x

Kiper Timnas Filipina Bawa Klubnya Promosi ke Liga Primer Inggris

Senin, 7 Mei 2018 14:00 WIB
Editor: Isman Fadil

Cardiff City berhasil menyusul Wolverhampton Wanderes yang terlebih dahulu promosi ke kasta tertinggi Liga Primer Inggris. Meski di pertandingan terakhir berakhir imbang skor 0-0 atas Reading di Cardiff City Stadium, Minggu (06/05/18). Kepastian Cardiff untuk promosi sendiri diperoleh ketika pesaing terdekatnya, Fulham, justru takluk dari Birmingham City.

Cardiff mengakhiri musim dengan 90 poin, unggul dua poin dari Fulham namun tertinggal sembilan poin dari tim juara Wolverhampton Wanderers.

Baca Juga

1. Diperkuat Pemain Timnas Filipina

Neil Etheridge.

Menariknya salah satu pemain yang berperan lolosnya klub berjuluk The Bluebirds ke Liga Primer Inggris adalah kiper Timnas Filipina, Neil Etheridge.

Mantan kiper Fulham itu tampil sebanyak 43 pertandingan dengan catatan kebobolan 17 kali nirbobol dan 37 gol kemasukan.

Etheridge sendiri kini berpotensi mencetak sejarah dengan menjadi pemain Asia Tenggara pertama yang tampil di Liga Primer dan hal itu disambut antusias oleh kiper berusia 28 tahun tersebut.

“Tahun ini sudah berjalan fantastis,” kata Etheridge kepada wartawan. “Tim nasional saya lolos ke Piala Asia dan sekarang saya punya kesempatan untuk memperbaiki karier saya dan saya bersyukur untuk itu," kata Etheridge dinukil dari Wales Online.

“Saya sempat tidak punya klub selama lima bulan. Ini adalah industri yang sangat berat untuk terus diikuti," urainya.


2. Memulai Kariernya di Chelsea

Neil Etheridge.

Neil Etheridge memulai kariernya dari akademi Chelsea. Ia kemudian melanjutkan pendidikannya di lapangan hijau dengan bergabung ke Fulham U-18, berlanjut ke Fulham U-23, dan lulus ke tim senior pada 2011. Namun karena dinilai belum cukup siap tampil di tim utama, ia dipinjamkan beberapa kali seperti ke Charlton Athletic, Bristol Rovers, dan Crewe Alexandra.


3. Mencuat di AFF 2010

Neil Etheridge saat menghadapi Timnas Indonesia.

Nama pemain yang pernah membela Timnas Inggris U-16 itu mencuat kala berlaga bersama Timnas Filipina di Piala AFF 2010 lalu. Kala itu penampilan apiknya mampu membuat Filipina sulit dibobol lawan. Tercatat, dia hanya kebobolan satu gol dari fase grup hingga partai semifinal.

Sayang, Timnas Filipina gagal melenggang ke final setelah disingkirkan Timnas Indonesia. Dari dua leg yang semuanya digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Filipina dua kali takluk dengan skor sama, 1-0. Gawang Neil juga dibobol oleh pemain yang sama, yaitu Cristian Gonzales.

Neil Etheridge juga berpeluang memperkuat Timnas Filipina di Piala AFF 2018. Apalagi Filipina juga satu grup dengan Indonesia, Singapura, dan Thailand di Piala AFF tahun ini.

Cardiff CityFilipinaPiala AFFLiga InggrisPiala AFF 2010Piala AFF 2018Neil Etheridge

Berita Terkini