x

Jelang Liga Champions, Roma Kerahkan Ribuan Polisi

Selasa, 1 Mei 2018 16:48 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Arum Kusuma Dewi
AS Roma vs Liverpool.

Roma akan mengerahkan ribuan petugas polisi dan menetapkan larangan alkohol sepenuhnya di antara langkah-langkah keamanan yang ketat menjelang pertandingan Liga Champions.

Baca Juga

Menurut laporan dari The Sun, pejabat kota Roma menerapkan langkah keamanan tersebut untuk menghindari masalah lebih lanjut menjelang pertandingan leg kedua Roma dengan Liverpool, Kamis (03/05/18).

Pendukung The Reds, Sean Cox, 53, masih dalam kondisi kritis setelah menjadi korban penyerangan oleh fans Roma yang berkunjung sebeum leg pertama semifinal di Anfield pekan lalu.

Dan, dengan kedua belah pihak akan bertemu kembali besok Kamis, Roma telah meningkatkan keamanan untuk memastikan mereka memiliki kesempatan yang lebih baik untuk mencegah masalah yang muncul.


1. Mengerahkan 2 Ribu Polisi

Kepolisian kota Roma.

Media Corriere dello Sport melaporkan sebagaimana dilansir dari The Sun, sebanyak 2 ribu petugas polisi akan dikerahkan di sekitar kota pada hari pertandingan.

Selanjutnya, pejabat Roma akan menetapkan larangan membawa dan minum minuman beralkohol seluruhnya, serta tindakan keras secara massal dan peredaran tiket palsu.

Suporter Liverpool juga telah diberitahu untuk bertemu di Piazza delle Canestre, yang berjarak sekitar empat mil dari stadion.


2. Ingin Malam yang Damai

Bentrok Suporter Liverpool dengan AS Roma.

Direktur olahraga Roma Monchi memohon untuk malam pertandingan yang damai, “Ada banyak pembicaraan tentang kekerasan, jadi mari tunjukkan kepada semua orang bahwa penggemar Roma tidak melakukan kekerasan,” kata Monchi dilansir dari The Sun.

“Ini adalah waktu untuk bersatu. Mengalahkan Liverpool akan lebih sulit daripada mengalahkan Barcelona.”

Mengacu pada penggemar The Reds yang terluka, Monchi menambahkan: "Saya orang yang sangat Katolik dan berdoa untuknya dan keluarganya."

Fans Inggris telah menjadi target di ibu kota Italia sebelumnya dengan Middlesbrough (2006, tiga ditikam), Manchester United (2007, lima ditikam), Arsenal (2009, satu ditikam) dan Spurs (2013, sembilan cedera). Giliran fans Chelsea juga ikut diserang musim ini.


3. Meminimalkan Masalah

Mohamed Salah saat melakukan selebrasi.

Roma telah mengonfirmasi bahwa mereka bekerja sama dengan polisi lokal dan Inggris serta pejabat UEFA dalam upaya untuk meminimalkan masalah.

Namun, ada beberapa masalah yang harus dihadapi karena ada acara besar lainnya yang berlangsung di kota antara tanggal 1 dan 2 Mei berdekatan dengan pertandingan panas nanti.

Pada hari Selasa, ada festival musik tahunan Primo Maggio, yang berlangsung di ujung lain kota di San Giovanni Square pada tanggal 1 Mei.

Sementara itu, pemimpin tertinggi Katolik Roma, Paus Fransiskus sedang melakukan kunjungan ke Sanctuary of Our Lady Divine Love di ibu kota Italia.

LiverpoolLiga ChampionsAS Roma

Berita Terkini