x

Piala Dunia 2018: Southgate Pasrahkan Segalanya pada Skuat Inggris

Senin, 18 Juni 2018 21:20 WIB
Penulis: Josephine Krisna Dewi Prawesti | Editor: Arum Kusuma Dewi
Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate.

Manajer Timnas Inggris, Gareth Southgate, menyatakan bahwa ia telah menjalankan tugasnya sebagai pelatih selama masa persiapan Piala Dunia 2018. Kini ia menyerahkan segalanya pada Harry Kane dan kawan-kawannya, jelang laga melawan Tunisia pada hari Selasa (19/06/18) dini hari. 

Ia menjamin bahwa Timnas Inggris sudah siap untuk bertanding dengan segala persiapan yang ia ajarkan, termasuk pendidikan semi militer. 

"Saya sadar akan suatu kewenangan manajer. Sebelum pertandingan, saya pernah berpikir bahwa manajer berhak untuk menyingkirkan atau mengutus pemain ke lapangan. Saya pikir, anak-anak sudah siap. Kami mencoba mencatat sebanyak mungkin informasi taktis di awal minggu sehingga hari ini adalah tentang kesenangan, merasakan bola dan siap secara fisik untuk bertanding," jawab Gareth Southate.

Baca Juga

1. Gaya Militer Untuk Timnas Inggris

Suporter Timnas Inggris.

Southgate yang mempercayakan sebagian besar pesepakbola muda dari seluruh Inggris, mendidik skuatnya dengan gaya militer. Menekankan prinsip militer yang selama ini didapatnya dari sang kakek. 

"Ini momen yang sangat membanggakan, tentu saja," kata Southgate. 

“Keluarga saya sangat patriotis. Kakekku adalah seorang marinir. Saya selalu dibesarkan dengan nasionalisme Inggris sebagai bagian inti dari apa yang kami perjuangkan dan hidup saya."

"Kini, saya dipercaya untuk mengelola Timnas Inggris untuk turnamen besar. Tentu saja merupakan kehormatan besar," papar Gareth via The Express.

"Saya tidak memposisikan diri sebagai seorang turis. Saya terkejut berada di sini. ini adalah pertandingan sepakbola yang mereka mainkan, sebuah kesempatan yang tidak dapat dilupakan dalam hidup mereka."


2. Semakin Tua Semakin Berani

Pelatih dan striker Timnas Inggris, Gareth Southgate (kiri) dan Harry Kane.

Southgate dengan berani mengeluarkan penjaga mistar berpengalaman, lalu memilih pendatang baru dari klub terdegradasi Liga Primer Inggris. Taktik Southgate mengandalkan energi dan kecepatan - dua kualitas yang sudah diajarkannya untuk turnamen besar ini.

"Saya sedikit lebih berani, karena saya semakin tua dan saya rasa ketika usia makin bertambah, ada rasa menyadari kesalahan adalah pelajaran berharga," papar Gareth Southgate.  

"Inggris memiliki tim yang sangat menarik. Saya ingin mereka masuk ke dalam turnamen ini dan benar-benar melakukannya dengan baik. Saya harap mereka jauh lebih berani untuk memainkan bola."


3. Jangan Sepelekan Pesepakbola Muda

Harry Kane saat sedang berlatih bersama Timnas Inggris.

"Kami tidak akan mendapatkan hasilnya hanya dalam seminggu atau tiga minggu ke depan. Tetapi saya tidak berpikir terlalu jauh tentang turnamen ini. Saya pikir tingkat kesulitan di Piala Dunia akan sama seperti yang saya alami selama karier saya," ujar Gareth. 

“Pekerjaan saya adalah menciptakan lingkungan untuk para pemain di mana mereka dapat mengekspresikan diri dan merasakan kepercayaan diri yang kami miliki di dalamnya."

“Mereka memiliki rasa lapar untuk menekan dan memenangkan bola kembali, dan ingin bermain sepakbola yang berani. Mereka ingin menjadi tim yang berani dan menyerang. Itulah yang saya rasa harus kami mainkan. Itulah mengapa saya bergabung dengan FA sebagai pelatih untuk tim U-21, karena saya yakin pemain muda Inggris bisa menunjukkan sesuatu yang berbeda."

Berikut jadwal siaran langsung Piala Dunia 2018:

Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA

InggrisPiala Dunia 2018Gareth SouthgateTimnas InggrisBola Internasional

Berita Terkini