x

Guardiola Nyatakan Tak Akan Kembali Latih Barcelona

Senin, 11 Juni 2018 16:49 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Arum Kusuma Dewi
Lionel Messi dan Pep Guardiola saat masih melatih Barcelona.

Pep Guardiola kembali menikmati kesuksesan di Manchester City dengan menjuarai Liga Primer Inggris dan memecahkan rekor musim. Sebelumnya Guardiola yang pernah melatih Barcelona juga membawa klub Catalan itu meraih 14 gelar juara yang luar biasa selama empat musim.

Baca Juga

Namun, jika Guardiola diminta untuk melatih Blaugrana, ia mengakui tidak memiliki niat untuk mengulangi kesuksesannya di Spanyol.

Mantan juru taktik Catalan itu telah memenangkan 14 gelar yang mengagumkan selama empat tahun musimnya, termasuk tiga gelar La Liga, dua gelar Liga Champions, dan dua Copa del Rey.


1. Semuanya Sudah Berakhir

Pelatih Man City, Pep Guardiola.

Manajer asal Spanyol itu mengakui bahwa tidak dapat mengulangi apa yang telah ia capai dengan cara sama.

“Sebagai (mantan) pelatih (Barcelona), semuanya berakhir. Saya tidaklah sama, mereka juga tidak melihat saya dengan cara yang sama,” katanya kepada TV3 Spanyol dilansir Daily Mail.


2. Faktor Keadaan Unik

Pep Guardiola saat masih melatih di Barcelona (kiri) dan kini melatih Man City.

Kesuksesan Guardiola di Barcelona tidak lepas dari beberapa pemain luar biasa yang pernah ia rekrut ke raksasa Catalan, dan seorang presiden muda yang mendukung langkah Guardiola mengantarkan Barcelona menang.

“Saya berada di masa fantastis saya, ketika saya memenangkan dunia. Kami melakukannya dengan beberapa pemain luar biasa, seorang presiden muda (Joan Laporta), Txiki (Begiristain). Kala itu adalah generasi para pemain brutal dan pemain terbaik di dunia (Lionel Messi). Para pemain bintang berjajar,” beber Guardiola.

Kini sosok-sosok di balik kesuksesan Guardiola pindah seiring dengan sang pelatih hengkang. Bergiristain kemudian menyusul sang manajer ke Man City dan Laporta pindah bersama Sandro Rosell pada tahun 2012.


3. Beruntung Pernah Bersama Messi

Pep Guardiola dan Lionel Messi saat upacara perayaan juara Liga Champions (29/05/11).

Akan tetapi Barcelona masih menyimpan sosok pemain abadi di Camp Nou, yakni Lionel Messi. Messi menghabiskan seluruh karier profesionalnya di Barca dan berkembang mencapai level paling tinggi saat ini.

Guardiola juga menyadari bahwa pemenang Ballon d’Or lima kali itu lebih baik dari peain lainnya dan mengaku cukup beruntung pernah bekerja dengan Messi.

“Messi itu pemain unik. Dia tidak akan mengeluh di luar lapangan, tetapi dia tidak sesuatu ada yang mengunggulinya, katanya. Di luar lapangan dia orang yang sangat tenang,” imbuh Guardiola.

Jadwal pertandingan Piala Dunia 2018:

Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA

Manchester CityBarcelonaLionel MessiLaLiga SpanyolPep GuardiolaLiga Primer InggrisLiga Spanyol

Berita Terkini