x

Laga Juventus vs Milan Jadi Clean Sheet Buffon yang Ke-300

Jumat, 11 Mei 2018 10:30 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Arum Kusuma Dewi
Gianluigi Buffon, kiper Juventus.

Di usianya yang menginjak 40 tahun, kiper Juventus Gianluigi Buffon tidak menunjukkan penurunan performa. Malah ia mencapai rekor terbaru dengan mencatatkan clean sheet ke-300 selama ia berkarier dengan Nyonya Tua.

Baca Juga

Laga final Coppa Italia dimenangkan oleh Juventus dengan skor 4-0 saat melawan Milan, Kamis (10/05/18). Dua gol dari Medhi Benatia, Douglas Costa, dan gol bunuh diri dari Nikola Kalinic membawa Juve mengangkat trofi pada hari itu.

Kemenangan ini juga menjadi yang keempat secara berturut-turut untuk Juventus, namun juga menjadi tonggak pribadi bagi Buffon.


1. Clean Sheet 300

Gianluigi Buffon, kiper Juventus.

Tuttosport dilansir Football Italia melaporkan bahwa clean sheet pada laga kemenangan Coppa Italia itu adalah yang ke-300 Buffon untuk Juventus selama tampil sebanyak 655 kali.

Artinya, kiper veteran itu telah menjaga clean sheet di bawah 46 persen pertandingan untuk Juventus di semua kompetisi.


2. Catatan Buffon yang Lain

Gianluigi Buffon, kiper Juventus.

Selain rekor tersebut, Buffon juga sebelumnya sudah memegang catatan lain, seperti waktu terlama tanpa kebobolan gol Serie A dengan 974 menit, clean sheet Serie A Italia 10 kali berturut-turut, dan clean sheet terbaik di Serie A Italia dengan 21 di musim 2011/12 dan 2015/16.


3. Menghibur Kiper Milan

Gianluigi Donnarumma.

Usai kemenangan Juventus, Buffon masih sempat menghibur kiper AC Milan, Gianluigi Donnarumma, dengan menghampirinya untuk memberi dukungan. Kiper 19 tahun Milan itu diketahui melakukan kesalahan fatal dan berjalan lesu di akhir pertandingan.

Kepada Football Italia, Buffon mengatakan, “Anda [Donnarumma] masih memiliki 20 tahun ke depan.”

Ia ingin Donnarumma tidak menyesal dan terlalu meratapi kesalahannya hingga kebobolan empat kali dalam laga tersebut.

AC MilanJuventusGianluigi BuffonCoppa ItaliaGianluigi DonnarummaLiga Italia

Berita Terkini