x

Luis Milla Beberkan Kriteria Pemain Senior Pilihannya untuk Asian Games

Jumat, 1 Juni 2018 16:03 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Lanjar Wiratri
Pelatih Luis Milla berdiskusi dengan Beto Goncalves di sela-sela latihan.

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Luis Milla, terus mencari sosok pemain senior yang akan dibawa pada ajang Asian Games 2018. Sejauh ini, pelatih asal Spanyol itu telah memanggil dan mencoba sejumalah nama dari posisi kiper, bek, gelandang hingga striker.

Nama-nama seperti Andritany Ardhiyasa, Fachrudin Ariyanto, Bayu Pradana, Ilija Spasojevic, Muhammad Ridho, Lerby Eliandri sudah akrab di telinga. Karenanya, Luis Milla kemudian mencoba pemainbaru seperti Teja Paku Alam, Victor Igbonefo, Riko Simanjuntak dan striker naturalisasi, Beto Goncalves.

Baca Juga

Melihat banyaknya pemain senior yang dicoba, tentu banyak pihak bertanya seperti apa pemain yang masuk dalam kriteria Luis Milla. Pasalnya nama-nama di atas merupakan andalan klubnya masing-masing dan punya peran dan ciri khas masing-masing di dalam lapangan.


1. Luis Milla Sengaja Panggil Banyak Pemain Senior

Pelatih Luis Milla (kiri) memperhatikan para anak asuhnya berlatih.

Untuk itu, Luis Milla kemudian membocorkan sedikit mengenai kriteria pemain senior yang akan diajak ke Asian Games Agustus mendatang. Menurutnya, tidak gampang menentukan tiga nama dari sekian banyak pemain yang tampil bagus di liga.

Ia sengaja memanggil banyak pemain senior untuk dilihat sejuah mana kemistrinya dengan Timnas U-23 yang sudah punya gaya bermain sendiri.

"Sebagai seorang pelatih kita harus mencocokkan beberapa hal dan tugas kami sebagai pelatih tidak boleh salah ambil keputusan. Apalagi ini soal pemain senior dan tugas pelatih selain melatih adalah harus adil dalam memilih pemain dan disini saya panggil tiga pemain senior untuk main di Asean Games untuk kita lihat profilnya. Kita lihat waktu mereka di klub, semua itu semua kita nilai," ucap Milla soal empat pemain senior baru di pemusatan latihan kali ini.


2. Kriteria Pemain Pilihan Luis Milla

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Luis Milla.

Luis Milla nyatanya memiliki standar tersendiri untuk pemain yang dipanggil ke Timnas. Menurutnya, seorang pemain senior tidak hanya dilihat soal kemampuan atau skillnya di atas lapangan. Namun, ada hal lain yang tidak bisa dipisahkan yaitu menyangkut gaya hidup, kepribadian dan lainnya di luar lapangan.

"Semua ada penilaiannya dan salah satu penilaian pemain senior adalah gaya hidupnya. Kita lihat juga bagaimana budaya dia, dalam sepakbola di luar lapangan seperti tadi gaya hidupnya, soal jaga kondisi, makan makan, dsb," jelas pelatih 52 tahun itu.

"Itu sangat penting. Karena ketika seorang pemain senior dipanggil ke Timnas, dia akan menjadi contoh untuk adik-adiknya. Jadi kenapa harus ada tiga pemain senior karena tiga ini yang akan membawa sesuatu hal yang berbeda, apa yang tidak bisa dibawa pemain muda, harus bisa dibawa oleh pemain senior," imbuh Milla.


3. Luis Milla Belum Tentukan Pilihan

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Luis Milla.

Kendati sudah memanggil banyak nama ke Timnas U-23, Luis Milla menegaskan ia belum mengambil pilihan hingga saat ini. Ia masih menunggu hingga saat terakhir sambil memantau perkembangan para pemain di liga dan saat dipanggil ke uji coba Timnas.

"Sampai saat ini saya akan mencoba adil. Sampai detik akhir saya akan mengambil keputusan siapa yang pantas untuk pergi ke Asian Games," tutup mantan pelatih Timnas Spanyol U-21 itu.

Victor IgbonefoAsian Games 2018Ilija SpasojevicTimnas Indonesia U-23Thailand U-23Beto GoncalvesTimnas IndonesiaAndritany ArdhiyasaLuis MillaLiga IndonesiaRiko SimanjuntakTeja Paku Alam

Berita Terkini