x

Terkait Batalnya Laga Persija vs Persebaya, LIB Dapat Bukti Baru

Selasa, 5 Juni 2018 18:58 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Laga Persija vs Persebaya batal digelar.

PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku Operator Liga 1 telah memanggi Persija Jakarta dan Persebaya Surabaya. Pemanggilan keduanya tak lepas batalnya laga kedua pada pekan ke 12 Liga 1 2018.

Seperti diketahui laga Persija Jakarta menjamu Persebaya selayaknya berlangsung pada Minggu (03/06/18) kemarin di Stadion Sultan Agung, Bantul. Sayang laga keduanya uring terlaksana karena faktor keamanan.


1. Panggil Perwakilan

PT Liga Indonesia Baru (PT LIB).

Kini setelah beberapa hari, LIB selaku operator Liga 1 mendapat perkembangan terbaru. LIB telah memanggil kedua klub tersebut pada Selasa (5/6) siang bertempat di Kantor LIB di Menara Mandiri, Jakarta Selatan. Beberapa keterangan juga didapatkan LIB dari keduanya.

Persija datang diwakili oleh Direktur Utama Gede Widiade serta perwakilan Panpel (Panitia pelaksana) pertandingan. Sementara perwakilan Persebaya, pihak yang hadir yakni Chairul Basalamah selaku Manajer tim dan Alex Tualeka (Media Officer).

Baca Juga

"Kami telah meminta keterangan kepada panpel Persija untuk mencari fakta terkait batalnya laga melawan Persebaya."

"Sebenarnya kami juga sudah mendapatkan laporan dari Match Commissioner (Pengawas pertandingan), tapi kami ingin mencari fakta baru dari sumber yang berbeda," ungkap CEO PT LIB, Risha Adi Widjaya.


2. Kemungkinan Jadwal Ulang

Oknum suporter bentrok jelang laga Persija vs Persebaya.

Dalam pertemuan tersebut, kedua klub telah memberikan langsung keterangannya kepada LIB, termasuk kronologis kejadian yang membuat laga Persija melawan Persebaya batal digelar.

Hasilnya, tak menutup kemungkinan untuk dilakukan penjadwalan ulang pertandingan tersebut, dan bila terdapat hal-hal atau fakta yang berkaitan dengan pelanggaran disiplin, maka akan diserahkan kepada Komisi Disiplin (Komdis) PSSI.

"Kami akan segera melakukan internal meeting untuk secepatnya memberikan keputusan terkait status laga tersebut (Persija melawan Persebaya)," tandas Risha.

Seperti diketahui, laga klasik Persija melawan Persebaya batal digelar sesuai jadwal dikarenakan terjadi kerusuhan antar-suporter kedua tim.


3. Utamakan Nyawa

Gede Widiade saat diwawancara oleh pers.

Sebelumnya, Gede Widiade pernah menyampakan bahwa laga Persija vs Persebaya memang sangat terpaksa harus batal digelar.

Ia pun mengampil sikap dengan mengembalikan uang para pendukung Persebaya secara utuh yang telah membeli tiket untuk menonton laga.

"Nyawa lebih penting dari pertandingan malam ini. Jadi kami harap semua pihak bisa menyadari dan menjadikan kejadian ini sebagai pelajaran," ujar Gede pada Minggu (03/06/18) lalu.

Persebaya SurabayaPersija JakartaLiga IndonesiaLiga 1PT Liga Indonesia Baru (PT LIB)

Berita Terkini