x

Beto Goncalves Layak Main di Asian Games? Ini Analisa Rahmad Darmawan

Sabtu, 9 Juni 2018 17:51 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Rahmad Darmawan saat ditemui awak media usai latihan.

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Luis Milla terus mencoba mencari stiker terbaik untuk dibawa ke Asian Games 2018. Pria asal Spanyol itu telah mencoba sejumlah pemain seperti Marinus Wanewar, Ezra Walian hingga pemain senior seperti Ilija Spasojevic, Lerby Eliandry, dan terakhir Beto Goncalves.

Beto adalah pemain senior terakhir untuk posisi striker yang dicoba Luis Milla. Hasilnya pun cukup bagus, di mana pemain naturalisasi itu mencatatkan satu assist saat Timnas U-23 kalah 1-2 dalam uji coba melawan Thailand, 31 Mei lalu di Stadion PTIK.

Lantas, seberapa besar peluang Beto untuk masuk menjadi salah satu pemain senior terpilih ke Asian Games?

Baca Juga

1. Dipuji Rahmad Darmawan

Beto Goncalves akan menjadi andalan di lini depan Timnas Indonesia.

Hal itu pun mendapat penilaian langsung dari mantan pemain Timnas Indonesia U-23, Rahmad Darmawan (RD). Pria yang kini menangani Sriwijaya FC itu mengatakan Beto adalah tipikal pekerja keras, namun butuh adaptasi yang lebih untuk bisa menyatu dalam gaya permainan Timnas U-23.

"Beto pemain yang bagus dan selalu bergerak dan memutuhkan (mencari) ruang di belakang pertahanan lawan. Sekarang mungkin soal pengertian saja, apa yang diinginkan Beto dan pemain di belakang dia, itu saja," tutur RD.

"Dia sendiri dengan pemain kita juga masih saling mencari apa yang diinginkan dan kadang belum dapat kesepahaman. Saya rasa dengan bergulirnya waktu, dengan pengalaman dia pasti bisa menyatu secepatnya," sambungnya.


2. Usia Hanyalah Angka

Beto Goncalves (kanan) saat membela Timnas Indonesia.

Di sisi lain, Beto pernah menyatakan masih sanggup berlari dan membantu rekan-rekannya di Timnas U-23 meski telah berusia 37 tahun. Menurutnya usia tersebut hanyalah angka, sebab energi dan kemampuannya masih oke.

"Pada momen ini (main untuk Timnas) saya juga kuat, saya juga bisa lari. Lalu saya tahu tim ini semuanya pemain muda, butuh stamina, butuh lari ke sana ke sini, tapi saya siap," tegas pemain kelahiran Brasil itu pasca melakoni debut akhir bulan lalu.


3. Luis Milla Miliki Standar Tersendiri

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Luis Milla.

Sementara itu, pelatih Luis Milla nyatanya memiliki standar tersendiri untuk pemain yang dipanggil ke Timnas, terutama untuk Asian Games nanti.

Menurutnya, seorang pemain senior tidak hanya dilihat soal kemampuan atau skillnya di atas lapangan. Namun, ada hal lain yang tidak bisa dipisahkan yaitu menyangkut gaya hidup, kepribadian dan lainnya di luar lapangan.

"Semua ada penilaiannya dan salah satu penilaian pemain senior adalah gaya hidupnya. Kita lihat juga bagaimana budaya dia, dalam sepakbola di luar lapangan seperti tadi gaya hidupnya, soal jaga kondisi, makan makan, dsb," jelas pelatih 52 tahun itu.

Berikut Jadwal Lengkap Siaran Langsung Piala Dunia 2018

Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA

Rahmad DarmawanAsian Games 2018Timnas Indonesia U-23Beto GoncalvesTimnas IndonesiaLuis MillaLiga Indonesia

Berita Terkini