x

Perang Urat Syaraf, 3 Psywar Panas yang Pernah Dilempar Kubu Persija Jelang Bentrok Lawan Persib

Rabu, 25 April 2018 16:58 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
Persija Jakarta vs Persib Bandung.

Persija kini tengah di atas angin berkat penampilan mentereng mereka baik di Liga 1 2018 maupun di ajang Piala AFC 2018. Tim Ibu Kota kini masih bercokol di peringkat dua klasemen sementara Liga 1 dengan torehan `10 poin usai di laga pekan ke-5 sukses mengandaskan PSIS Semarang dengan skor telak 4-1.

Tak sampai di situ, kegemilangan Marko Simic dkk juga berlanjut di Piala AFC. Tim besutan Stefano Cugurra Teco berhasil mengunci satu tempat di babak knock out usai mengalahkan Tampines Rovers dengan skor meyakinkan, 4-2.

Baca Juga

Di sisi lain, Persib juga tampil konsisten dan terhitung belum terkalahkan setidaknya dalam tiga laga terakhir. Pelan tapi pasti, Maung Bandung yang di awal Liga 1 sempat tampil kurang meyakinkan mulai merangkak naik ke klasemen atas.

Dua tim musuh bebuyutan tersebut, yakni Persija dan Persib akan saling berhadapan di pekan ke-6. Laga sarat gengsi dan kental persaingan ketat mengingat dua klub tersebut dikenal dengan rivalitas suporter yang luar biasa.

Sebelum pertandingan, perang urat syaraf alias psywar pun bertebaran antar dua kubu. Sepanjang pertandingan Persija dan persib dari tahun ke tahun perang urat syaraf nyatanya sering dilemparkan oleh kubu Persija. Berikut INDOSPORT merangkum tiga psywar di laga Persija vs Persib dari tahun ke tahun.


1. Andritany Lempar Psywar

Kiper Persija, Andritany.

Di Liga 1 musim lalu, kubu Persija juga pernah melemparkan psywar jelang melawan Persib. Jelang pertandingan pada Novermber tahun lalu itu, kiper Persija, Andritany Ardhiyasa pun memberikan psywar.

Pria berusia 25 tahun tersebut menyatakan bahwa dirinya merasa optimistis bisa memperoleh hasil maksimal saat bersua dengan Maung Bandung. Mengutip Tribun News (03/11/17), Andritany turut mengusung misi untuk mendapatkan kemenangan dan meraup poin penuh dari Persib.

 "Saya pribadi optimistis dengan pertandingan akan mendapatkan hasil yang maksimal," ungkapnya.

Kala itu, Persija yang bermain sebagai tuan rumah memang harus bermain di laga kandang rasa tandang di Stadion Manahan, Solo.

"Kami seperti main di kandang sendiri. Ini kandang kami, jadi tidak ada alasan untuk tidak menang di pertandingan nanti," ucap Andritany.


2. Teco Lempar Psywar

Pelatih Persija, Stefano Cugurra Teco, mengawasi timnya berlatih.

Sama dengan Andritany, pelatih Persija, Stefano Cugurra Teco, juga menebar perang urat syaraf alias psywar jelang laga Persija kontra Persib musim lalu di Stadion Manahan. Kala itu, Teco sempat menyinggung soal skuat bintang Persib yang masih diperkuat eks Chelsea, Michael Essien, namun berbanding terbalik dengan peringkat klasemen mereka.

Maung Bandung memang terdampar nyaris di papan bawah klasemen di Liga 1 musim lalu. Hal itu lah yang membuat pelatih Brasil itu yakin Persija mampu mengalahkan Persib kala itu. Namun sayangnya hal tersebut tak terwujud karena di akhir laga Persija hanya bermain imbang 1-1 melawan Persib.

"Kita tidak punya pemain asing seperti Persib, kita tidak mempunyai pemain naturalisasi seperti Maitimo, tapi saya selalu bilang kepada tim kita harus kerja keras," tutupnya.


3. Gede Widiade Tebar Psywar

Direktur Utama Persija, Gede Widiade.

Perang urat syaraf pun sudah mulai dilakukan jelang laga panas Persija vs Persib, Sabtu (28/04/18) akhir pekan ini. Baru-baru ini, komentar panas dilontarkan oleh Direktur Utama Persija Jakarta, Gede Widiade.

"Lawan siapa saja Persija happy (senang). Apalagi lawan 'BOTOL' kosong. Ya tambah happy," kata Gede di akun Instagram-nya.

Pengusaha asal Surabaya itu kesal karena banyak komentar yang disinyalir datang dari suporter Persib di akun Instagram-nya. Mereka menganggap Tim Macan Kemayoran takut menghadapi Persib karena pemainnya dipanggil Timnas Indonesia.

Seperti diketahui, dua pemain Persija, Rezaldi Hehanusa dan Andritany Ardhiyasa dipanggil ke Timnas Indonesia sebagai persiapan untuk mengikuti ajang PSSI Anniversary Cup yang diadakan pada 27 April sampai 3 Mei 2018. 

Jadwal pertandingan tersebut bentrok dengan laga Persija melawan Persib Bandung. Untuk itu, Gede ingin berkomunikasi dengan PSSI agar Andritany dan Rezaldi bisa membela Persija melawan Persib.

 

Persib BandungPersija JakartaLiga IndonesiaLiga 1

Berita Terkini