x

4 Eks Pemain Timnas yang Terdampar di Klub Antah-berantah

Kamis, 26 April 2018 15:25 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni

Meski minim gelar juara di berbagai kompetisi internasional, Timnas Indonesia dari masa ke masa selalu menelurkan legenda-legenda sepakbola yang pantas dikenang oleh para pecinta sepakbola nasional.

Biasanya, para pemain yang pantas disebut legenda sepakbola nasional dikarenakan mereka merupakan pemain yang pernah memikat hati para pendukung, entah itu karena pencapaiannya bersama Timnas atau memang jumlah penampilannya.

Langsung saja, di bawah ini, INDOSPORT telah merangkum sebanyak 4 pemain yang melegenda di sepakbola Indonesia, yang masih aktif bermain hingga saat ini namun di klub antah-berantah.

Baca Juga

1. Saktiawan Sinaga

Saktiawan Sinaga dengan jersey Timnas Indonesia

Saktiawan Sinaga merupakan salah satu striker veteran yang namanya paling diingat oleh para pecinta PSMS Medan. Namun tidak seperti kebanyakan legenda lain, Sakti lebih mentereng di level klub ketimbang di Timnas Indonesia.

Pemain yang saat ini membela Persiwa Wamena untuk Liga 2 2018, pernah menjadi bagian dari skuat PSMS Medan dari tahun 2004 hingga 2008.

Di tahun yang sama saat baru membela PSMS, Sakti juga mulai dipanggil Timnas senior. Pada tahun 2007 silam, Sakti bahkan juga bermain untuk Indonesia di ajang Piala AFF 2007.


2. Gerald Pangkali

Gerald Rudolph Pangkali (Pusamania)

Gerald Pangkali merupakan salah satu legenda sepakbola yang berasal dari Tanah Papua. Dia menjadi bintang nasional saat dirinya membela Persija Jakarta dan Persipura Jayapura, khususnya pada 2007/08, dia pernah menjadi juara Liga Indonesia bersama Persija.

Selang setahun, Pangkali kembali bermain untuk Persipura Jayapura dan mampu menyumbang gelar juara untuk klub kebanggaan masyarakat Papua itu. Tidak hanya pada 2009 saja, Pangkali juga kembali merasakan gelar Liga Indonesia bersama Persipura di tahun 2011.

Sudah lama tidak terdengar, Gerald Pangkali saat ini bermain untuk Tim Porda Toraja Utara yang lolos ke babak semifinal turnamen sepakbola Djuli Mambaya (DJM) Cup 2018 yang berlangsung di Kecamatan Bone-bone, Luwu Utara, Sulawesi Selatan.


3. Oktavianus Maniani

Oktovianus Maniani saat jalani pemusatan latihan di Lembang bersama Perserang.

Pemain yang akrab disapa Okto ini baru saja menginjak usia 28 tahun pada tahun 2018 ini. Namun, secara mengejutkan dirinya memutuskan untuk membela klub Liga 2, Perserang Serang.

Okto pernah menjadi bintang Timnas Indonesia di Piala AFF 2010, bahkan saat itu dirinya disebut-sebut akan segera berlaga di Eropa. Alih-alih Eropa, dia malah bergabung dengan klub yang ada di ujung pulau Jawa, yaitu Perserang Serang.


4. Firman Utina

Eks gelandang Timnas, Firman Utina

Mantan playmaker Timnas Indonesia ini baru-baru ini membuat para pecinta sepakbola nasional cukup terkejut dengan keputusannya gabung Kalteng Putra FC yang berlaga di Liga 2 2018.

Firman Utina sendiri merupakan salah satu pemain senior yang paling sering merasakan gelar juara di Liga Indonesia. Bersama Arema Malang, dia pernah menjuarai Copa Indonesia, kemudian ISL 2012 bersama Sriwijaya FC, ISL 2014 untuk Persib Bandung dan Liga 1 2017 untuk Bhayangkara FC.

Firman UtinaOktovianus ManianiTimnas IndonesiaSaktiawan SinagaLiga Indonesia

Berita Terkini