x

Sempat Dikabarkan Batal, Walikota Milan: Rossoneri Masih Berusaha Membangun Stadion Baru

Jumat, 11 Mei 2018 08:36 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto

Walikota Milan, Giuseppe Sala, mengaku bawah klub AC Milan masih terus mencari area yang pas untuk pembangunan stadion baru.

"San Siro? Milan masih mencari area (untuk pembangunan), karena tak sepert inter, mereka ingin membangun stadion baru," ujar Sala seperti dikutip dari laman football-italia. 

Baca Juga

1. Berjanji Membantu

Giuseppe sala

Sala pun berjanji akan membantu Milan menemukan solusi dalam penentuan area pembangunan stadion. "Kami akan mencoba menemukan solusi sebelum liburan musim panas, jika memang tetap tak mungkin, kami akan menjelaskan bahwa (setidaknya) kami mencoba," 


2. Sudah Kuno

Stadion San Siro saat menggelar Liga Europa.

Sala pun tak lupa mengomentari mengenai kualitas Stadion San Siro yang dianggap sudah ketinggalan zaman. Ia menilai, stadion yang pertama kali diresmikan pada tahun 1926 itu sudah kalah dengan stadion internasional lainnya. Walau begitu, ia tetap memuji kharisma yang dimunculkan dari stadion berkapasitas lebih dari 80.000 penonton itu. 

"Itu akan menjadi hal yang memalukan, karena San Siro kalah level dengan stadion-stadion lain di kota-kota internasional lainnya. Walau San Siro memiliki bangunan yang berkarisma." ujar Sala. 

"Stadion bisa juga berguna untuk kota," tambah Sala.  


3. Inter Milan

Logo Inter Milan.

Sementara itu tim sekota Milan, Inter Milan, disebut oleh Sala tidak berniat membangun stadion baru. Namun, Nerazzurri menginginkan untuk membangun area berlatih yang baru di daerah hijau bernama  Piazza d’Armi.


4. Batal Membangun

Desain stadion baru AC Milan.

Seperti yang diketahui, San Siro merupakan rumah bagi rival abadi di Serie A, Milan dan Inter. Rossoneri memang lebih dulu menggunakan stadion tersebut sejak 1926. Sedangkan Inter mulai memainkan pertandingan di stadion tersebut sejak 1947.

AC Milan memang sudah cukup lama merencanakan untuk memiliki stadion sendiri. Hal itu terbukti ketika pihak klub telah melakukan pemetaan terkait lokasi yang akan dijadikan markas kebanggaan Milan yang baru. Dikutip dari ESPN, Milan pun akan membangun stadion baru di bekas kawasan perdagangan di Portello. Letaknya tidak jauh dari markas Milan saat ini, San Siro.

Pasalnya, calon stadion baru ini masih berada di wilayah Kota Milan. Putri eks Presiden AC Milan Silvio Berlusconi, Barbara, saat itu dikabarkan menjadi pimpinan proyek dalam pembangunan stadion baru tersebut. 

Jika dibandingkan dengan stadion legendaris San Siro, calon markas baru Milan ini memang memiliki kapasitas yang terbilang kecil. Terhitung, kapasitas stadion baru ini hanya mampu menampung 48.000 penonton. 

Kapasitas yang jauh lebih kecil dari San Siro tersebut dinilai tidak menurunkan kualitas calon stadion baru Rossoneri. Pasalnya, manajemen klub Milan tidak hanya memikirkan tentang kawasan sepakbola, melainkan tempat hiburan bagi wisatawan.

Namun, semua rencana itu pada akhirnya batal lantaran Milan masih kesulitan untuk mendapatkan hak penggunaan lahan. Selain itu, keluarga Berlusconi juga sudah tidak lagi menjadi pemilik AC Milan. 
 

AC MilanInter MilanStadion San SiroLiga Italia

Berita Terkini