x

Bukan Persib dan Persija, Ini Klub Pertahanan Terkuat di Liga 1 Hingga Pekan ke-10

Sabtu, 26 Mei 2018 10:38 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Persib Bandung dan Persija Jakarta.

Kompetisi sepakbola tertinggi di Tanah Air, Gojek Liga 1 2018, belum lama ini merampungkan rangkaian pertandingan yang terjadi di pekan ke-10. Beberapa tim besar berhasil memenangkan pertandingan dengan mudah.

Baca Juga

1. Pekan ke-10 Klub Besar Raih Clean Sheet

Persija Jakarta vs Persipura Jayapura.

Seperti Sriwijaya FC yang secara nyata menunjukkan kualitasnya kepada klub promosi, PSIS Semarang. Bermain di Stadion Jakabaring, Palembang, anak asuh Rahmad Darmawan berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 4-0.

Lalu ada Arema FC yang bangkit dari tidur. Klub berjuluk Singo Edan itu membantai jawara bertahan Liga 1 2017, Bhayangkara FC, dengan skor telak 4-0 di Stadion Kanjuruhan, Malang.

Persib Bandung pun mengikuti ritme klub-klub besar lainnya, dengan mengalahkan tim papan atas PSM Makassar. Bermain di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Maung Bandung berhasil meraih tiga poin dengan kemenangan 3-0.

Terbaru adalah Persija Jakarta, yang juga berhasil pimpinan klasemen sementara, Persipura Jayapura di Stadion Pakansari, Bogor, Jumat (25/05/18) kemarin. Anak asuh Stefano Cugurra Teco berhasil meraup tiga poin dengan kemenangan 2-0.


2. Klub Besar Terkuat di Lini Pertahanan?

Persija, Persipura, dan Persib.

Dari sini kita bisa lihat bahwa beberapa tim besar di pekan ke-10 menunjukkan kualitasnya dengan memenangkan pertandingan, tanpa mengalami kebobolan alias meraih clean sheet.

Hal ini pun membuat yakin para penikmat sepakbola Nusantara bahwa memang tim-tim besar saja yang memiliki daerah pertahanan terkuat.

Namun kenyataannya, tidak demikian. Benar adanya bila klub-klub besar seperti Persija, Persib, Sriwijaya, hingga Persipura sering meraih kemenangan dengan clean sheet atau tanpa kemasukan.


3. Perseru Serui Miliki Pertahanan Terkuat

Logo Perseru Serui.

Tapi nyatanya, Perseru Serui-lah sebagai klub Liga 1 yang dijuluki sebagai klub terkuat di lini pertahanan Gojek Liga 1 hingga pekan ke-10 ini. Mengapa?

Itu tak lepas dari jumlah kemasukan mereka yang sangat sedikit dibandingkan dengan 17 kontestan klub Gojek Liga 1 2018 lainnya. Tercatat, klub yang berasal dari Tanah Papua itu hanya kemasukan lima gol saja, dari sembilan laga yang telah dilakoni.

Lokasi jarak kandang Perseru Serui di Stadion Marora yang sangat jauh disinyalir menjadi salah satu alasan kenapa setiap tim yang bertandang kesulitan untuk mencetak gol. Meskipun, Perseru juga bermain apik di lini belakang ketika bertandang ke tim-tim di luar pulau Papua.

Akan tetapi produktivitas mereka juga sangatlah kurang, yakni empat gol saja. Hal itulah yang membuat Kuda Laut Jingga, julukan Perseru, kini berada di posisi 16 klasemen sementara dengan 11 poin dari sembilan laga. Di laga terakhir, Perseru berhasil mengalahkan PS TIRA dengan skor tipis 1-0 pada Selasa (22/05/18) lalu.

Perseru SeruiPersib BandungPersija JakartaPersipura JayapuraSriwijaya FCLiga IndonesiaLiga 1

Berita Terkini