x

Lawan Indonesia, 4 Rekor Mencengangkan Tersimpan di Balik Timnas Uzbekistan

Kamis, 3 Mei 2018 16:19 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Isman Fadil
Uzbekistan U-23

Timnas Uzbekistan U-23 akan segera melakoni laga selanjutnya di Anniversary Cup 2018 melawan timnas Indonesia U-23 di Stadion Pakansari, Bogor pada Kamis (03/05/18) ini. Lawan Indonesia kali ini terbilang yang cukup berat karena Uzbekistan sendiri membuktikan kekuatannya lewat raihan mereka di dua laga sebelumnya saat melawan Korea Utara dan juga Bahrain.

Hasil imbang berhasil didapatkan oleh Uzbekistan saat Korea Utara dalam laga pembuka Anniversary Cup 2018 dengan skor akhir 2-2. Begitu pula saat melawan Bahrain, Uzbekistan berhasil meraih skor 3-3.

Baca Juga

Kini Uzbekistan sendiri bercokol di posisi kedua klasemen sementara Anniversary Cup 2018, tertinggal dua poin dari Bahrain. Kini mereka berhasil mengumpulkan dua poin dari laga-laga yang telah mereka lalui. Ada sejumlah hal yang membuat timnas Uzbekiztan menjadi skuat berbahaya bagi lawan-lawan mereka, salah satunya Indonesia. Mereka memiliki sejumlah raihan rekor mencengangkan kala berlaga, bahkan di tingkat Asia.

Berikut INDOSPORT berhasil merangkum 4 rekor mencengangkan yang dimiliki oleh Timnas Uzbekistan U-23 hingga mampu menjadi skuat berbahaya bagi setiap lawan yang mereka hadapi:


1. 1. Juara Piala AFC U-23 2018

Pemain Bahrain (bawah) mencoba menghalangi pergerakan pemain Uzbekistan, Nurulloev Sukhrob. Herry Ibrahim

Timnas U-23 Uzbekistan berhasil merebut gelar juara Piala AFC U-23 2018. Mereka merebut gelar tersebut dari tangan Timnas Vietnam dalam gelaran fnal yang dihelat di Guangzhou, China. 

Rustamjon Ashurmatov menjadi pemain yang pertama kali membawa Uzbekistan unggul atas Vietnam di laga tersebut. Gol dramatis berhasil bergaung di menit tambahan ke-120 lewat sepakan striker andalan mereka, Andrey Sidorov. 

Kemenangan tersebut berhasil diraih oleh Uzbekistan meski mereka bertanding di atas lapangan sepakbola yang tertutup oleh salju, karena kala itu, China tengah mengalami musim dingin. 


2. 2. Kalahkan Negara Raksasa Asia

Selebrsi pemain Uzbekistan.

Sebelum meraih kemenangan atas Vietnam di babak final Piala AFC U-23 tahun ini, Uzbekistan secara perkasa membuktikan pada dunia sepakbola Asia, bahwa kekuatan mereka mampu patut diwaspadai lawan-lawan mereka. 

Dikomando oleh penyabet gelar pemain terbaik di Piala AFC U-23 2018 Odiljon Xamrobekov, Uzbekistan melibas negara langganan Piala Dunia. Salah satunya Jepang dengan skor 4-0 di babak perempat final turnamen tahunan tingkat Asia tersebut.

Usai berhasil mempermalukan Jepang, Uzbekistan sendiri juga ikut mempermalukan skuat U-23 Korea Selatan di babak semifinal. Negara yang terkenal dengan K-pop tersebut hanya mampu melahirkan satu gol usai ditekuk Uzbekistan 4-1.


3. 3. Bangkitnya Raksasa Sepakbola Asia

Selebrasi para pemain Uzbekistan usai mencetak gol ke gawang Bahrain. Herry Ibrahim

Dengan kemenangan Uzbekistan atas gelar juara Piala AFC U-23 2018 ini, tentu saja hasil yang diraih oleh skuat asuhan Racshan Khaydarov membuat banyak orang mulai berpikir ulang soal kemajuan sepakbola negara mereka. 

Meski kesuksesan yang diraih oleh Uzbekistan dalam laga tersebut tak berpengaruh pada posisi ranking mereka di daftar FIFA, namun hasil tersebut cukup untuk menjadi tanda kebangkitan negara tertua di kawasan Asia Tengah tersebut.

Timnas Uzbekistan U-23 membuktikan diri bahwa mereka akan menjadi pewaris skuat senior dari negara mereka yang berpotensial untuk berkembang dan meraih hasil yang lebih baik lagi di kancah dunia.


4. 4. Proses Lahirnya Pemain Potensial

Pemain Uzbekistan, Kenjabaev Islom (kiri) memcoba melewati pemain Korut, Kim Nam II. Herry Ibrahim/INDOSPORT.

Skuat yang dimiliki oleh Uzbekistan di kelas U-23 memang dihuni oleh pemain-pemain dengan bakat yang bisa dibilang gemilang. Mereka semua memiliki catatan panjang dalam dunia sepakbola timnas di negara mereka. 

Banyak pemain kunci yang dimiliki oleh skuat U-23 berasal dari mereka yang turut meraih gelar juara di Piala AFC U-16 pada 2012 lalu. Dua pemain yang mendapatkan perhatian pada turnamen enam tahun lalu adalah Dostonbek Khamdamov dan bek andalan mereka, Akramjon Komilov.

Timnas IndonesiaBola InternasionalUzbekistan U-16Anniversary Cup 2018

Berita Terkini