x

Pengakuan Kapten Persebaya Sebelum Laga Kontra Persija Dibatalkan

Senin, 4 Juni 2018 21:55 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Rendi Irwan, kapten Persebaya Surabaya.

Laga pekan ke-12 Gojek Liga 1 antara Persija Jakarta vs Persebaya Surabaya, Minggu (03/06/18) di Stadion Sultan Agung Bantul, Yogyakarta batal terlaksana menyusul situasi yang tidak kondusif sebelum kick-off. Kericuhan antar penonton menjadi sebab utama panitia pertandingan memutuskan untuk tidak menggelar laga yang sejatinya dimulai pukul 20.30 WIB.

Terkait situasi tersebut, kapten Persebaya, Rendi Irwan lantas memberikan penjelasan. Ia mengatakan sejatinya para pemain tidak tahu menahu jika ada situasi tidak kondusif sebelum laga.

Baca Juga

1. Sempat Belum Tahu Apa-apa

Rendi Irwan, kapten Persebaya Surabaya.

Semua anggota tim Bajul Ijo termasuk ofisial bahkan sudah menjalani meeting, buka puasa bersama dan bersiap menuju stadion. Namun, mereka dikejutkan dengan kabar tidak mengenakan tersebut. 

"Kemarin kami sebenarnya belum tahu apa-apa. Sebelum berbuka puasa, hingga selepas buka puasa kami kemudian melakukan meeting dengan staf pelatih dan juga pemain seperti biasanya sebelum bertanding," ujar Rendi saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Senin (04/06/18).

"Ternyata sehabis meeting kami mendapat pemberitahuan bahwa Persebaya jangan berangkat dulu karena lagi ada kerusuhan di luar," imbuhnya.


2. Tetap Berangkat ke Stadion Bantul

Tangis bahagia Rendi Irwan, kapten Persebaya Surabaya.

Kendati mendapat kabar kurang bagus, Rendi mengatakan tim tetap memutuskan untuk menuju stadion. Hal itu memang harus dilakukan karena jika tidak bergegas, tim Bajul Ijo bisa menyalahi regulasi yang ditetapkan oleh PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) selaku operator kompetisi Liga 1, dan terancam kalah walk out. 

"Tetapi kami akhirnya tetap berangkat setelah menunggu hingga pukul 19:00 WIB malam," kata Rendi.


3. Sempat Bingung

Skuat Persebaya Surabaya.

Namun, di tengah perjalanan, tim Persebaya yang menggunakan kawalan Brimob harus terhenti. Sebab di tengah perjalanan, bus yang ditumpangi diserbu para Bonek. Setelah menunggu hingga setengah jam, tim kemudian mendapat laporan jika laga melawan Persija secara resmi dibatalkan.

"Kami sempat terhalang ke sana, kami menunggu sekira 30 menit dan akhirnya kami mendapat kabar bahwa laga diputuskan untuk tidak jadi menggelar pertandingan," jelas pemain bernomor punggung 12 itu.

"Di sisi lain kami juga bingung karena kami harus mematuhi regulasi makanya tetap berangkat ke stadion, jika tidak bisa dinyatakan Walk Out. Di satu sisi lainnya soal nyawa juga, keselamatan juga yang harus diperhitungkan," tutupnya.


4. Status Pertandingan Persija vs Persebaya Akan Diumumkan PT LIB

COO PT LIB, Tigor Shalom Boboy.

Sementara itu, PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator Liga 1 memastikan bahwa pertandingan Persija vs Persebaya pada pekan ke-12 Go-Jek Liga 1 2018 gagal terlaksana.

Untuk putusan berikutnya terkait status pertandingan tersebut, akan diumumkan secepatnya. Status pertandingan akan diumumkan kemudian dikarenakan PT LIB butuh waktu untuk mengumpulkan fakta dan bukti-bukti lain yang menguatkan.

Persebaya SurabayaPersija JakartaRendi IrwanLiga IndonesiaLiga 1

Berita Terkini