x

3 Alasan Mengapa Persija Bisa Comeback Lawan Home United

Selasa, 15 Mei 2018 11:12 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Skuat Persija di AFC Cup

Persija Jakarta akan melakoni laga krusial saat menjamu Home United di babak semifinal zona ASEAN Piala AFC 2018, Selasa (15/05/18) di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Persija sangat membutuhkan kemenangan untuk dapat lolos ke babak berikutnya. Di leg pertama, Tim Macan Kemayoran mesti rela mengakui keunggulan tuan rumah 3-2.

Pada pertandingan leg pertama di Stadion Jalan Besar, Selasa (08/05/18), Persija tertinggal dua gol lebih dahulu melalui gol bunuh diri Maman Abdurrahman dan Song Ui-young. Persija pun langsung merespon dengan dua gol langsung melalui aksi Ramdani Lestaluhu. Sayang, penampilan buruk kiper Rivky Darmawan membuat Persija harus kebobolan lagi melalui tendangan Hafiz Nur. 

Walau kalah di leg pertama, sejatinya Persija sangat mungkin untuk melakukan comeback. Berikut ini tiga alasan mengapa Persija mampu comeback melawan Home United. 

Baca Juga

1. Tabungan 2 Gol Tandang

Para pemain Persija Jakarta merayakan gol usai Ramdani Lestaluhu mencetak gol ke gawang Home United.

Seperti layaknya pertandingan dua leg di Eropa, AFC Cup juga mengadopsi sistem gol tandang. Artinya, sebuah tim akan diuntungkan jika mampu mencetak banyak gol tandang. 

Di leg pertama, Persija berhasil mencetak dua gol. Tabungan dua gol ini sangat penting karena bisa menciptakan beberapa skenario yang menguntungkan Persija. 

Pertama, dengan dua gol ini, Persija hanya butuh hasil 1-0 untuk lolos melawan Home United. Walau memiliki agregat 3-3, Persija unggul gol tandang (2 gol) ketimbang Home United yang tak mampu mencetak gol di GBK. 

Kedua, seandainya Persija menang dengan selisih 2-1, Persija pun dinyatakan lolos walau agregat 4-4. Alasannya sama seperti di atas, Persija memiliki tabungan gol tandang lebih banyak dari Home United.

Tentunya skenario gol tandang ini berlaku asalkan Home United tak mencetak dua gol lebih di kandang Persija. 


2. Kembalinya 2 Pilar Utama

Rezaldi Hehanusa berlari untuk merayakan golnya ke gawang Tampines Rovers.

Kabar gembira datang jelang leg ke-2. Dua pemain kunci yang sebelumnya absen di leg pertama, yaitu Jaimerson da Silva dan Rezaldi Hehanusa, dikabarkan sudah siap merumput kembali memperkuat Tim Macan Kemayoran. 

Setidaknya, kehadiran dua pemain tersebut bisa mempertebal kekuatan skuat Persija yang saat ini sedikit timpang usai ditinggal kiper andalannya, Andritany. Dua kiper Persija lainnya, Rizky Darmawan dan Daryono, terbukti belum bisa meunjukan performa yang selevel dengan Andritany. Bahkan, salah satu gol milik Home United bersarang akibat kesalahan antisipasi Rizky. 


3. Stadion GBK dan Jakmania

Koreografi Jakmania sebelum laga dimulai.

Persija memiliki catatan manis di AFC Cup tiap berlaga di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Dari tiga laga kandang, Tim Macan Kemayoran selalu menang. Pertama ketika melawan Tampines Rovers yang berakhir dengan kemenangan telak 4-1. Kedua ketika melawan Song Lam Nghe Ahn yang berkesudahan 1-0. Terakhir, Persija membantai Johor Darul Ta'zim dengan skor 4-0. 

Tentunya, magis GBK sangat mungkin terulang di laga nanti. Jakmania sebagai sumber energi utama keangkeran GBK dipastikan siap memenuhi stadion terbesar di Indonesia tersebut. Bahkan, bukan mustahil Persija mampu menang besar melawan Home United.  

Persija JakartaAFC CupPiala AFCBola InternasionalHome UnitedPiala AFC 2018

Berita Terkini