x

Termasuk Bek Persija, 5 Pemain Ini Buat Gol Bunuh Diri di Piala AFC 2018

Rabu, 9 Mei 2018 16:51 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
Logo Piala AFC.

Sejak 22 Januari 2018 lalu, tengah bergulir kompetisi sepakbola kasta kedua klub-klub di benua Asia, yakni Piala AFC 2018.

Kompetisi tahunan ini sendiri diikuti sebanyak 44 klub dan hingga kini tercatat sudah menggelar sebanyak 121 pertandingan.

Nah, dari total 121 pertandingan itu sendiri, telah lahir sebanyak 370 gol-gol indah yang dicetak oleh pemain berbeda. Statistik itu menunjukkan bahwa dalam satu pertandingan Piala AFC 2018, berpeluang mencetak 3,06 gol.

Gol-gol tersebut tentu dirayakan dengan penuh rasa bahagia dan bangga bagi pemain yang mencetak, lantaran ia berhasil membobol gawang klub yang berbeda dari negaranya.

Namun, ada juga gol-gol yang disesalkan terjadi karena dicetak oleh seorang pemain ke gawangnya sendiri alias bunuh diri.

Di Piala AFC 2018 sendiri setidaknya ada lima kali kejadian gol bunuh diri. Salah satunya bahkan dilakukan oleh salah satu pemain klub Indonesia. Siapa saja mereka? Berikut INDOSPORT sajikan pembahasannya:


1. Guycmyrat Annageldyyew

Pemain istiklol dan Ahal bersiap memasuki lapangan pertandingan.

Dalam laga pembuka penyisihan Grup D Piala AFC 2018, wakil Tajikistan, FC Istiklol menjamu Ahal FC dari Turkmenistan. Keduanya berhadapan di Hisor Central Stadium pada 7 Maret 2018 lalu.

Bermain di hadapan publik sendiri, Istiklol nyatanya hanya bisa menang tipis 1-0. Gol kemenangan itu sendiri tidak dicetak oleh pemain mereka.

Ya, seorang pemain Ahal bernama Guycmyrat Annageldyyew berusaha untuk menyelamatkan gawang. Namun, apa daya bola mengenai kakinya dan masuk ke gawang sendiri.


2. Sun Sovannarith

Momen ketika Sun mencetak gol bunuh diri.

Kemenangan besar berhasil diraih wakil Filipina, Ceres-Negros saat menjalani partai perdananya di penyisihan Grup F Piala AFC 2018 pada Februari 2018 lalu.

Bagaimana tidak, mereka berhasil menang telak sembilan gol tanpa balas dari wakil Kamboja, Boeung Ket Angkor. Tiga pemain mereka berhasil dua kali mencatatkan namanya di papan skor.

Sebenarnya, pemain Boeung ada yang berhasil mencetak gol, yakni Sun Sovannarith. Sialnya, gol itu ia cetak ke gawangnya sendiri pada menit ke-58.


3. Yen Ting-yung

Situasi pertandingan Hang Yuen.

Perasaan malu harus dirasakan oleh pemain klub Taiwan, Hang Yuen bernama Yeng Ting-yung saat tampil di laga ketiga penyisihan Grup I Piala AFC 2018.

Bermain di Kim Il-sung Stadium pada 10 April 2018 lalu, Yen Ting harus membuat timnya tertinggal jauh dari sang tuan rumah, Hwaebul Sports Club.

Baca Juga

Di menit ke-50, saat timnya sudah tertinggal 2-0 di babak pertama, Yen Ting justru membuat kesalahan dengan mencetak gol ke gawang sendiri. Pertandingan itu sendiri pada akhirnya dimenangkan oleh Hwaebul dengan skor 6-1.


4. Huang Shih-yuan

Momen ketika Huang Shih mencetak gol ke gawang sendiri.

Hang Yuen bisa dikatakan menjadi salah satu klub di Piala AFC 2018, yang pemainnya paling sering melakukan gol bunuh diri.

Sebelumnya, ada nama Yen Ting yang mencetak gol ke gawangnya sendiri kala berhadapan dengan wakil Korea Utara, Hwaebul.

Kejadian yang sama pun kembali terulang kala mereka menjamu Benfica de Macau pada 2 Mei 2018 lalu di Fu Jen Catholic University Stadium.

Di menit ke-25, ia melakukan kesalahan yang membuat bola sundulannya bukannya mengarah ke zona aman, melainkan justru masuk ke dalam gawang sendiri.


5. Maman Abdurahman

Maman Abdurrahman.

Satu-satunya wakil Indonesia yang tersisa di Piala AFC 2018, Persija Jakarta juga termasuk menjadi deretan klub yang pemainnya harus menanggung malu karena mencetak gol ke gawang sendiri.

Kejadian tersebut terjadi ketika Macan Kemayoran menghadapi Home United di Jalan Besar Stadium, Singapura pada Selasa (08/05/18) kemarin, yang dilakukan oleh Maman Abdurahman.

Parahnya, kejadian tersebut terjadi saat pertandingan baru berjalan dua menit. Sebenarnya, Maman berniat menghalangi agar bola keluar meninggalkan lapangan. Akan tetapi, secara tidak terduga bola justru mengarah tepat ke dalam gawang.

Persija JakartaAFCAFC CupPiala AFCMaman AbdurrahmanBola InternasionalPiala AFC 2018

Berita Terkini