x

Bergantung Pada Messi, Argentina Alami Kemunduran di Piala Dunia 2018?

Selasa, 12 Juni 2018 16:31 WIB
Penulis: Masya Famely Ruhulessin | Editor: Isman Fadil
Skuat Timnas Argentina Piala Dunia 2018.

Tanpa Lionel Messi, apakah Argentina akan pergi ke Piala Dunia 2018? Ini merupakan pertanyaan besar karena Messi adalah sosok di balik lolosnya Timnas Argentina ke Rusia. Bulan Maret lalu, dalam laga persahabatan melawan Spanyol, tim Tango bahkan menelan kekalahan 1-6 lantaran ketidakhadiran Messi yang menderita cedera.

Selain itu, bek andalan Argentina, Javier Mascherano hampir memasuki masa akhir kariernya. Belum lagi, striker Sergio Aguero dan gelandang Lucas Biglia sempat terancam absen di Piala Dunia 2018 lantaran menderita cedera. Sementara Paulo Dybala dianggap belum nyetel bersama Argentina meskipun tampil gemilang di Juventus.

Banyak pihak yang meragukan kemampuan Timnas Argentina tanpa Lionel Messi. Namun tak hanya Messi, banyak faktor lain yang juga menjadi penentu keberhasilan La Albiceleste.

Baca Juga

1. Faktor Pelatih

Pelatih Argentina, Jorge Sampaoli.

Dilansir dari The Globe and Mail, pelatih Jorge Sampaoli baru saja mengambil alih timnas pada bulan Juni 2017, menggantikan Edgardo Bauza ketika Argentina hampir kehilangan kesempatan tampil di Piala Dunia 2018.

Sampaoli tidak pernah menjadi pemain sepakbola profesional ataupun menjadi pelatih klub di Argentina. Ia lebih mengembangkan karier kepelatihannya  di Peru dan kemudian dipercaya menjadi pelatih timnas Chile pada 2012.

Ia berhasil membawa Chile sampai di babak 16 besar pada Piala Dunia 2014 dan bisa memenangkan gelar Copa America  2015 untuk pertama kali. Pengalaman pertama Sampaoli di sepakbola Eropa ketika ia melatih Sevilla di tahun 2016.


2. Kiper Baru

Sergio Romero saat bermain untuk Timnas Argentina.

Sejatinya Sergio Romero sudah ditetapkan sebagai kiper nomor satu Argentina di Piala Dunia 2018. Sayangnya ia mengalami cedera lutut kanan sehingga harus absen dalam turnamen kali ini. Praktis Argentina pun memiliki kiper Franco Armani, Wilfredo Caballero dan Nahuel Guzman untuk Piala Dunia 2018.

Armani belum bermain untuk Timnas Argentina, sementara Caballero hanyalah kiper cadangan Chelsea meskipun memiliki kemampuan refleks yang cepat. Ia juga terampil menggunakan kakinya, sehingga bisa menjadi faktor kesuksesan di lini terakhir Argentina.


3. Pemain Bertahan dan Gelandang

Angel Di Maria mengontrol bola dari Nicolas Otamendi saat jalani latihan.

Di barisan belakang, duet Nicolas Otamendi dan Federico Fazio bisa tampil memukau. Sementara Gabriel Mercado dan Nicolas Tagliafico bisa bermain di sayap kiri dan kanan. Tapi Sampaoli bisa saja menukar pemain tergantung lawan yang akan dihadapi. Dua pemain Eduardo Salvio dan Marcos Acuna juga bisa menjadi kartu truf Sampaoli apabila mengalami kebuntuan dalam mencetak gol .

Untuk lini tengah, gelandang Lucas Biglia merupakan favorit pelatih, meskipun dirinya masih berusaha untuk fit setelah mengalami cedera di punggungnya. Beberapa pilihan lainnya yang bisa menjadi pelapis Biglia adalah Mascherano, Ever Banega, dan Enzo Perez.


4. Messi Tetap Andalan

Cristian Pavon dan Lionel Messi di Timnas Argentina

Di lini depan, Argentina beruntungmemiliki Lionel Messi meskipun mereka harus segera mencari suksesor baru karena usia La Puga telah menginjak usia ke-31 tahun. Aguero diperkirakan bisa tetap tampil meskipun masih dalam tahap pemulihan. Gonzalo Higuain akan menjadi tumpuan di ujung tombak Argentina. 

Sementara itu, Cristian Pavon dari Boca Juniors dianggap bisa menjadi suksesor Messi di masa depan karena memiliki kecepatan dan dapat menyalip lawan di kedua sisi.

Jadi patut dinantikan, sejauh mana langkah Argentina bersama Lionel Messi di Piala Dunia 2018?

Berikut Jadwal Lengkap Siaran Langsung Piala Dunia 2018:
 

Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA

ArgentinaLionel MessiJorge SampaoliBola Internasional

Berita Terkini