x

3 Kemenangan Terbesar Sepanjang Masa di Piala Dunia

Selasa, 5 Juni 2018 10:33 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
Trophy Jules Rimet dan FIFA World Cup.

Sejak pertama kali digelar pada tahun 1930, Piala Dunia telah digelar sebanyak 20 kali. Dan Piala Dunia 2018 akan menjadi edisi ke-21. 

Dari 20 kali penyelenggaraan, tercatat ada beberapa kemenangan yang diraih dengan skor mencolok. Tentu yang masih segar dalam ingatan para pecinta sepakbola adalah laga Brasil vs Jerman di Piala Dunia 2014. 

Kala itu, Brasil yang merupakan tuan rumah turnamen harus menyerah dengan skor 1-7. Jerman tampil menggila di laga itu sejak Thomas Muller membuka keran gol Der Panzer di menit ke-11. 

Selanjutnya gol-gol dari Miroslav Klose Toni Kroos, Sami Khedira, dan Andre Schurrle menambah derita Brasil. Brasil hanya mencetak satu gol hiburan di penghujung laga. 

Akan tetapi, kemenangan Jerman tersebut bukanlah kemenangan terbesar di ajang Piala Dunia. Masih banyak pertandingan lain yang berakhir dengan skor besar. 

Berikut INDOSPORT merangkum 3 kemenangan terbesar yang pernah terjadi di Piala Dunia. 

Baca Juga

1. Yugoslavia 9-0 Zaire - Piala Dunia 1974

Timnas Yugoslavia.

Pertandingan yang berlangsung di Parksatdion Gelsenkirchen, Jerman itu dihadiri 31.700 penonton. Dan 31.700 penonton melihat menjadi saksi langsung terciptanya skor besar di laga antara Yugoslavia vs Zaire. 

Laga itu berakhir dengan skor 9-0 dan menjadi salah satu skor terbesar di ajang Piala Dunia hingga saat ini. 

Gol-gol dari Yugoslavia saat itu dicetak oleh Dusan Bajevic (3), Dragan Dzajic, Ivica Surjak, Josip Katalinski, Vladislav Bogicevic, Branko Oblak, dan Ilija Petkovic. 


2. Hungaria 9-0 Korea Selatan - Piala Dunia 1954

Bendera Hungaria dan Piala Jules Rimet.

Hungaria yang saat itu diperkuat sang legenda Ferenc Puskas memang menjadi momok bagi para kontestan Piala Dunia 1954. Dan terbukti Hungaria tampil trengginas di laga perdana Grup 2. 

Melawan wakil Asia, Korea Selatan, Hungaria menang dengan skor telak 9-0. Sang legenda Ferenc Puskas mencetak dua gol, Sandor Kocsis yang akhirnya menjadi top skor Piala Dunia 1954 mencetak hattrick. 

Sisa gol Hungaria dicetak oleh Mihaly Lantos, Zoltan Czibor, dan Peter Palotas (2).  


3. Hungaria 10-1 El Salvador - Piala Dunia 1982

Bendera Hungaria.

Hungaria kembali mengulangi kemenangan besar seperti di Piala Dunia 1954. Dan di Piala Dunia 1982, yang harus menderita adalah El Salvador. 

Hungaria menghancurkan El-Salvador dengan skor telak 10-1. Hingga kini, Hungaria menjadi satu-satunya negara yang pernah mencetak 10 gol dalam satu pertandingan di Piala Dunia. 

Laszlo Kiss mencetak hattrick, Laszlo Fazekas dan Tibor Nyilasi masing-masing mencetak dua gol. Dan tiga gol sisa dicetak oleh Gabor Poloskei, Jozsef Toth, dan Lazar Szentes. 

El Salvador hanya bisa membalas satu gol yang dicetak oleh Luis Ramirez. 

Piala DuniaKorea SelatanHungariaTrofi Jules RimetPiala Dunia 1974Bola InternasionalListicle Piala Dunia 2018TRIVIA

Berita Terkini