akibat ulah suporternya saat laga melawan Persib Bandung, Minggu (15/04/18) lalu di Stadion Kanjuruhan. Manajemen Singo Edan diharuskan membayar denda senilai Rp300 juta.

Perinciannya adalah Rp250 juta terkait tingkah laku buruk penonton yang melakukan pelemparan botol dan sepatu ke area lapangan yang mengakibatkan pelatih Persib Bandung terluka. Selain itu Komdis PSSI juga menyoroti soal aksi menyalakan flare dan masuk ke area lapangan yang dilakukan Aremania.

Sedangkan Rp50 juta lainnya berasal dari panitia pelaksana pertandingan Arema FC yang dinilai gagal memberikan rasa aman dan nyaman untuk kedua tim serta perangkat pertandingan.

Buntutnya, Arema FC juga disanksi untuk menutup sebagian stadion pada bagian timur selama 2 (dua) pertandingan kandang. 

Baca Juga

1. Hukuman Bhayangkara

Skuat Bhayangkara FC.

Namun, rupanya bukan hanya Arema FC yang menerima sanksi akibat ulah di pekan keempat Liga 1. Masih ada tiga klub lain yang dinilai gagal menjaga suasana kondusif saat pertandingan yakni Bhayangkara FC, Persebaya Surabaya dan PS Tira.

Bhayangkara FC didenda Rp50 juta akibat protes berlebihan. Komdis PSSI menilai manager Bhayangkara FC, Sumardji dan pelatih Simon McMenemy melanggar azas fair play dan melakukan tindakan tidak sportif seperti menendang botol dan memainkan bola (mengulur waktu) saat melawan Perseru Serui, Sabtu (14/04/18) lalu. 


2. Hukuman PS TIRA

Selebrasi pemain PS TIRA.

Sementara itu, PS TIRA diwajibkan membayar Rp20 juta setelah panitia pertandingan klub tersebut gagal memberikan rasa aman dan nyaman.

Saat itu didapati suporter Persebaya Surabaya memasuki area field of play pada Jumat (13/04/18) lalu di Stadion Sultan Agung, Bantul. 


3. Hukuman Persebaya

Skuat Persebaya saat menjalani latihan.

Seperti halnya PS TIRA, Persebaya juga mendapat sanksi yang sama karena dinilai gagal menjaga pendukungnya yang memaksa masuk ke area lapangan saat bertamu ke kandang PS TIRA sehingga didenda Rp20 juta.

Sebagai informasi, semua keputusan di atas diambil berdasarkan laporan pertandingan yang masuk dan disidang pada Rabu, 18 April 2018 lalu.

Persebaya SurabayaPSSIKomisi Disiplin PSSILiga IndonesiaBhayangkara FCArema FCLiga 1PS TIRA

Berita Terkini