x

Veteran Piala Dunia 2018 Sebut Kiper sebagai 'Musuh' FIFA

Selasa, 19 Juni 2018 17:57 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Essam El-Hadary (kiper Mesir).

Kiper kedua Mesir, Essam El Hadary, baru-baru ini membuat statment yang mengejutkan. El Hadary menyebut bahwa kiper merupakan pihak yang paling dikorbankan dari Piala Dunia 2018. Mengapa demikian?

Baca Juga

1. Bola yang Bermasalah

Kiper Timnas Mesir, Essam El-Hadary.

Dalam sebuah wawancara, El Hadary menyatakan bahwa bola-bola yang dipergunakan di tiap gelaran Piala Dunia kerap bermasalah. Namun, tak ada pihak lain yang paling dirugikkan selain kiper. 

"Ya, kami adalah korban dari FIFA dan sepakbola yang terus berkembang," ujarnya dikutip dari Sportskeeda. 

"Setiap empat tahun selalu ada bola baru," 

"Sepakbola mungkin bisa lebih diterima kepada pemain lainnya (selain) daripada kiper. Terkadang ada masalah-masalah (terkait bola) dan kiper selalu menjadi korban," katanya. 


2. Telstar 18

Telstar 18 (2018)

Ucapan El Hadary ini merujuk pada bola Telstar 18 yang digunakan FIFA untuk Piala Dunia 2018. Bola keluaran Adidas ini memang dianggap bermasalah bagi sejumlah kiper dunia lainnya. Banyak dari mereka yang menyebut bahwa bola Telstar sulit ditebak arahnya. 

Kiper Spanyol, David De Gea, pernah melancarkan kritikan terhadap kualitas bola Telstar 18. Bahkan, kiper Jerman, Manuel Neuer, pernah menyebut bahwa akan ada banyak tendangan-tendangan jarak jauh yang berbuah gol akibat dari sulitnya menebak arah bola Telstar 18. 

Manuel Neuer berlatih dengan menggunakkan bola Telstar 18.

"Ketika ada bola baru, kami harus berlatih lagi. Bola ini memiliki sejumlah masalah dan semua kiper menghadapi masalah tersebut," ujar El Hadary. 


3. Bukan Hanya Kali Ini

Bola resmi Piala Dunia Afrika Selatan 2010, Jabulani.

Sebelum Telstar 18, bola Piala Dunia 2010, Jabulani, juga pernah dianggap bermasalah. Kiper kawakan asal Italia, Gianluigi Buffon, menyebut Jabulani 'mengerikan'. Gol-gol dari jarak jauh pun banyak tercipta di Piala Dunia ini. 

Berikut jadwal lengkap siaran langsung Piala Dunia 2018:

Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA

FIFAPiala Dunia 2018MesirBola Internasional

Berita Terkini