x

Diantisipasi di Piala Dunia 2018, Ini Sosok 5 Kiper Terbaik di Dunia Saat Ini

Rabu, 30 Mei 2018 16:03 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
De Gea - Ter Stegen

Dalam kancah sepakbola dunia, sosok striker yang mencetak gol ke gawang lawan memang menjadi sorotan utama. Sementara itu, kiper diibaratkan hanyalah sosok pahlawan tanpa tanda jasa yang terkadang dipuja saat menjadi penyelamat, namun dicerca kala dianggap sebagai pecundang.

Sosok kiper Liverpool, Loris Karius, menjadi bukti betapa beratnya tugas menjadi penjaga gawang. Dua blunder yang dilakukannya membuat The Reds harus menyerah 1-3 di tangan Real Madrid di final Liga Champoins, hal itu sekaligus menghempaskan harapan Kopites melihat Liverpool kembali bertahta di Benua Eropa.

Baca Juga

Di luar sosok Karius, ternyata ada deretan kiper dunia yang mendapatkan perhatian luar biasa berkat penampilan heroik mereka di lapangan. Meski dalam catatan, baru ada satu sosok kiper, yakni Lev Yashin, yang pernah memenangkan Ballon d’Or 55 tahun lalu.

Namun di era modern saat ini, peran kiper semakin menjadi perhatian. Muncul sosok penjaga gawang yang juga berperan menjadi roh permainan dalam tim dan mereka sukses mencuri panggung bersama striker.

Berikut INDOSPORT merangkum deretan lima penjaga gawang terbaik di dunia.


1. Manuel Neuer

Manuel Neuer saat memberika instruksi pada laga saat melawan Real Madrid.

Meski di musim ini Manuel Neuer banyak bergelut dengan cedera bahu yang mempekapnya, namun nama kiper Jerman itu pantas masuk deretan penjaga gawang terbaik di dunia saat ini. Kiper Bayern Munchen itu dikenal dengan reflex-refleksnya yang luar biasa dan digadang-gadang sebagai salah satu kiper terhebat saat ini di dunia.

Neur punya keistimewaan lainnya yakni kemampuan menghentikan shooting pemain lawan dan gerak kakinya yang juga bagus dalam menghalau tendangan lawan. Kiper 22 tahun itu sukses membawa Jerman menjuarai Piala Dunia 2014, ditambah ia juga meraih gelar Golden Clove di ajang tersebut.


2. Alisson Becker

Jurgen Klopp urungkan niatnya untuk bayarAlisson Becker, setelah tawaran harga yang diajukan AS Roma.

Dibeli dari SC Intenacional dengan mahar 8 juta Euro atau setara Rp129 miliar Becker menjelma menjadi salah satu pemain penting di AS Roma. Kiper Brasil tersebut menjadi back up yang sempurna untuk  Wojciech Szczesny di awal masa bergabungnya bersama Serigala Ibu Kota.

Ketika Szczesny meninggalkan tim, Alisson mengambil alih posisi penjaga gawang utama dan diakui banyak pihak memberikan penampilan yang luar biasa untuk Roma. Becker menjadi pemain kunci Roma yang sukses menumbangkan Barcelona dan melangkah ke babak semifinal Liga Champions musim ini.

Beker juga dipanggil untuk memperkuat Brasil di Piala Dunia 2018. Catatan 22 clean sheets dalam 49 penampilannya bersama Roma membuat kiprah kiper 25 tahun itu bakal diantisipasi di Rusia tahun ini.


3. Jan Oblak

Kiper utama Atletico Madrid, Jan Oblak.

Atletico Madrid harus menggelontorkan dana hingga 16 juta Euro atau setara Rp259 miliar lebih untuk memboyong Jan Oblak pada 2014 silam. Oblak pun langsung dinobatkan sebagai penjaga gawang termahal sepanjang sejarah di La Liga.

Namun Atletico tak rugi mengeluarkan dana sedemikian besar untuk Oblak melihat performanya yang luar biasa. Dalam tiga musim terakhir, penjaga gawang kelahiran 7 Januari 1993 itu menjadi andalan utama Diego Simeone dan menjadi penyelamat gawang tim yang mengalami masalah di sektor pertahanan.

Di musim ini, Oblak telah mencatatkan 29 clean sheets dari 49 penampilannya untuk Atletico di semua kompetisi. Ia membaw Atletico Madrid meraih gelar juara Liga Europa untuk ketiga kalinya musim ini, dan membawa Atletico finis sebagai runner up La Liga musim ini.


4. Marc-Andre ter Stegen

Kiper utama Barcelona, Marc-Andre ter Stegen.

Barcelona dapat dikatakan tampil buruk di musim ini. Kalah dari Real Madrid dalam perebutan gelar juara La Liga, tumbang di Liga Champions, dan hanya mampu meraih trofi Copa del Rey.

Namun sosok kiper Blaugrana, Ter Stegen mungkin masih pantas masuk deretan kiper terbaik di dunia saat ini. Di samping sosol Lionel Messi yang menjadi megabintang Barca, Stegen juga menjadi bagian penting.

Mantan kiper Borussia Monchengladbach itu mencatatkan 24 clean sheets dari 48 penampilannya di La Liga musim ini. Ia mencatatkan 77,4 persen penyelamatan di La Liga musim ini.

Kiper 26 tahun itu juga diperkirakan akan menjadi pilihan utama Joachim Low untuk Timnas Jerman di Piala Dunia tahun ini. Mengingat sosok Manuel Neur yang masih dibekap cedera.


5. David de Gea

David de Gea.

Sosok David de Gea ibarat asset berharga untuk Manchester United (MU) saat ini. Kiper Spanyol itu menjadi salah satu alas an MU tak sepenuhnya memalukan musim ini setelah gagal bersaing dengan Manchester City sebagai juara Liga Primer Inggris.

Tertinggal jauh, 19 poin dari The Citizen, sosok De Gea membuat gawang MU tetap terhormat meski kalah dari City. Tanpa De Gea, mungkin performa Setan Merah bisa jadi lebih buruk.

Penjaga gawang 27 tahun itu sukses mencatatkan 18 clean sheets dari 37 penampilannya untuk The Red Devils musim ini. Kiper Spanyol itu mengklaim catatan 86 persen keberhasilan penyelamatan dan membawanya meraih Golden Clove Liga Primer Inggris.

De Dea bersiap untuk membela Timnas Spanyol di Piala Dunia 2018, Rusia. Ia berpotensi merebut predikat Golden Clove di ajang tersebut.

Manuel NeuerDavid de GeaPiala Dunia 2018Bola InternasionalAlisson BeckerTRIVIA

Berita Terkini