x

Provinsi-provinsi Penyumbang Klub Terbanyak di Liga 1 2018

Kamis, 17 Mei 2018 14:31 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto

Tak diragukan lagi sepakbola merupakan olahraga yang paling digandrungi di Indonesia. Terdapat ribuan klub sepakbola mulai dari yang amatir hingga profesional. Jika menghitung yang mengikuti kompetisi profesional PSSI, maka ada 80 klub yang tercatat dengan rincian 18 klub di Liga 1, 24 klub di Liga 2, dan 38 klub di Liga 3. 

Khusus membicarakan Liga 1, Pulau Jawa menjadi pulau yang paling banyak menyumbang klub peserta. Tercatat, ada tujuh klub asli Pulau Jawa yang memiliki basis besar di masing-masing kota mereka bermarkas yang turut berpartisipasi di Liga 1. 

Lalu, provinsi mana sebenarnya yang paling banyak menyumbang klub untuk kompetisi Liga 1 edisi 2018 ini?

Baca Juga

1. Provinsi Jawa Timur

Logo Persebaya Surabaya vs Arema FC.

Jika bicara klub Liga 1, maka provinsi Jawa Timurlah yang menjadi juara. Di Jawa Timur terdapat empat klub yang turut berpartisipasi. Keempat klub itu adalah Arema FC (Malang), Persebaya (Surabaya), Persela (Lamongan), dan Madura United (Pulau Madura). 

Tiga dari empat klub tersebut adalah klub yang sudah berdiri cukup lama dengan basis suporter besar. Ketiganya adalah Persebaya Surabaya (1927), Persela Lamongan (1967), dan Arema FC (1987). Pertandingan antar ketiga tim seringkali disebut Derby Jawa Timur.


2. Provinsi Kalimantan Timur dan Papua

Logo Borneo FC

Provinsi Kalimantan Timur dan Papua menjadi provinsi kedua  yang paling banyak mengirimkan wakilnya di Liga 1 2018. Di Kalimantan Timur, tercatat terdapat dua klub yang berpartisipasi, yaitu Borneo FC dan Mitra Kukar. 

Kedua tim relatif baru. Meski begitu, khusus untuk Borneo FC, mereka memiliki basis suporter yang besar dan loyal karena dahulunya berasal dari 2 klub tua yang sebelumnya pernah terbentuk di Samarinda, yaitu Persisam samarinda dan Putra Samarinda. 

Sementara itu di Papua, terdapat dua klub tradisionil yaitu Persipura Jayapura dan Perseru Serui. Persipura sendiri merupakan tim yang paling banyak menjuarai Liga Indonesia. Sementara Perseru dalam beberapa musim terakhir mampu berada di kasta teratas sepakbola Indonesia.  


3. Provinsi Lainnya

Logo Liga 1 2018

Selain Jawa Timur, Kalimantan Timur, dan Papua, tidak ada lagi provinsi yang menyumbang klub lebih dari satu. Untuk itu, di bagian ini akan dijabarkan satu per satu provinsi yang mengirimkan satu wakilnya di kasta teratas Liga Indonesia. Urutan yang disusun dimulai dari wilayah Indonesia barat ke Indonesia timur. 

1. Sumatera Utara - PSMS Medan
2. Sumatera Selatan - Sriwijaya FC
3. DKI Jakarta - Persija Jakarta
4. Jawa Barat -  Persib bandung
5. Jawa Tengah - PSIS Semarang 
6. Kaimantan Selatan - Barito Putera
7. Bali - Bali United
8. Sulawesi Selatan - PSM Makassar
9. Mewakili seluruh kesatuan Polisi dan TNI di NKRI - PS TIRA dan Bhayangkara FC.  

Persebaya SurabayaPersib BandungPersija JakartaPSMS MedanJawa BaratJawa TimurSumatera SelatanAremaMadura United FCLiga IndonesiaSumatera UtaraArema FCLiga 1

Berita Terkini