x

Melaju ke Final, Klopp Setara dengan 3 Manajer Legendaris Liverpool

Kamis, 3 Mei 2018 05:20 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo

Meski harus bertekuk lutut dari tuan rumah AS Roma dnegan skor 2-4 di leg kedua Liga Champions 2017/18, Liverpool bisa bernapas lega karena dipastikan tetap akan melaju ke partai final.

Kepastian tersebut lantaran tim asuhan Jurgen Klopp tersebut tetap unggul dengan agregat skor 7-6 atas Srigala Ibu Kota.
Buat Klopp sendiri, keberhasilnnya bersama klub asal Merseyside tersebut membuat namanya kini sejajar dengan nama-nama manajer yang pernah membawa kesuksesan bagi Liverpool di kompetisi Benua Biru tersebut.

Baca Juga

1. 3 Manajer Legendaris The Reds

Fagan, Benitez, Paisley

Keberhasilan Klopp tersebut adalah dirinya kini menjadi satu dari empat nama manajer yang pernah membawa Liverpool melaju hingga ke partai final Liga Champions Eropa. Terakhir ada nama manajer asal Spanyol, Rafael Benitez yang dua kali membawa The Anfield Gank ke final pada tahun 2005 dan 2007.

Jauh sebelumnya, ada dua nama manajer legendaris Joe Fagan yang membawa Liverpool masuk ke final 1984 dan juga setahun setelahnya pada 1985.

Satu lagi adalah Bob Paisley yang merupakan manajer Liverpool tersukses di daratan Eropa. Manajer yang namanya masih sering di elu-elukan publik The Kop tersebut, tiga kali membawa The Reds melaju hingga babak final, yaitu tahun 1977, 1978 dan 1981.


2. Selalu Juara

Bob Paisley.

Dari tiga nama manajer sebelum Jurgen Klopp yang berhasil membawa Liverpool melaju ke partai puncak, semuanya berhasil membawa The Reds menjadi juara. Minimal dalam satu kesempatan.

Benitez misalnya, meski gagal pada final 2007, dirinya sukses mempersembahkan trofi si kuping besar secara dramatis pada final tahun 2005 di Istanbul.

Begitupula Joe Fagan, gagal di final keduanya tahun 1985, manajer asli Liverpool itu sukses mempersembahkan juara di final pertamanya tahun 1984.

Lebih hebat lagi seorang Bob Paisley, dari tiga laga pamungkas yang di mainkannya, tak sekalipun kegagalan dirasakan kubu The Reds. Semuanya berkahir manis dengan gelar klub terbaik seantero benua biru.


3. Final Kedua Klopp

Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp.

Buat Klopp, pertandingan final di Kiev 27 Mei 2018 nanti merupakan kesempatan pertamanya memimpin Liverpool di Final Liga Champions. Jika mengikuti apa yang ditorehkan Benitez, juga Fagan, maka peluang Klopp untuk mengangkat trofi juara jelas terbuka lebar.

Namun jika merujuk karier kepelatihan Klopp, nanti merupakan final keduanya bersama sebuah klub di Liga Champions.
Pada musim 2012/13 dirinya pernah sukses membawa klubnya kala itu Borussia Dortmund melaju hingga final sebelum di taklukan Bayern Munchen dengan skor 1-2.

Namun yang pasti, sepakbola bukan permainan yang bisa dipastikan secara matematis. Berbagai catatan masa lalu jelas tak akan ada artinya, jika Klopp memang gagal menyiapkan permainan terbaiknya bersama Liverpool, dan tampil gemilang meladeni skuat bertabur bintang calon lawannya, Real Madrid nanti.

LiverpoolLiga ChampionsJurgen KloppRafael BenitezBola Internasional

Berita Terkini